6 Teknik Efektif Berjualan di Media Sosial

Media sosial sudah bukan lagi hal yang asing di zaman sekarang. Dengan semakin bertumbuhnya dunia online membuat perkembangan media sosial semakin massive. Dari banyaknya pengguna media sosial saat ini, maka sebagai pebisnis, akan sangat disayangkan bila kamu tidak menggunakan media sosial sebagai sarana berjualan kamu.

8-socmed (1)

Media sosial memang dapat dijadikan sebagai salah satu strategi untuk marketing atau promosi yang efektif. Namun agar strategi promosi melalui media sosial ini benar-benar berjalan dengan efektif, maka kamu tidak bisa sembarangan dalam menjalankannya. Kamu harus menjalankan beberapa cara atau teknik agar kegiatan berjualan di media sosial jadi lebih efektif. Berikut ulasannya.

  1. Atur Display atau Tampilan Media Sosial dengan Menarik

Teknik pertama yang bisa kamu jalankan untuk promosi jualan yang efektif di media sosial adalah mengatur display atau tampilan dengan menarik. Akun media sosial memang perlu untuk diatur sedemikian rupa oleh pemiliknya. Nah, agar dapat menarik pembeli, maka kamu harus dapat mengatur tampilan media sosial dengan baik dan rapi. Media sosial dengan tampilan yang rapi memang dapat menarik pembeli dibanding media sosial dengan tampilan yang berantakan. Jadi pastikan kamu melakukan pengaturan display media sosial supaya promosi yang dijalankan berjalan efektif.

  1. Promosikan di Waktu yang Tepat

Memang tidak semua waktu tepat dan efektif untuk melakukan promosi melalui media sosial. Pasalnya, ternyata ada waktu-waktu tertentu yang mampu menarik pembeli. Beberapa waktu yang tepat untuk mempromosikan usaha kamu di media sosial siang hari antara pukul 12.00 hingga pukul 13.00, sore hari dari jam 17.00-18.00 serta jam malam hari dari jam 21.00-23.00 malam. Kenapa harus waktu-waktu khusus tersebut? Sebab pada waktu-waktu tertentu itulah, banyak orang yang sedang membuka media sosialnya. Nah dari sini ketika kamu mempromosikan usaha kamu di media sosial pada waktu-waktu tersebut, maka kamu akan bisa mendapatkan peluang mendatangkan pembeli yang lebih banyak.

  1. Gunakan Teknik Copywriting

Saat mempromosikan usaha kamu di media sosial, pasti kamu akan melakukan postingan yang disertai dengan tulisan dan kata-kata promo yang sering dicari oleh pelanggan. Nah agar konten postingan promosi usaha kamu di media sosial dapat menjaring banyak pembeli, maka kamu tidak boleh lupa untuk menggunakan teknik copywriting. Teknik copywriting sendiri adalah teknik penulisan yang diterapkan untuk “menghiptonis” pembaca dengan kata-kata sehingga kemudian muncul ketertarikan konsumen membeli produk.

  1. Jangan Lupakan Gunakan Hashtag

Agar berpeluang lebih besar untuk menarik pembeli yang tidak mengetahui akun media sosial kamu, maka jangan lupa untuk menggunakan hashtag. Hashtag sendiri adalah sebuah simbol atau tanda pagar /tagar (#) yang diikuti tulisan dan bertujuan untuk menyasar satu kata kunci yang sering dicari konsumen. Contoh penggunaan hashtag untuk promosi usaha di media sosial adalah #jualsepatumurah #jualsepatubandung #jualsepatuwanita, dan kode hashtag lainnya.

  1. Respon Chat Konsumen dengan Cepat

Karena kamu sedang berjualan di dunia online, maka kamu akan berkomunikasi dengan para pembeli kamu secara tidak langsung. Nah di media sosial, komunikasi tak langsung ini biasanya berlangsung dengan perantara fitur “chat” atau fitur “calling”. Kalau pembeli menelepon kamu dengan fitur “calling” bisa jadi akan langsung kamu respon. Tapi bila pembeli menghubungi via fitur “chat”, tak jarang pebisnis yang low response. Tentu jika kamu memberikan low response, akan membuat pembeli kecewa. Nah dari sini untuk membuat pembeli respect pada bisnis kamu, mau tak mau kamu harus selalu fast response dengan chat konsumen.

  1. Arahkan Pelanggan ke Toko Online Kamu

Setelah kamu melakukan berbagai promosi menarik di sosial media kamu, saatnya kamu mulai berjualan. Namun, berjualan secara langsung melalui sosial media terkadang terasa rumit terutama untuk administrasi pesanan, penjualan dan inventori. Untuk mempermudah proses penjualan, kamu bisa mengarahkan pelanggan ke toko online kamu. Dengan memiliki toko online, kamu bisa mengatur flow penjualan secara lebih leluasa dan pastinya akan memiliki sistem administrasi yang jauh lebih rapi.

Untuk kamu yang belum memiliki toko online atau tidak tahu bagaimana cara membangun toko online yang efektif untuk berjualan, bergabung saja dengan iSeller. iSeller memiliki berbagai fitur yang akan membuat penjualan toko online kamu lebih efektif seperti pengelompokan produk, koleksi, halaman checkout, dan masih banyak lagi. Kamu juga tidak perlu pusing menghitung inventori karena seluruh penjualan sudah terintegrasi. Jadi stok barang akan berkurang otomatis ketika ada penjualan.

Segera bergabung dengan iSeller adalah keputusan terbaik agar kamu dapat mempercepat efektivitas marketing kamu di media sosial. Jadi, tunggu apa lagi, yuk bergabung dengan iSeller sekarang!