Kelola Promosi Lebaran Tanpa Ribet

Kita sudah semakin melangkah menuju hari kemenangan. Biasanya di setiap hari raya kamu bisa menemukan promosi dimana-mana. Jangan mau ketinggalan dong, ini moment yang tepat banget buat kamu adakan promosi juga di toko kamu. Tapi mengadakan program promosi atau diskon, harus disertai dengan pengelolaan yang baik loh. Kalau tidak program kamu akan berantakan dan bisnis kamu bisa merugi. Jangan khawatir, karena #SahabatJualan kamu punya solusinya. Simak lebih lanjut untuk tahu gimana cara kelola program promosi kamu dengan baik!

1. Tentukan tipe promosi yang sesuai

Tentu saja yang kamu harus lakukan pertama adalah mengetahui dengan baik tipe promosi apa yang cocok untuk dijalankan. Ada beragam tipe promosi di antaranya yang paling umum adalah promosi dalam bentuk potongan harga atau pemberian barang. Kamu harus bisa melihat apakah tipe promosi apa yang mungkin dijalankan bisnis kamu. Jangan sampai program yang kamu adakan ini justru merugikan.

Setelah kamu menentukan tipe promosi yang sesuai, kamu juga harus bisa mengelolanya dengan baik. Daripada pusing, lebih baik gunakan platform penjualan yang sudah dukung fitur promosi seperti iSeller. Kamu bisa langsung pilih tipe promosi apa yang ingin kamu lakukan, bahkan kamu bisa tentukan juga kriteria promosinya. Misalnya, untuk mendapatkan potongan 50% all item harus belanja sebesar Rp. 100.000 terlebih dahulu. Kamu bisa atur semuanya dengan sangat mudah dan program yang kamu buat akan langsung diterapkan ke sistem POS dan Toko Online kamu, termasuk harga yang sudah terpotong secara otomatis ketika kriteria promosi sudah terpenuhi!

2. Atur jangka waktu promosi

Sebuah program promosi akan lebih efektif dilakukan jika memiliki jangka waktu. Bayangkan kamu ingin membuat program promosi berupa potongan harga 50% all item. Kalau kamu tidak memberikan jangka waktu yang jelas, pelanggan kamu berhak untuk mendapatkan potongan 50% dari seluruh produk kamu kapan saja. Mau mereka belanja bulan depan atau tahun depan, toh tidak ada batasan waktu. Maka dari itu, penting untuk menentukan kapan program kamu dimulai dan kapan akan berakhir.Pemberian jangka waktu ini juga akan menimbulkan sense of urgency. Pelanggan akan berpikir, cuma ini satu-satunya kesempatan mereka bisa dapatkan potongan harga 50% sehingga mereka tidak akan menunda-nunda untuk membeli.

Pemberian jangka waktu ini juga harus dikelola dengan baik. Jangan sampai penjaga toko kamu secara tidak sengaja memberikan potongan harga kepada pelanggan saat promosi sudah berakhir karena salah mengingat tanggal. Tenang saja, dengan fitur Promosi di iSeller, kamu bisa atur kapan promosi kamu akan aktif dan akan langsung diterapkan ke POS dan Online Store kamu. Saat promosi sudah berakhir, secara otomatis pelanggan tidak akan bisa mendapatkan potongan lagi.

3. Tentukan di mana promosi kamu akan dijalankan

Jika kamu memiliki bisnis offline dan online yang berjalan bersamaan, mungkin kamu akan merasakan perbedaan performa kedua bisnis tersebut. Bisa jadi toko offline kamu memiliki penjualan yang lebih baik, atau toko offline kamu justru lebih laku, atau bahkan keduanya sama-sama berjalan dengan baik. Kamu bisa coba menilai kondisi tersebut, lalu jadikan itu sebagai acuan penerapan program promosi kamu. Sebagai contoh, karena PSBB penjualan toko online kamu meningkat, namun toko offline kamu menurun. Lalu kamu ingin meningkatkan penjualan toko offline kamu di bulan Ramadhan ini. Kamu bisa terapkan program promosi kamu hanya khusus pembelanjaan offline saja.

Nah, iSeller memungkinkan kamu untuk melakukan itu dengan sangat mudah, salah satunya karena iSeller merupakan platform yang dukung penjualan online dan offline dalam 1 sistem. Kamu jadi bisa pilih, di channel apa kamu ingin program promosi kamu diterapkan. Kamu bisa pilih salah satu atau bahkan keduanya sekaligus. Jika kamu pilih hanya di toko offline sebagai contoh, secara otomatis pelanggan yang belanja di toko online kamu tidak akan bisa mendapatkan promosi.

4. Terapkan promosi untuk pelanggan tertentu

Menetapkan target pelanggan kamu juga bisa sangat membantu promosi supaya lebih efektif loh. Sebagai contoh, kamu ingin memberikan apresiasi ke pelanggan yang sudah sering berbelanja di toko kamu. Nah, kamu bisa buat supaya promosi kamu hanya bisa digunakan oleh pelanggan yang total pembelanjaannya sudah mencapai nilai tertentu. Sebagai contoh, pelanggan yang total belanjaannya sudah lebih dari Rp. 5.000.000. Tapi, bagaimana cara menilainya? Apalagi kalau kamu punya ribuan pelanggan. Tidak mungkin kamu mengingat dan mengecek secara manual total belanjaan mereka.

Jangan khawatir karena semua ada solusinya. Tahu tidak, kalau di iSeller kamu bisa buat yang namanya grup pelanggan? Yep, kamu bisa buat grup pelanggan berdasarkan kriteria yang kamu inginkan. Nah, kamu bisa atur promosi kamu untuk diterapkan ke grup pelanggan ini. Sehingga kamu tidak perlu pusing lagi mengelola pelanggan target promosi kamu. Asik, kan?

Bagaimana, sudah siap meningkatkan penjualan bisnis kamu di bulan Ramadhan ini dengan program promosi? Jangan sia-siakan moment hari raya seperti ini dan ciptakan promosi yang menarik. Kamu juga tidak perlu pusing kok saat mengelola program kamu karena ada #SahabatJualan kamu yang selalu siap membantu. Yuk, kunjungi website kami jika ingin tahu fitur-fitur menarik lainnya. See you in our next article!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: