Buka Cabang Baru, Goola Terapkan iSeller Digital Kiosk

Di tengah maraknya minuman-minuman kekinian seperti boba drink, thai drink, berbagai olahan kopi, Goola justru menawarkan sesuatu yang berbeda. Bisnis minuman besutan Kevin Susanto dan Gibran Rakabuming ini menjual minuman-minuman tradisional khas Indonesia seperti Es Doger Jeger, Jerit, Es Goola Aren dan masih banyak lagi. Tidak hanya memiliki rasa otentik yang menyegarkan, minuman-minuman tradisional ini dikemas dengan gaya kekinian yang membuatnya tidak kalah keren dengan minuman-minuman jaman now.

DSCF6265

Dengan konsep yang unik dan Indonesia banget seperti itu, Goola berhasil melejitkan namanya dan menjadi sangat populer terutama di kalangan anak muda. Bulan Oktober ini juga Goola baru saja membuka cabang baru di Kota Kasablanka atau Kokas. Namun, cabang baru Goola ini berbeda dengan yang lainnya karena selain sudah menerapkan sistem POS dari iSeller, disini juga menerapkan sistem digital kiosk atau bisa juga disebut self-service kiosk.

DSCF6195

Penggunaan digital kiosk untuk bisnis memang merupakan salah satu cara digitalisasi bisnis dimana para customer bisa langsung memesan sendiri bahkan langsung membayar tanpa harus repot mengantri di kasir. Selain mempermudah pemesanan, apa saja sih keuntungan menggunakan sistem digital kiosk?

1. Mengurangi antrian

DSCF6218

Bisnis minuman sepopuler Goola ini tentunya akan selalu ramai kedatangan pengunjung. Untuk mengurangi antrian yang akan terbentuk, Goola menggunakan digital kiosk yang digunakan sebagai kasir alternatif. Para pengunjung yang ingin membayar secara cashless atau non-tunai bisa langsung pesan sendiri minuman favorite mereka di digital kiosk. Jadi, kasir hanya perlu melayani pembelian tunai. Dengan pembagian kasir dengan berdasarkan sistem pembayaran seperti ini, antrian tidak akan terlalu panjang, dan pengunjung bisa dapat menikmati kesegaran minuman khas Indonesia ini dengan lebih cepat!

2. Menyederhanakan proses pemesanan

DSCF6204

Dengan menggunakan digital kiosk ini, proses pemesanan menjadi lebih sederhana dan tidak ribet. Perhatikan, proses yang umumnya terjadi di gerai ekspres adalah kasir melayani pelanggan, pelangan memesan apa yang mereka inginkan kepada kasir, kasir mencatat pesanan pelanggan, selanjutnya mengirimkan pesanan pelanggan ke dapur agar segera di proses.

Proses yang memakan waktu tersebut sekarang dapat disederhanakan menjadi pelanggan sendiri-lah yang input pesanan mereka lewat digital kiosk dimana pesanan yang di input akan secara otomatis dikirimkan ke bagian dapur untuk langsung di proses. Dengan sistem yang serba otomatis seperti ini, waktu yang diperlukan pelanggan dalam memesan minuman menjadi lebih cepat.

3. Memperkecil resiko kesalahan

DSCF6196

Yang namanya manusia pasti pernah melakukan kesalahan atau biasa disebut human error. Namun, dalam segi bisnis, human error seperti ini bisa merugikan perusahaan. Terutama jika terjadi pada saat proses pemesanan dan pembayaran oleh kasir. Sebagai business owner, merupakan suatu langkah bijak untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya human error. Salah satu penyebab terjadinya human error ini adalah karena masih menggunakan sistem pencatatan dan pembayaran manual. Karena itu, penggunaan digital kiosk ini merupakan suatu langkah yang bisa diambil. Selain karena pelanggan sendiri yang melakukan pemesanan dan transaksi, semua pencatatan juga sudah terdigitalisasi. Dengan begitu, resiko terjadinya human error dapat diperkecil.

4. Mengurangi penggunaan sumber daya manusia

DSCF6222

Penggunaan digital kiosk ini juga merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi biaya karyawan. Kamu tidak perlu lagi menggunakan banyak sumber daya manusia untuk melayani pemesanan dan pembayaran customer kamu. Cukup menggunakan digital kiosk sebagai alternatif kasir dan customer kamu dapat melakukan pemesanan sendiri. Dengan begini, kamu bisa mendistribusikan karyawan kamu untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan lain.

Demikianlah beberapa keuntungan menggunakan digital kiosk untuk toko kamu. Goola sendiri berencana akan mengimplementasikan sistem digital kiosk ini ke outlet-outlet mereka yang lain dalam menciptakan suatu ekosistem bisnis yang serba digital. Kalau kamu penasaran bagaimana sistem digital kiosk ini bekerja, kamu bisa langsung mengunjungi outlet Goola yang ada di Kota Kasablanka. Kunjungi juga website iSeller untuk tahu lebih banyak tentang produk kami, dan jangan lupa untuk berlangganan ya! See you in our next post!