8 Ide Ngabuburit Seru dan Kreatif di Rumah Aja

Sudah semakin mendekati Lebaran nih. Gimana puasa kamu lancar kan? Walaupun di rumah aja, tetap semangat yaa dalam menjalankan puasa. Supaya puasa kamu tidak terasa berat, lebih baik lakukan kegiatan sambil menunggu jam buka atau biasa disebut ngabuburit. Ngabuburit juga bisa terasa fun loh walaupun di rumah aja. Coba yuk lakuin 8 ide ngabuburit seru dan kreatif dari #iSellerCare yang bisa kamu lakukan di rumah aja!

1. Buat Kerajinan Tangan

Ingat zaman sekolah disuruh buat kerajinan tangan? Yep, kamu bisa banget iseng-iseng buat kerajinan tangan lagi seperti di zaman sekolah. Tidak perlu bahan-bahan yang ribet kok, kamu bisa berkreasi apa saja dengan bahan yang ada di rumah. Ada kain tidak terpakai yang masih bagus? Bisa kamu jahit jadi tempat handphone kecil, tas yang simple tapi manis atau bahkan tempat tisu. Kalau ingin lebih kreatif lagi, kamu juga bisa beli bahan-bahan kerajinan tangan secara online. Nah, hasilnya bisa kamu jadikan usaha tambahan juga loh dengan cara dijual online. Selain asik dan menyenangkan, bisa jadi penghasilan tambahan juga!

2. Buat Kue Kering untuk Lebaran

Saat Lebaran biasanya keluarga ngumpul bareng dan suguhan yang manis-manis seperti kue kering sudah menjadi tradisi tersendiri bagi banyak keluarga. Daripada beli, gimana kalau kamu buat kue kering sendiri? Selain lebih hemat, kamu juga bisa sekalian ngabuburit. Kue kering itu rata-rata tahan 1-3 bulan loh, jadi kamu tidak perlu khawatir jika ingin buat sekarang untuk disuguhkan saat Lebaran nanti. Selain itu, pasti rasanya juga senang deh saat keluarga makan kue buatan kamu sendiri dan bilang rasanya enak.

3. Buat Konten Positif di Social Media

Kamu sering main social media? Daripada kamu buka social media hanya untuk lihat-lihat saja, lebih baik buat konten positif yang bisa kasih teman-teman kamu semangat. Kamu bisa post quotes penyemangat sebagai contoh atau posting foto-foto makanan yang kamu buat untuk buka puasa, siapa tau bisa jadi ide untuk teman-teman kamu kan? Kamu juga bisa gunakan hashtag kreatif seperti #PuasaHappy atau #SemangatPuasa supaya postingan kamu semakin banyak dilihat orang. Yuk, sebarkan hal-hal positif dimulai dari social media kita!

4. Coba Jadi Youtuber

Kalau kamu suka banget ngomong di depan kamera dan ingin banget jadi Youtuber, ini waktu yang tepat untuk kamu mulai! Kamu bisa mulai dengan buat video apapun, bisa tutorial makeup, resep makanan buatan kamu atau cerita-cerita kamu. Hal terpenting adalah kamu pede dan konsisten saat melakukannya. Mungkin video-video kamu di awal tidak terlalu bagus, tidak apa-apa. Tidak ada yang langsung bagus di awal. Selama kamu konsisten belajar dan mencoba, kualitas kamu pasti akan meningkat. Jadi, jangan berhenti berkarya.

5. Ciptakan Lagu Sendiri

Untuk kamu yang pecinta musik, kamu bisa loh iseng-iseng buat lagu sendiri. Kamu bisa tuangkan perasaan kamu saat ini atau bahkan pesan-pesan yang sulit tersampaikan selama ini dalam bentuk lagu. Kamu juga bisa sebarkan pesan positif dari lagu kamu loh. Setelah jadi, jangan lupa juga untuk menunjukkannya kepada keluarga kamu juga ya. Kamu bisa ajak mereka berkumpul bersama lalu menyanyi dengan petikan gitar. Pasti bakal keasikan, sampai-sampai tidak sadar sudah jam buka puasa.

6. Menulis Cerita Pendek atau Novel

Imajinasi kamu tanpa batas? Jangan biarkan imajinasimu hanya mengawang di pikiran kamu, tuangkan saja dalam bentuk tulisan. Tidak perlu merasa minder dengan tulisan kamu, tulis saja dahulu. Setelah semua imajinasi kamu tertuang, kamu bisa baca ulang untuk lihat bagian-bagian yang kurang. Jika kamu sudah puas dengan hasilnya, kamu bisa posting hasil tulisan kamu di website atau blog kamu. Siapa tau, ada penerbit yang tertarik menerbitkan tulisan kamu jadi sebuah buku?

7. Baca Buku yang Bisa Tambah Pengetahuan

Belajar itu tidak kenal usia. Kamu harus terus belajar supaya tidak ketinggalan. Nah, untuk yang suka belajar hal-hal baru, kamu bisa coba ngabuburit dengan membaca buku pengetahuan. Takut dibilang kutu buku? Kenapa tidak, kutu buku itu keren kok. Jangan terpengaruh sama orang-orang di luar sana yang berpendapat kalau kutu buku itu orang aneh yang tidak bisa bersosialisasi. Punya pengetahuan luas itu asik, karena justru pengetahuan kamu akan sangat membantu dalam bersosialisasi sehingga kamu tidak seperti tong kosong yang nyaring bunyinya. Kalau kamu tidak sempat beli buku fisik, sekarang ini banyak banget e-book yang bisa kamu download online dan baca langsung dari laptop atau handphone. Gampang kan?

8. Mulai Buka Usaha Kamu Sendiri

Ini nih, kegiatan yang produktif banget dan harus banget dicoba oleh orang-orang yang punya jiwa pengusaha. Daripada bingung mau ngapain, mending bangun usaha kecil-kecilan dari rumah. Usaha yang paling mudah dijalankan dan tidak butuh terlalu banyak modal adalah jualan online. Kamu bisa jual apa aja, seperti hasil kerajinan tangan, snack buatan kamu, kue kering, pakaian pre-loved. Untuk websitenya tidak perlu pusing. Kamu bisa gunakan platform penjualan yang dukung penjualan online seperti iSeller yang bisa bantu kamu membangun website dengan sangat mudah.

Nah, jadi sekarang siapa yang masih mikir kalau ngabuburit di rumah itu membosankan dan tidak seru? Karena di semua hal buruk yang terjadi, akan selalu ada hal positif yang bisa kamu dapatkan. Contohnya kegiatan-kegiatan kreatif di atas yang tidak cuma bisa menyalurkan ide kreatif kamu, tapi juga bisa kamu jadikan peluang bisnis. Kamu juga bisa kunjungi website kami untuk tahu betapa mudahnya membangun bisnis online bersama #SahabatJualan kamu. Tetaplah semangat menjalankan ibadah puasa dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: