Baca Tips Berikut untuk Meningkatkan Kepuasan Customer Kamu

pexels-photo-972995

Customer adalah raja. Kamu pasti sering mendengar kata-kata tersebut. Tidak salah, karena customer adalah salah satu ujung tombak bisnis kamu. Maka dari itu, kamu harus selalu menomorsatukan kepuasan customer kamu. Customer yang puas bisa berpotensi berubah menjadi pelanggan tetap, dalam arti lain, mereka akan terus menerus setia pada produk dari toko kamu. Sebagus apapun produk yang dikeluarkan sainganmu, kalau customer sudah jatuh cinta pada bisnis kamu, dijamin mereka tidak akan berpindah ke lain hati. Tapi bagaimana sih cara agar customer jatuh cinta? Yuk simak tips-tips berikut!

1. Pelayanan yang ramah

pexels-photo-1267315

Bayangkan ada 2 toko yang memiliki barang sama. Toko yang pertama harga barangnya sedikit lebih murah, tapi pas kamu datang sang pelayan lagi malas malasan, jutek, tidak ada senyumnya, kalau ditanya hanya dijawab terpaksa. Lalu toko yang kedua, pelayannya ramah banget, menyambut kamu dengan senyuman ramah lalu melayani dan menjawab apapun yang kamu butuhkan dengan sigap dan penuh semangat. Kira-kira kamu lebih suka berbelanja dimana untuk jangka panjang? Pasti toko kedua bukan? Tidak ada seorangpun yang suka dijutekin, terutama setelah mengalami hari yang melelahkan. Jadi, berikan pelayanan terbaikmu!

2. Pembayaran tidak pakai lama

Closeup shot of caucasian cashier hands. Seller using touch pad for accepting client customer payment. Small business of coffee shop cafeteria.

Tidak ada orang yang mau menunggu berlama-lama saat berbelanja. Terutama saat mereka punya kesibukkan sendiri. Pastinya mereka tidak akan mau berlama-lama mengantri untuk membayar belanjaan mereka. Hal ini bisa menjadi poin penting untuk ditingkatkan. Bangun sistem checkout yang praktis sehingga customer kamu tidak perlu terlalu lama mengantri untuk pembayaran. Latih juga kasir kamu untuk dapat melayani dengan sigap dan tepat. Yap, harus tepat juga. Jangan sampai kasir kamu melakukan banyak kesalahan dalam penginputan karena ingin cepat. Kamu juga bisa menggunakan sistem point of sale atau POS seperti iSeller untuk membantu proses checkout kamu, karena selain praktis digunakan, sistem POS seperti ini sudah mendukung berbagai macam pembayaran!

3. Berikan penghargaan atas kesetiaan pelanggan

loyalty

Siapa sih yanh tidak suka diberikan hadiah? Customer kamu juga pastinya suka diberi hadiah, terutama kalau mereka sering berbelanja di toko kamu. Nah, memberikan penghargaan kepada customer kamu merupakan salah satu cara untuk mengikat mereka agar tetap setia kepada toko kamu. Penghargaan yang diberikan tidak harus berbentuk barang kok. Salah satu cara paling efektif dalam memberikan penghargaan adalah dengan sistem loyalty point. Dengan loyalty point ini, kamu dapat mendorong customer untuk terus berbelanja di toko kamu. Customer senang, kamu pun senang.

4. Sigap dalam menanggapi keluhan pelanggan

pexels-photo-887827

Dalam menjalankan suatu bisnis, keluhan customer bukanlah sesuatu yang dapat dihindarkan. Mau kita berikan pelayanan dan produk sebagus apapun, yang namanya keluhan itu pasti akan ada saja deh. Lalu bagaimana dong? Ya jangan dihindari, lebih baik dihadapi dan belajar dari setiap keluhan yang ada. Menanggapi keluhan-pun bukan hal mudah untuk dilakukan. Diperlukan kesabaran dan kemampuan dalam meredakan amarah customer. Kamu juga perlu sigap dalam menangani keluhan. Jangan biarkan keluhan pelanggan kamu tidak ditangani dalam waktu lama, kalau kamu belum sempat, setidaknya balaslah mereka dengan menginformasikan kalau keluhan mereka akan ditanggapi segera. Dengan begitu, setidaknya pelanggan kamu merasa dihargai dan diperhatikan.

Nah, dari keempat tips diatas, mana yang paling menarik menurut kamu? Untuk mempermudah, kamu juga bisa coba sistem POS dari iSeller yang sudah memiliki fitur-fitur terlengkap yang akan mendukung bisnis kamu, seperti pengaturan loyalti point, live chat dan masih banyak lagi. Daftarkan saja toko kamu sekarang di website iSeller. Yuk sama-sama kita membangun bisnis yang customer friendly!