6 Langkah Efektif Membuka Cabang Baru

Woman hand choose wood blog with franchise icon on blue background. Franchise business concept.

Siapa sih yang ga mau bisnisnya berkembang ke seluruh Indonesia atau bahkan worldwide? Salah satu cara mengembangkan bisnis kamu adalah dengan membuka cabang-cabang baru. Tidak hanya kamu mempermudah akses para pelanggan ke toko kamu, kamu bisa meningkatkan presence bisnis kamu secara luas. Membuka cabang baru memang tidak sesulit membuka bisnis baru, namun kamu juga perlu memperhatikan langkah-langkah efektif yang akan membantu agar pembukaan cabang baru kamu tidak mengganggu operasional cabang utama. Apa saja sih yang bisa kamu lakukan? Keep reading!

1. Pilih lokasi yang strategis

Close up of man hands holding a white paper sheet with a pointer icon inside. GPS  searching for someone on a crowded city street. Travel navigation and planning location route.

Tujuan membuka suatu cabang baru itu apa sih? Pasti salah satunya adalah mendapatkan recognition dari banyak orang dan juga mempermudah akses pelanggan. Namun, bayangkan kalau cabang baru kamu itu lokasinya terpencil, susah diakses, sepi, ga banyak orang yang lewat… hmmm apa kira-kira tujuan-tujuan kamu akan tercapai? Lupakan recognition, untuk penjualan saja mungkin sulit karena ga banyak orang yang lewat dan berbelanja. Maka itu, pintar-pintarlah dalam memilih lokasi yang strategis karena itu merupakan salah satu poin penting yang akan menentukan kesuksesan cabang baru kamu!

2. Sesuaikan budget kamu

pexels-photo-1028726 (1)

Membuka cabang baru memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Kamu perlu mempersiapkan biaya untuk pembangunan, operasional, promosi dan masih banyak lagi. Nah, kamu bisa sesuaikan kebutuhan dengan budget kamu menggunakan cara-cara yang kreatif. Sebagai contoh untuk dekorasi toko kamu, kamu mungkin bisa mempertimbangkan D.I.Y (do it yourself) yang ga cuma murah, tapi juga bisa dikustomisasi sesuai keinginan kamu sendiri. Ga cuma itu, masih banyak banget alternatif-alternatif lain yang bisa kamu explore se-kreatif mungkin!

3. Pekerjakan karyawan yang bisa dipercaya

Portrait of successful young business team posing in office

Karyawan yang punya skill dan kompetensi bisa dicari dimana saja. Tapi untuk mencari yang dapat dipercaya bukan hal mudah loh. Skill dan kompetensi bisa diasah, tapi kejujuran dan loyalitas adalah nilai-nilai yang ga bisa kamu temuin di sembarang orang. Walaupun sulit, kalau kamu sudah mendapatkan karyawan yang terpercaya, kamu bisa dengan tenang menyerahkan cabang baru kamu ini ke tangan mereka. Jadi kamu tidak perlu terlalu khawatir akan adanya kecurangan yang dilakukan karyawan.

4. Pikirkan strategi pemasaran

Business Finance, accounting, contract, advisor investment consulting marketing plan for the company with using tablet and computer technology in analysis.

Kamu juga harus mulai memikirkan bagaimana akan memasarkan cabang baru toko kamu ini. Cabang utama kamu mungkin sudah ramai dan populer, namun tanpa strategi pemasaran yang tepat, orang-orang tidak akan tahu kamu buka cabang baru. Jadi mulai umumkan kepada pelanggan-pelanggan kamu bahwa kamu akan membuka cabang baru. Kamu juga bisa menggunakan sosial media sebagai sarana promosi. Jangan lupa juga untuk membuat sebuah promosi pembukaan cabang agar para pelanggan semakin tertarik untuk datang ke cabang baru kamu!

5. Bangun manajemen operasional yang baik

Point of sale, POS , table credit card terminal in modern restaurant

Sekarang anggaplah kamu sudah memiliki sumber daya yang baik untuk cabang kamu. Kamu sudah punya tempatnya, karyawan dan produk yang akan dijual. Tapi kamu bingung cara mengelola operasional toko kamu. Apa ga akan berantakan? Maka dari itu, kamu harus memiliki sistem operasional yang baik, mulai dari pemesanan, pembayaran, sampai produk diterima pembeli. Saat semuanya sudah memiliki sistem yang tertata rapi, karyawan kamu sudah tinggal menjalankan berdasarkan sistem dan sop yang berlaku.

6. Miliki sistem penjualan yang tertata rapi

Close up of woman using mobile smart phone,sending massages on the garden.having sunbath.Phone with black screen,texting,video calls,

Ga cuma manajemen operasional, kamu juga harus punya sistem penjualan yang baik. Karena ini merupakan cabang baru yang berarti berada di bawah naungan 1 bisnis yang sama, kamu harus memastikan kalau sistem penjualan di cabang baru ini terhubung dengan cabang utama dan kantor pusat. Kamu harus memikirkan arus keuangan, arus penjualan dan stok barang masing-masing outlet. Jangan sampai ada kesalahan pencatatan.

Nah, kamu juga bisa nih coba POS iSeller. Ga perlu lagi mencatat seluruh penjualan dan pembayaran di cabang baru kamu secara manual lalu mencocokannya dengan data pusat yang pasti bikin kepala pusing. Semua sudah terintegrasi dengan baik. Kamu bahkan bisa memantau seluruh penjualan dan keuangan seluruh cabang toko kamu dimana saja dan kapan saja. Kalau bisa dipermudah kenapa harus dipersulit? Yuk, ga usah diambil pusing, daftarkan toko kamu di website kami dan dapatkan 14 hari gratis percobaan!