6 Manfaat Software Akuntansi Bagi UKM Indonesia - iSeller Blog

6 Manfaat Software Akuntansi Bagi UKM Indonesia

Tidak harus menunggu bisnis Anda besar hanya untuk mengelola keuangan. Sekecil apapun bisnis Anda, mengelola keuangan merupakan hal wajib yang harus Anda lakukan dan perhatikan.

Saat ini, sebagian besar operasional manajemen keuangan dilakukan secara terkomputerisasi dan berbasis cloud storage. Sebagai pemilik dari Usaha Kecil Menengah (UKM) tentunya Anda dapat memperoleh manfaat dari software akuntansi tanpa harus memahami proses akuntansi yang terkesan rumit.

Dengan software akuntansi, Anda bisa mengerjakan aktivitas akuntansi UKM Anda dengan cepat dan akurat dan akan membantu tercapainya visi UKM Anda. Dan karena sebagian besar software akuntansi sudah berbasis cloud, pengguna bahkan tidak perlu khawatir untuk mengurusi masalah pembaruan dan pemeliharaan (maintenance), semua perubahan yang dilakukan dalam catatan di software akuntansi akan diperbarui secara otomatis dan tentunya  secara realtime.

Sebagai pemilik UKM, Anda harus cermat dalam memilih paket software akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu manfaat-manfaat yang ditawarkan oleh berbagai vendor software akuntansi. Secara umum, berikut manfaat-manfaat dari penggunaan software akuntansi khusus UKM.

Menghemat Waktu

Dengan software akuntansi, segala pencatatan transaksi bisnis UKM Anda akan diproses secara cepat. Mencatat segala transaksi pembelian dan penjualan sesuai dengan format yang telah diatur akan memudahkan pekerjaan akuntan. Penyelesaian masalah juga bisa dituntaskan secara cepat, seperti melacak faktur, memasukkan jurnal penyesuaian, dan merevisi kesalahan pencatatan. Segala pembayaran utang dan pelunasan piutang akan diselesaikan secara cepat lewat transaksi antar bank online yang telah terintegrasi dengan software akuntansi Anda.

User Interface yang Bersahabat

Kebanyakan software akuntansi merancang user interface secara sederhana dan mudah dipakai oleh bisnis UKM. Dengan user interface yang sederhana dan bersahabat, pengguna tidak perlu repot lagi dalam melakukan berbagai pengaturan seperti pengaturan form faktur, input jurnal, dan sebagainya. Kemudahan ini juga akan mempersingkat pekerjaan akuntan dalam mencatat berbagai transaksi yang masuk.

Pengelolaan Biaya-Biaya

Software akuntansi menawarkan fitur pengelolaan biaya-biaya yang terbebankan kepada UKM. Anda bisa mengatur kategori biaya-biaya yang terjadi sehingga lebih mudah melacak dan mengetahui kontribusi persentase biaya tiap kategori. Anda juga bisa melacak biaya yang belum dibayar berdasarkan status yang tertera di software akuntansi Anda. Bukti-bukti pembayaran juga bisa Anda simpan dan lampirkan di setiap transaksi pembayaran. Anda juga bisa mengatur penjadwalan transaksi pembayaran yang dilakukan secara berulang ke beberapa vendor.

Manajemen Stok Persediaan

Anda tidak perlu pusing lagi dalam mengatur semua persediaan yang tersimpan di gudang atau tempat penyimpanan persediaan lain pada UKM Anda. Dengan software akuntansi, semua persediaan yang tercatat akan ter-manage secara detail dan rapi. Stok persediaan akan selalu ter-update dan terkalkulasi secara otomatis ketika Anda memasukkan data pembelian persediaan sehingga setiap waktu Anda bisa melihat jumlah stok persediaan per item. Tentunya Anda juga bisa memasukkan penyesuaian stok akhir dengan hasil stock opname UKM Anda. Anda juga bisa melihat persentase item persediaan yang paling laku terjual.

Pembuatan Laporan Keuangan Secara Otomatis

Anda tidak perlu repot lagi merancang atau membuat laporan keuangan, mulai dari laporan neraca, laba rugi, arus kas, perubahan modal secara manual karena dengan software akuntansi segalanya bisa dibuat secara otomatis. Segala transaksi keuangan UKM yang sudah Anda input akan secara otomatis diproses menjadi laporan keuangan. Anda juga akan mendapatkan ringkasan rekonsiliasi bank antara kas di bank pada catatan Anda dengan kas di tabungan bank terdaftar tanpa harus membuatnya secara manual. Neraca saldo juga akan menampilkan per periode tertentu.

Integrasi dengan Aplikasi Kasir

Kebanyakan software akuntansi sekarang ini sudah terintegrasi dengan beberapa aplikasi kasir (POS) ternama, dan salah satunya adalah iSeller yang merupakan platform POS dan omni-channel retail pertama di Indonesia. Ini tentu akan memudahkan Anda mendapatkan informasi terkait laporan pemasukan bisnis UKM Anda. Dengan basis realtime, setiap waktu Anda bisa memantau laporan pemasukan di software akuntansi Anda.

Dengan manfaat-manfaat tersebut, setidaknya Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk memilih software akuntansi yang tepat sesuai kebutuhan dan demi kemudahan pencatatan dan pelaporan keuangan bisnis UKM. Untuk pilihan software akuntansi yang tepat, Jurnal bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda. Jurnal adalah software akuntansi online yang memberikan manfaat-manfaat pencatatan dan pelaporan akuntansi sesuai yang sudah ditulis di atas. Terlebih lagi sekarang iSeller sudah terintegrasi dengan Jurnal sehingga semua data-data penjualan, produk dan inventori Anda dapat dengan mudah tersinkronisasi dengan Jurnal. Penyesuaian stok juga akan dilakukan secara otomatis setiap ada penjualan dan juga transfer produk.

2 (7)

Selain manfaat- manfaat tersebut, masih ada beberapa kelebihan lain yang Jurnal berikan untuk memudahkan pekerjaan Anda dalam mengelola keuangan dan bisnis UKM. Selain Daftar Jurnal sekarang dan dapatkan free trial selama 14 hari.

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading