4 Strategi Marketing Masa Kini Untuk Bisnis Retail

Untuk membuat bisnis meraih pencapaian dalam penjualan dengan omset yang baik maka dibutuhkan marketing yang efektif. Marketing atau pemasaran memang menjadi cara untuk meningkatkan penjualan hingga memperbesar omset. Dari sinilah kemudian para pebisnis berlomba-lomba untuk menyusun strategi marketing yang tepat untuk bisnisnya. Salah satu bisnis yang membutuhkan startegi pemasaran efektif adalah retail. Bisnis retail yang menjual banyak barang memang membutuhkan penjualan yang cepat agar stok barang cepat habis. Ketika barang cepat habis dan terjual, tentu hal ini akan membuat bisnis retail Anda berpeluang sukses dan berjaya. Nah untuk Anda yang sedang menjalankan bisnis retail, maka berikut ini ada beberapa startegi marketing efektif masa kini yang dapat Anda jalankan.

strategy-marketing

  1. Iklan Media Massa

Strategi marketing masa kini pertama yang bisa Anda jalankan untuk bisnis retail Anda adalah iklan media massa. Meski merupakan media yang sudah lama ada, namun dengan kredibilitas yang dimilikinya, membuat media massa masih selalu diminati masyarakat. Media massa sendiri punya beberapa kategori seperti media cetak, media elektronik dan media media digital. Untuk media cetak dapat berwujud koran, tabloid, majalah dan lain sebagainya. Sementara itu untuk media elektronik dapat berwujud televisi dan radio. Sedangkan media digital dapat berupa website atau portal online. Dari banyaknya pilihan iklan media massa ini maka Anda pun bisa menyesuaikannya dengan anggaran saat menentukannya. Untuk beriklan di media massa, Anda memang perlu mempersiapkan dana. Nah pilihan Anda pada sebuah media massa ini akan menentukan biaya iklan yang harus dikeluarkan. Semakin populer media massa maka pastinya akan semakin besar biaya iklannya. Namun efektivitas media massa yang memiliki popularitas memanglebih baik untuk iklan dan pemasaran. Dari sinilah kemudian sering muncul dilema yang dialami para pebisnis ketika menentukan satu pilihan media massa untuk strategi marketingnya. Maka untuk memilih dan menetukan media massa untuk iklan ini perlu benar-benar dipikirkan dengan cermat.

  1. Direct Sales

Berikutnya, pilihan strategi marketing masa kini yang bisa dijalankan untuk kesuksesan bisnis retail Anda adalah direct sales. Direct Sales atau penjualan secara langsung memang masih punya peran yang besar dalam pemasaran dan penjualan. Buktinya, perusahaan-perusahaan besar yang ada sampai sekarang masih menjalankan direct sales untuk meningkatkan penjualan. Direct sales sendiri sangat penting bagi usaha yang bergerak di bidang retail. Pasalnya dengan cara menjual secara langsung, maka peluang untuk segera menghabiskan barang akan semakin terbuka lebar. Salah satu bentuk penjualan langsung yang sering diterapkan oleh perusahaan retail dan sering kita jumpai di lapangan adalah dengan menerjunkan sales. Dengan sebuah target atau tidak, peranan sales untuk menjalankan direct sales ini terbilang begitu efektif jika memang dikonsep dan dijalankan dengan baik.

  1. Franchise atau Waralaba

Ingin cepat punya cabang usaha di mana-mana? Jalankan saja strategi marketing bernama franchise atau waralaba. Dengan sistem kemitraan, frannchise dan waralaba memang banyak dijadikan andalan bagi para pebisnis, termasuk pebisnis retail untuk meningkatkan penjualan dan omset. Menariknya dengan sistem franchise ini, Anda tak perlu repot-repot mempersiapkan anggaran untuk bisa membuka cabang di tempat lain. Ini karena anggaran untuk membuka cabang tersebut akan dilakukan oleh mitra yang ingin bergabung dengan Anda. Tapi untuk menjalankan strategi ini memang Anda harus bisa membuat brand bisnis Anda populer terlebih dahulu. Sebab dengan kepopuleran brand bisnis retail Anda maka akan banyak orang tertarik untuk bermitra dan mengambil franchise yang Anda tawarkan.

  1. Toko Online

Terakhir, strategi marketing masa kini pada bisnis retail yang bisa Anda jalankan adalah media online. Tumbuh pesatnya teknologi yang mendukung pertumbuhan dunia online memang membuat hampir semua pebisnis melirik strategi pemasaran kekinian ini. Nah dalam dunia retail, strategi media online juga akan sangat efektif untuk pemasaran dan penjualan.

Untuk menjalankan strategi marketing media online ini tentu Anda harus bisa mendigitalisasi bisnis retail Anda. Nah untuk keperluan itu, Anda bisa mengandalkan platform iSeller sebagai solusinya. iSeller memang merupakanplatform all-in-one yang menyediakan toko online instan dengan beragam design yang menarik, yang tentunya akan menjadikan bisnis retail Anda untuk sukses di dunia online. Harga untuk menggunakan platform iSeller sendiri tak perlu dikhawatirkan karena terjangkau bahkan untuk bisnis kelas UKM. Tunggu apa lagi? Ayo bergabung dengan iSeller dan digitalisasi bisnis Anda sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *