Introducing QRIS: New Era for Digital Payment

Ada yang sudah pernah dengar tentang QRIS? Per tanggal 1 Januari 2020, Bank Indonesia menetapkan peraturan bahwa seluruh pembayaran non-tunai harus menggunakan QRIS. Tapi sebenarnya apa sih QRIS itu? QRIS sendiri merupakan singkatan dari Quick Response (QR) code Indonesian Standard. Secara singkat, sistem QRIS ini dapat digambarkan dengan seluruh pembayaran digital wallet (Go-Pay, DANA, dan lainnya) hanya dalam 1 QR code. Sistem ini diimplementasikan untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan pembayaran serta juga memastikan agar semua pembayaran dapat terpantau melalui 1 pintu.

Per tahun 2020 ini juga, iSeller sudah menerapkan sistem QRIS di POS kami. Implementasinya seperti apa sih? Yuk, simak lebih lanjut.

Hanya Perlu 1 QR untuk Semua Pembayaran

Sistem QRIS bertujuan agar pelanggan dapat membayar dengan digital wallet apapun saat dihadapkan dengan 1 QR code. Pernah tidak kamu mengalami kasus pelanggan yang berubah pikiran? Ketika ditanya ingin menggunakan pembayaran apa, pelanggan jawab dengan Go-Pay sebagai contoh. Lalu saat QR code sudah dikeluarkan, pelanggan tiba-tiba minta diganti menjadi pembayaran dengan DANA. Hal ini sangat merepotkan karena kamu harus membatalkan QR yang sebelumnya lalu mengeluarkan QR code untuk DANA. Nah, dengan sistem QRIS ini, kamu hanya perlu mengeluarkan 1 QR code dan pelanggan kamu bisa membayar dengan digital wallet apapun di QR yang sama. Praktis banget kan?

Proses Pengaktifan Lebih Sederhana

Karena sistem QRIS sudah mencakup semua pembayaran, kamu hanya perlu sekali pengaktifan dan toko kamu sudah bisa menerima pembayaran dari seluruh digital wallet. Kamu tidak perlu lagi mengaktifkan satu-satu pembayaran. Data yang diperlukan-pun hanya perlu 1 kali saja dikirimkan, jadi prosesnya tidak bertele-tele dan memakan waktu lama. Proses pengaktifan QRIS ini hanya membutuhkan 3 hari kerja saja.

MDR yang Lebih Rendah dan Sama Rata

Kalau sebelumnya setiap digital payment memiliki MDR atau Merchant Discount Rate yang berbeda-beda dan relatif tinggi, dengan sistem QRIS ini kamu hanya akan dikenakan MDR yang lebih rendah dan sama rata. Maksudnya sama rata itu seperti apa sih? Jadi, untuk setiap pembayaran didukung sistem QRIS ini, hanya akan dikenakan MDR sebesar 0,7% saja dan itu berlaku untuk semua pembayaran.

Dynamic QR, Tidak Perlu Input Manual

Pembayaran menggunakan sistem QRIS ini sudah otomatis dengan menggunakan dynamic QR. iSeller POS akan mengeluarkan QR code yang berbeda-beda di setiap transaksi yang sudah berisikan informasi jumlah yang harus di bayar. Pelanggan hanya perlu scan saja tanpa perlu memasukkan kembali nominal yang harus dibayar. Pembayaran juga akan terkonfirmasi secara otomatis, jadi resiko terjadinya kecurangan oleh pelanggan dan karyawan dapat diperkecil.

Praktis dan membantu banget kan sistem QRIS ini? Dalam waktu dekat ini iSeller berencana untuk menghapus opsi-opsi pembayaran terpisah dari sistem, sehingga seluruh pembayaran digital wallet sudah akan menggunakan QRIS, termasuk integrasi pembayaran terbaru kami dengan digital wallet ter-populer saat ini, ShopeePay. Jangan sampai ketinggalan yuk merasakan manfaat dari sistem terbaru kami ini. Segera daftarkan toko kamu sekarang dan jangan lupa untuk tetap update info-info terbaru kami dengan berlangganan di blog kami!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: