5 Cara Meningkatkan Efisiensi Manajemen Restoran

Membangun sebuah bisnis kuliner, mau itu restoran, cafe ataupun foodcourt memang memiliki potensi yang bagus. Dilansir dari CNN Indonesia, selama 5 tahun terakhir, sektor kuliner di Indonesia telah tumbuh sebesar 7 sampai 14% per tahunnya. Salah satu hal yang menyebabkan hal ini adalah gaya hidup masyarakat modern yang lebih memilih sesuatu yang praktis. Ketimbang repot-repot masak di rumah, masyarakat sekarang lebih suka pergi ke restoran atau kafe untuk makan ditempat. Inilah alasan kenapa bisnis kuliner tidak akan pernah mati.

pemilik restaurant sedang mengelola bisnis dengan POS

Namun, membangun bisnis kuliner bukanlah hanya sekadar bisa memasak hidangan yang lezat. Produk memang penting, namun ada hal yang sama pentingnya dalam membangun sebuah restoran, yaitu management atau pengelolaan restorannya. Restoran kamu tidak akan berkembang dengan baik tanpa manajemen yang baik, tidak peduli seberapa berkualitasnya hidangan yang kamu jual. Mulai dari kecepatan penyajian, kualitas pelayanan, stok bahan makanan, hingga transaksi dan pembayaran, semua harus dikelola dengan baik untuk menghasilkan suatu restoran yang kompeten. Nah, pada artikel kali ini, kami akan memberikan 5 cara untuk meningkatkan efisiensi manajemen restoran. Apa saja sih? Yuk, kita simak bersama-sama!

1. Kelola Stok Bahan Makanan, Jangan Sampai Kehabisan!

Di tengah kesibukan restoran yang banjir pengunjung, terkadang akan merepotkan untuk selalu mengecek persediaan bahan makanan. Jangan sampai di tengah-tengah ramainya pengunjung, dapur kamu kehabisan stok bahan makanan untuk dimasak. Kamu harus bisa memastikan jumlah bahan yang diperlukan setiap menu yang kamu jual. Bandingkan juga jumlah bahan yang terpakai dalam 1 hari dengan jumlah menu yang terjual. Sebagai contoh sederhana, untuk membuat seporsi Egg Sandwich, kamu mungkin memerukan 2 lembar roti tawar dan 1 butir telur. Jika pada hari itu terjual 4 porsi Egg Sandwich, bahan yang digunakan seharusnya adalah 8 lembar roti tawar dan 4 butir telur. Jika stok roti dan telur berkurang lebih dari yang seharusnya, kamu bisa mempertanyakan apa kira-kira hal yang menyebabkan itu terjadi. Apakah ada kecurangan atau kesalahan dalam memasak, atau hal-hal lainnya yang bisa kamu tingkatkan dari restoran kamu.

stok bahan makanan yang terkelola dengan rapi

Kamu juga bisa menggunakan fitur Composite dari POS iSeller untuk memantau stok bahan makanan kamu dengan lebih mudah. Dengan fitur ini, kamu bisa mendata jenis bahan dan jumlah yang dibutuhkan untuk membuat 1 porsi makanan. Tidak hanya itu saja, stok bahan makanan yang sudah terdata akan berkurang secara otomatis setiap adanya penjualan produk makanan tersebut. Jadi kamu bisa dengan mudah memantau stok bahan makanan yang terpakai secara otomatis!

2. Bangun Table Management yang Baik

Berbeda dengan bisnis express yang hanya perlu melayani pesanan di konter, mengelola restoran juga berarti mengelola meja yang tersedia untuk para pengunjung yang ingin makan di tempat. Jangan sampai kamu kebingungan mencarikan meja yang tersedia untuk pengunjung restoran kamu. Tetapi memang tidak bisa dipungkiri kalau terkadang terasa sulit untuk selalu mengecek ketersediaan meja. Pastinya akan sangat merepotkan kalau kamu harus mengitari restoran kamu untuk mengecek ketersediaan meja. Terutama jika restoran kamu memiliki lebih dari 1 lantai.

mengelola meja dengan mudah menggunakan POS iSeller

iSeller memberikan solusi termudah untuk mengatasi masalah ini. Fitur Table Layout yang bisa kamu temukan di iSeller POS FnB memungkinkan kamu melihat seluruh ketersediaan meja di restoran kamu langsung dari perangkat. Kamu juga bisa dengan mudah mengatur pesanan per meja dan melakukan checkout per meja. Ucapkan selamat tinggal pada sistem manual yang sangat merepotkan dan memakan waktu.

3. Efektifkan Komunikasi dengan Dapur

Komunikasi antara staff yang menerima pesanan dengan bagian dapur juga merupakan sesuatu yang harus diperhatikan. Seringkali tidak terjalin sistem komunikasi yang baik sehingga apa yang dipesan tidak sesuai dengan apa yang dimasak. Bayangkan kamu adalah kasir yang sedang melayani antrian pengunjung yang ingin memesan makanan, atau pelayan yang sedang melayani pengunjung-pengunjung yang ingin agar pesanannya segera dicatat dan diproses ke dapur. Pasti kamu tidak akan ada waktu untuk mengantarkan data pesanan satu-satu ke dapur. Tanpa sebuah sistem yang baik, kamu akan sangat kerepotan mengelola semua pesanan-pesanan pengunjung.

komunikasi yang baik antara kasir dengan dapur

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah memanfaatkan teknologi untuk mempermudah komunikasi. Sebagai contoh, kamu bisa gunakan fitur Kitchen Display dari POS iSeller dimana kamu bisa melakukan pencatatan pesanan dan mengirimkannya langsung ke dapur hanya dengan sekali klik. Tidak perlu lagi repot-repot mengirimkan data pesanan secara manual yang akan memakan waktu. Dengan sistem ini juga kamu bisa memiminalisasi kesalahan.

4. Gunakan Pembayaran Digital untuk Mempercepat Proses Checkout

Masyarakat zaman now memang suka sesuatu yang serba praktis dan cepat. Seperti halnya proses pembayaran saat memesan makanan di restoran kamu. Pembayaran digital, baik menggunakan digital wallet ataupun menggunakan kartu debit/kredit memang sedang banyak digandrungi masyarakat, terutama kaum muda karena kepraktisannya. Tidak perlu lagi membawa-bawa dompet tebal dengan uang tunai untuk membayar, cukup membawa smartphone untuk bertransaksi dengan digital wallet, atau sebuah kartu untuk pembayaran debit/kredit. Bukan hanya lebih aman, namun proses yang dilakukan juga lebih sederhana dan cepat. Tidak perlu lagi menunggu uang kembalian dari kasir dan dari sisi manajemen restoran-pun pastinya akan lebih mengurangi resiko kecurangan yang dilakukan karyawan.

pembayaran mudah dengan digital payment

Untuk mengaplikasikan pembayaran digital di restoran kamu-pun tidak perlu ribet lagi. POS iSeller sudah mendukung berbagai pembayaran digital tersebut mulai dari digital wallet seperti GO-PAY, OVO, DANA, pembayaran menggunakan debit/kredit, hingga pembayaran menggunakan voucher. Apa perlu banyak mesin EDC? Tidak perlu! iSeller mendukung semua pembayaran tersebut dalam 1 perangkat jadi benar-benar praktis. Kamu juga hanya perlu mengaktifkan sistem pembayaran yang diinginkan, dan iSeller akan mengurus semua yang dibutuhkan!

5. Pastikan Semua Transaksi Tercatat

Pencatatan transaksi adalah hal yang sangat penting dilakukan karena dengan mencatat semua produk yang terjual hari itu, kamu bisa membandingkan baik dalam segi uang yang didapatkan maupun dengan stok produk. Pastikan tidak ada selisih dalam penghitungan antara stok produk, data penjualan dan pendapatan. Kesalahan yang sering terjadi disaat restoran sedang ramai-ramainya adalah ada pesanan yang tidak tercatat. Terutama ketika kamu menggunakan metode manual untuk mencatat semua pesanan dan penjualan. Belum lagi kalau ada produk combo atau paket yang tentunya memerlukan perhatian khusus dalam pencatatan.

catat semua transaksi yang terjadi dalam bisnis

Untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa menggunakan fitur Comboset dari iSeller POS FnB dimana kamu bisa mengkombinasikan beberapa produk menjadi suatu paket combo dan menjualnya sebagai 1 produk. Stok produk yang termasuk di dalam combo tersebut pun akan otomatis berkurang. Tidak hanya itu, seluruh data penjualan dan pembayaran sudah tercatat secara otomatis per transaksi. Tidak perlu lagi takut keteteran karena ramainya pengunjung.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk meningkatkan efisiensi manajemen restoran kamu. Jangan sampai restoran kamu ketinggalan jaman karena masih menggunakan sistem tradisional yang memakan waktu. Kamu juga bisa menikmati beberapa fitur yang dibahas sebelumnya, beserta segudang fitur lain yang pastinya akan sangat membantu manajemen restoran kamu. Mau tahu apa aja? Cobain langsung dan dapatkan free trial selama 14 hari hanya dengan mendaftarkan restoran kamu di website kami. Yuk, segera efisiensikan manajemen restoran kamu bersama iSeller sekarang!