Kartu Prakerja Lagi Booming! Cari Tahu, yuk!

Saat ini, keadaan ekonomi sedang menurun dikarenakan oleh wabah Covid-19. Para pelaku usaha mengalami penurunan yang signifikan dari sisi penghasilan. Beberapa pengusaha pun akhirnya melakukan tindakan efisiensi, salah satunya berupa pemutusan hubungan kerja (PHK) yang akan semakin mempersulit keadaan masyarakat di Indonesia. Namun, selalu ada secercah harapan di tengah keadaan ini. Ada sebuah program dari pemerintah yang sangat bermanfaat, baik bagi para karyawan, para pencari kerja, maupun para pelaku usaha. Apa itu? Program Kartu Prakerja. Di artikel kali ini, #SahabatJualan Anda akan membagikan beberap hal tentang program ini. Yuk, cari tahu lebih lanjut!

1. Apa sih itu Kartu Prakerja?

Dilansir dari www.prakerja.go.id kartu prakerja ini merupakan program bantuan dana dari pemerintah untuk peningkatan kompetensi para pekerja. Bantuan dana yang diberikan adalah sebesar 3.550.000 per penerima, yang terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp. 1.000.000, insentif pelatihan sebesar Rp. 2.400.000 serta insentif survey sebesar Rp. 150.000. Dari total yang diberikan itu, hanya insentif pelatihan saja sebesar Rp. 2.400.000 yang bisa dipakai secara bebas di luar program, sementara bantuan pelatihan hanya bisa digunakan untuk biaya mengikuti pelatihan sesuai program saja.

2. Tidak hanya untuk pencari kerja

Banyak yang mengira bahwa Kartu Prakerja ini ditujukan kepada para pengangguran muda yang belum mendapatkan pekerjaan atau para karyawan yang baru di PHK. Namun, tidak seperti itu. Ternyata Kartu Pekerja ini bisa digunakan oleh para karyawan bahkan pengusaha muda juga. Ini syaratnya:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berumur minimal 18 tahun
  3. Tidak sedang menempuh pendidikan formal

Namun, memang di tengah keadaan ekonomi sulit ini, Kartu Prakerja ini akan diprioritaskan kepada para pencari kerja atau para pelaku usaha mikro yang sedang kesulitan karena wabah Covid-19 ini.

3. Manfaat yang ditawarkan Kartu Prakerja

Manfaat atau solusi-solusi yang ditawarkan program Kartu Prakerja ini tidak hanya untuk orang-orang yang disebutkan di atas, namun bisa bermanfaat juga bagi sektor bisnis secara umum. Dilansir dari website Prakerja, berikut adalah solusi yang ditawarkan Kartu Prakerja:

  1. Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan
  2. Mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan
  3. Mendorong kebekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch
  4. Menjadi komplemen dari pendidikan formal
  5. Membantu daya beli masyarakat

Jadi, dampak program ini bukan hanya untuk sang penerima dana, namun juga untuk semua orang termasuk para pengusaha berskala besar. Kok bisa? Karena bantuan dana ini akan meringankan biaya perusahaan yang ingin mengadakan pelatihan untuk karyawannya. Selain itu, program ini juga diharapkan akan menbantu daya beli masyarakat yang kehidupannya terdampak wabah Covid-19 ini. Jika daya beli masyarakat meningkat, tentunya keadaan ekonomi akan semakin stabil dan pastinya akan berdampak baik bagi bisnis Anda.

4. Cara daftar Kartu Prakerja

Untuk mengikuti program Kartu Prakerja ini caranya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menyiapkan nomor telepon dan email yang aktif, serta identitas diri termasuk NIK (Nomor Induk Kependudukan) sesuai KTP. Setelah Anda sudah menyiapkannya, Anda hanya perlu mendaftarkannya. Berikut adalah langkah-langkah pendaftarannya menurut www.indonesia.go.id:

  1. Buat akun di www.prakerja.go.id
  2. Setelah akun terverifikasi, login dan klik menu daftar Kartu Prakerja
  3. Isi formulir yang disediakan
  4. Lanjutkan, lalu isi tes kemampuan dasar
  5. Pendaftaran selesai

Setelah selesai mendaftar, pendaftar akan menerima notifikasi melalui email atau SMS ke nomor yang sudah didaftarkan. Anda juga bisa mengecek status pendaftaran Anda pada website tersebut.

5. Kira-kira apa yang bisa dilakukan pelaku bisnis?

Seperti yang dibahas di atas, program ini memiliki manfaat tidak hanya untuk penerima saja namun untuk keseluruhan masyarakat Indonesia. Jadi, untuk para pelaku bisnis yang merupakan non-penerima, juga bisa ikut membantu program pemerintah ini. Anda bisa lakukan hal-hal sederhana seperti menginformasikan program ini kepada karyawan Anda. Dorong dan dukung karyawan-karyawan Anda untuk mengikuti program ini, karena tidak hanya ini akan memperbaiki perekonomian mereka, pelatihan yang diterima juga akan menguntungkan perusahaan Anda. Siapa sih yang tidak mau memiliki karyawan yang kompeten? Karena karyawan yang kompeten akan membuat perusahaan Anda juga maju.

Kartu Prakerja ini merupakan salah satu bukti kepedulian pemerintah terhadap perekonomian bangsa sekarang ini. Jika pemerintahnya peduli, kita sebagai masyarakat juga harus peduli dan bersama-sama membantu Indonesia menjadi lebih baik. Saat ini #iSellerCare mengajak seluruh orang dari berbagai golongan untuk bantu mensosialisasikan program ini bersama-sama. Jangan menyerah di tengah keadaan sulit dan mari kita melewati masa-masa ini dengan baik. Seperti yang dicanangkan pemerintah, Gotong Royong. Demi SDM Unggul, Indonesia Maju. Kunjungi juga website iSeller untuk mempelajari berbagai solusi bisnis yang kami tawarkan kepada para pengusaha. See you in our next post!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: