Mau Jualan Tetap Lancar di Tengah Outbreak? Ini tipsnya!

Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19 yang saat ini sedang merebak di seluruh dunia termasuk Indonesia, menimbulkan kekhawatiran semua orang. Dikarenakan oleh penularannya yang sangat cepat, banyak sekali orang yang takut untuk keluar rumah karena khawatir akan bersinggungan dengan orang yang terjangkit COVID-19 ini. Pemerintah juga sudah menerapkan social distancing dengan menutup beberapa akses tempat umum, tempat rekreasi, akses kendaraan umum dan menghimbau masyarakat untuk tidak bepergian ke tempat-tempat umum jika tidak benar-benar diperlukan. Beberapa sekolah sudah diliburkan dan kantor-kantor sudah menerapkan sistem work from home atau bekerja di rumah masing-masing.

Bagi siswa, mahasiswa dan karyawan, implementasi social distancing ini mungkin tidak terlalu berdampak besar. Kekhawatiran terbesar mereka adalah kesehatan diri dan keluarga mereka. Namun, bagi para pelaku bisnis, outbreak yang terjadi saat ini bisa menimbulkan dampak yang jauh lebih parah dari sekadar kekhawatiran akan terkena virus. Himbauan yang dicanangkan untuk tidak bepergian keluar rumah bisa menjadi hambatan besar bagi sebagian besar toko. Jumlah pelanggan yang datang berbelanja berkurang drastis, mall-mall menjadi lebih sepi dari biasanya. Tidak hanya itu, para pelaku bisnis juga harus memperhatikan kesejahteraan karyawan mereka dengan menerapkan kebijakan-kebijakan yang membantu menghentikan penyebaran virus corona ini. Faktor-faktor seperti ini tentunya sangat merugikan para pelaku bisnis. Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar toko Anda tidak benar-benar collapse di tengah outbreak ini. Yuk, simak bersama!

Terapkan Jualan Online

Di tengah outbreak seperti ini, apapun yang melibatkan interaksi langsung antar manusia sedang dihindari. Lalu, bagaimana Anda bisa berjualan? Salah satu solusinya adalah dengan menerapkan jualan online. Tips ini sangat cocok diterapkan oleh bisnis-bisnis retail. Potensi penjualan secara online juga meningkat dikarenakan masyarakat yang semakin takut untuk berbelanja keluar rumah. Masyarakat lebih memilih untuk membeli barang secara online karena tidak mengharuskan mereka untuk bertemu orang lain yang bisa berpotensi menularkan virus corona ini.

Jika Anda ingin menerapkan jualan online ini, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membangun ‘toko’ Anda, yaitu website jualan online Anda. Dengan memiliki website sendiri, toko Anda menjadi lebih terpercaya dan tidak terlihat sebagai toko online abal-abal. iSeller menyediakan platform toko online yang akan sangat memudahkan Anda karena sudah terintegrasi dengan sistem pembayaran terlengkap serta jasa kurir pengiriman barang. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot membangun sistemnya dari nol. Coba sekarang!

Kurangi Penggunaan Uang Cash saat Transaksi

Uang tunai, bisa menjadi salah satu medium yang baik dalam menyebarkan virus corona ini. Bayangkan saja, uang yang ada di tangan Anda, sudah berasal dari mana saja? Sudah dipegang siapa saja? Apa Anda yakin kalau uang tersebut bersih dari virus? Hal paling minimal yang bisa Anda lakukan di tengah outbreak ini adalah mengurangi transaksi dengan uang tunai. Gunakan pembayaran digital terutama digital wallet seperti ShopeePay, OVO, Go-Pay dan yang lainnya. Bagaimana dengan card payment? Card payment juga memiliki resiko yang sama karena biasanya kasir Anda lah yang akan memproses kartu dari pelanggan Anda di mesin EDC. Sementara digital wallet biasanya hanya menggunakan scan QR code. Tidak perlu adanya interaksi sentuhan langsung dengan pelanggan maupun memegang barang-barang pelanggan. Ekosistem kerja menjadi lebih bersih dan higenis. Pelanggan yang sadar akan hal ini juga pastinya akan lebih memilih berbelanja di toko Anda karena sudah mendukung digital wallet.

Implementasikan Self-Service System

Kalau Anda punya bisnis restoran yang akan sulit dijadikan jualan online, salah satu antisipasi yang bisa Anda lakukan adalah menerapkan sistem self-service. Pernah ke Bobabits ? Pada event IFBC 2020 tanggal 13-15 Maret kemarin, Bobabits sudah menerapkan sistem self-service dimana pelanggan bisa memesan sendiri makanan atau minuman mereka tanpa harus repot-repot ke kasir. Sistem seperti ini bisa menjadi alternatif pengurangan kebutuhan karyawan di restoran, serta menjadi solusi bagi pelanggan yang sedang menghindari interaksi manusia di tempat umum. Pelanggan yang datang ke restoran Anda jadi tidak perlu terlalu khawatir dengan sistem yang mandiri seperti ini. Terutama jika sistem self-service Anda sudah dilengkapi oleh sistem pembayaran digital. Selain menghadirkan pengalaman berbeda dari restoran lainnya, restoran Anda juga sudah berkontribusi dalam mencegah penyebaran virus corona ini.

Sekarang Anda tidak perlu terlalu khawatir dan panik lagi dalam menghadapi wabah corona ini. Segalanya pasti akan ada jalan, tinggal kembali ke diri masing-masing, beranikah kita mengubah sistem yang lama untuk ekosistem bisnis yang lebih baik? iSeller sendiri disini juga hadir sebagai #SahabatJualan Anda dengan menyediakan platform omni-channel mulai dari POS, online store, bahkan digital kiosk yang sudah dilengkapi oleh pembayaran digital terlengkap. Ayo, bersama-sama kita menghadapi wabah COVID-19 ini dengan aman dan terkendali. Kunjungi website iSeller untuk informasi lebih lanjut mengenai produk kami!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: