3 Langkah Mudah Membangun Toko Online

olstore1

Toko online sekarang ini sedang digandrungi oleh masyarakat karena kepraktisannya. Selain tidak memerlukan biaya sebanyak membangun toko fisik, target pasar toko online lebih luas karena semua orang bisa mengakses toko kamu dengan hanya bermodalkan internet. Namun begitu, masih banyak orang yang kebingungan dari mana harus memulai bisnis online ini. Kali ini iSeller akan membagikan 3 langkah mudah untuk memulai bisnis online. Keep reading!

1. Tentukan Konsep Bisnis yang Akan Dijalankan

olstore2

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja menentukan apa yang ingin kamu jalankan. Memang, menentukan bisnis yang akan dijalankan terdengar memusingkan. Banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti potensi bisnis, modal, sumber daya dan masih banyak lagi. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa mengkonsepkan sebuah bisnis adalah langkah terpenting yang harus kamu lakukan agar bisnis kamu bukanlah bisnis asal jadi. Bingung mulai dari mana? Mulai dari hal yang kamu sukai. Seperti kata orang, melakukan bisnis sesuai passion seperti melakukan hobi yang dibayar. Jadi kenapa tidak? Mulai saja dengan explore passion kamu, dan apa yang bisa kamu lakukan untuk mengubah passion kamu menjadi bisnis.

2. Bangun Website Kamu

Setelah kamu tahu konsep bisnis yang akan kamu jalankan, saatnya kamu menyiapkan tempat berjualannya, yaitu website untuk toko online kamu. Bangun website toko online kamu semenarik mungkin agar para pengunjung dapat betah berbelanja. Jika kamu merancangnya sendiri, perhatikan tata letak tombol dan menu agar pengunjung tidak merasa kesulitan saat browsing di toko kamu. Namun, kalau kamu bukan seorang web designer, lebih baik menyerahkan pembuatan website kamu ke ahlinya.

olstore3

Menggunakan platform penjualan seperti iSeller yang mendukung penjualan online merupakan satu langkah mudah yang bisa kamu gunakan. iSeller memiliki fitur Content Management System (CMS), jadi kamu ga perlu ngerti coding untuk bikin website. Cukup pilih template, atur tampilan dengan drag and drop dan website sudah bisa dipublikasikan! Selain itu kamu juga bisa mengatur penerimaan pembayaran termasuk kartu kredit, digital wallet (OVO, GO-PAY, DANA) dan pembayaran cicilan. Kalau ada yang mudah, kenapa dipersulit?

3. Promosikan Toko Online Kamu

Toko online kamu sudah jadi nih. Bisnis kamu juga sudah tinggal dijalankan. Lalu apa sih langkah terakhir yang bisa dilakukan? Promosikan toko online kamu! Tidak seperti toko fisik yang bisa ‘terlihat’ jelas, toko online memerlukan URL untuk diakses. Promosikan alamat toko online kamu agar semakin banyak orang tahu dan berbelanja di toko kamu. Mempromosikanya bisa dengan mudah dilakukan melalui sosial media seperti Instagram, Twitter dan Facebook. Kamu juga bisa mengandalkan teknik Search Engine Optimization atau SEO untuk meningkatkan peringkat pencarian website kamu di mesin pencari.

olstore4

Selamat, sekarang toko online kamu sudah jadi. Jangan lupakan pelayanan terbaik kamu kepada setiap pelanggan agar mereka semakin loyal berbelanja di tokomu. Kamu bisa menggunakan fitur live chat di toko kamu untuk mempermudah pelanggan saat ingin menanyakan sesuatu. iSeller juga sudah terintegrasi dengan Zendesk yang merupakan aplikasi CRM, sehingga kamu bisa dengan mudah memasang fitur live chat di toko online kamu. Yuk, temukan kemudahan-kemudahan lain dalam membangun toko online dengan mendaftarkan toko kamu di iSeller! Jangan lupa untuk berlangganan dan dapatkan berbagai tips menarik untuk bisnis kamu.