Tips Memulai Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner merupakan salah satu tipe bisnis yang memiliki potensi besar. Karena seperti yang kita semua ketahui, makan adalah kebutuhan utama hidup. Mungkin tren bisnis di bidang lain bisa berubah dan mati seiring jalan, namun, kebutuhan akan makanan tidak akan pernah berubah.

Maka dari itu, membangun bisnis kuliner adalah salah satu langkah yang baik buat kamu yang ingin memulai bisnis. Tidak hanya menjanjikan, membangun bisnis kuliner ternyata tidak serumit yang kamu bayangkan loh. Nah, untuk kamu yang tertarik membuka restoran, atau cafe, kami ingin membagikan beberapa tips dari Bapak Joni Tjen. Beliau adalah pemilik dari 2 restoran terkenal, Warung Uncle Jo dan Kedai Roti Nongki. Yuk, langsung saja kita simak tips-tipsnya!

IMG_20190716_131411

Penentuan Harga yang Tepat

Hal yang paling pertama harus kamu lakukan pastinya adalah menentukan harga produk. Penentuan harga memang terkesan mudah, namun tanpa perhitungan yang tepat, kamu bisa mengalami kerugian besar. Kamu harus memperhatikan biaya yang di keluarkan per porsi makanan kamu. Kira-kira 1 piring itu berapa banyak sih bahan yang digunakan? Kamu harus bisa menghitung berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi seporsi roti nougat, misalnya.

1 (2)

Setelah kamu mengetahui biaya yang harus kamu keluarkan, saatnya kamu menentukan seberapa besar yang akan kamu dapatkan. Tentukan harga dengan bijaksana. Jangan sampai kamu rugi karena salah memasang harga. Harga yang terlalu murah bisa membuat orang ragu dengan kualitas produk kamu, sementara harga yang terlalu mahal jika tidak diiringi dengan kualitas produk dan strategi marketing yang tepat, pastinya akan membuat orang berpikir panjang. Maka itu, tentukanlah harga produk yang tepat berdasarkan biaya dan juga kualitas produk kamu.

Pastikan Produk Bisa Diterima

Selain harga, jenis produk yang kamu jual pastinya sangat penting. Pilih produk yang bisa diterima semua kalangan. Hindari produk-produk yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu karena itu akan mempersempit target pasar kamu. Contoh yang paling jelas adalah produk yang non-halal. Tidak ada salahnya menjual produk non-halal, kalau memang kamu ingin target pasar yang spesifik. Namun, untuk kamu yang baru ingin memulai bisnis kuliner, lebih baik memulai dari produk yang bisa diterima semua kalangan terlebih dahulu sehingga kamu bisa memperluas jaringan pelanggan kamu. Seperti Warung Uncle Jo dan Kedai Roti Nongki yang menjual makanan dan minuman yang halal untuk dikonsumsi dan sekarang mereka selalu ramai kedatangan pengunjung dari berbagai kalangan!

IMG_20190716_133322

Dekorasi yang Kekinian

Di zaman serba digital ini, posting ke media sosial sudah seperti menjadi kegiatan wajib sehari-harinya. Postingan pelanggan ke social media bisa menjadi salah satu cara agar restoran kamu semakin dikenal oleh banyak orang. Tapi, apa sih yang membuat pelanggan kamu memutuskan untuk post restoran kamu di media sosial mereka? Menurut Pak Joni, memiliki dekorasi yang menarik sama pentingnya dengan memiliki produk yang berkualitas. Memiliki tempat yang unik dan menarik tentunya akan memancing pelanggan kamu untuk berfoto di restoran kamu dan mengunggahnya ke media sosial mereka. Dengan begitu, restoran kamu akan semakin dikenal oleh banyak orang. Memiliki dekorasi yang unik juga tidak harus mahal kok. Kembangkan saja kreatifitas kamu dan hiaslah restoran kamu semenarik mungkin.

IMG_20190716_132759

Rancang Model Bisnis yang Baik

Membangun sebuah bisnis bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan hanya dengan menjentikkan jari. Semua harus dirancang dengan baik. Bagaimana kamu akan mengelola arus keuangan kamu, bagaimana kamu akan mempromosikan restoran kamu, kamu harus mulai memikirkannya secara matang. Menurut Pak Joni, memiliki modal bukanlah segalanya. Dengan modal seadanya pun, kalau kamu bisa mengatur bisnis kamu dengan baik, kamu pasti akan bisa merubah modal yang ‘tidak seberapa’ menjadi sesuatu yang bernilai besar. Jadi, modal bukanlah alasan bagi kamu untuk tidak memulai bisnis restoran kamu.

Menggunakan sistem POS bisa menjadi salah satu langkah untuk membangun model bisnis dan management yang rapi untuk restoran kamu. Kamu bisa memantau seluruh pemesanan dan penjualan yang pastinya akan membuat seluruh sistem kerja restoran kamu menjadi lebih efisien. Kamu jadi bisa lebih fokus terhadap pengembangan bisnis kamu.

IMG_20190716_131348

iSeller POS FnB sudah memiliki banyak sekali fitur yang akan membantu management bisnis kuliner kamu. Mulai dari table layout, fitur resep, produk komboset dan lainnya. Kamu bisa mencoba seluruh fitur tersebut secara gratis selama 14 hari dengan mendaftar di website iSeller. Ayo, mulai saja bisnis kuliner kamu bersama iSeller! Jangan lupa juga untuk berlangganan blog kami, untuk mendapatkan berbagai informasi bisnis menarik. Sampai jumpa di post kami selanjutnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *