4 Tips Membuat Toko Online untuk Pasar Internasional

Siapa sih yang tidak mau bisnis mereka berkembang di kancah internasional? Berbeda dengan toko offline, toko online merupakan salah satu cara menggaet pasar internasional karena seluruh pelanggan dari berbagai negara dapat mengunjungi website dengan mudah.

Jika Anda berniat menggaet pelanggan internasional untuk berbelanja di website Anda, berarti website Anda harus ‘ramah’ terhadap pelanggan internasional. Bagaimana pelanggan dari Singapore mengerti website berbahasa Indonesia, sebagai contoh. Pasti akan sulit. Ikuti tips berikut supaya website Anda bisa go international!

1. Website yang Mendukung Banyak Bahasa

Supaya website Anda bisa lebih dimengerti oleh pengguna dengan bahasa berbeda, perlu adanya alternatif bahasa di website Anda. Setidaknya, bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Di iSeller Online Store, Anda bisa mengatur lebih dari 1 bahasa di website Anda. Terdapat puluhan pilihan bahasa yang bisa Anda pilih. Untuk bahasa Indonesia dan Inggris sudah ada terjemahan yang bisa langsung dipakai. Anda juga bisa menerjemahkan secara manual dan menyesuaikan bahasanya dengan keinginan Anda. Setelah itu, pengunjung hanya perlu mengganti bahasa saat berkunjung di website Anda dan bahasa akan otomatis berubah.

2. Jual Produk dengan Beberapa Mata Uang

Salah satu kendala terbesar saat berjualan ke luar negeri adalah mata uang. Bayangkan diri Anda sebagai konsumen, ribet ga sih kalau mau belanja tapi harus cek kurs terbaru, terus harus hitung dulu harga produk dalam mata uang Anda? Bisa-bisa konsumen tidak jadi beli hanya karena mata uangnya berbeda. Nah, jangan khawatir. Dengan iSeller Online Store, Anda bisa mengatur mata uang yang ingin ditampilkan di website Anda dengan fitur Multi Currrency. Anda bisa memasukkan harga produk dalam mata uang negara Anda dan fitur ini akan mengubah harga produk Anda secara otomatis ke mata uang target yang dipilih konsumen. Kurs mata uangnya juga akan di-update terus setiap harinya berdasarkan nilai tukar otomatis dari European Central Bank. Jadi, Anda tidak perlu pusing mengecek kurs dan update mata uang secara manual.

3. Sediakan Metode Pembayaran Lengkap

Selain dari sisi bahasa dan mata uang, penting juga bagi website Anda untuk menyediakan metode pembayaran yang lengkap. Dari cash on delivery, transfer ATM, eBanking & mBanking, digital wallet modern (GoPay, OVO, ShopeePay), kartu kredit Visa & MasterCard (termasuk pembayaran cicilan), sampai pembayaran melalui Indomaret dan/atau Alfamart. Perlu Anda ketahui bahwa semua metode pembayaran ini sudah didukung iSeller Online Store dan pengaktifannya mudah banget. Penasaran? Lanjut dulu yuk tips nya di bawah ini.

4. Mendukung Pengiriman Internasional

Setelah pembeli membayar produk mereka, apa yang harus Anda lakukan? Tentu saja memenuhi pesanan mereka. Untuk produk digital seperti voucher yang tidak perlu dikirimkan secara fisik, hal ini tidak menimbulkan kendala apapun. Tapi, jika produk yang terjual harus dikirimkan secara fisik, Anda bisa menggunakan salah satu dari layanan pengiriman terintegrasi di iSeller yaitu DHL. DHL ini merupakan perusahan pengiriman internasional yang sudah berdiri selama puluhan tahun sehingga pengiriman barang Anda terjamin aman.

Sudah siapkah toko Anda merambah ke kancah internasional? Ambil langkah pertama bersama #SahabatJualan Anda ini dan biarkan bisnis Anda berkembang pesat. Jika Anda belum menjadi bagian dari sahabat iSeller, waktunya bergabung bersama kami. Daftarkan toko Anda sekarang juga dan dapatkan gratis 14 hari. Jangan lupa berlangganan blog ini dan mari kita sukses bersama!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: