Mau Brand Kamu Semakin Dikenal? Jadi Supplier Dropship aja!

Salah satu cara untuk mengenalkan brand kamu adalah dengan memiliki jaringan penjualan yang luas. Semakin banyak orang tahu tentang brand kamu, semakin besar juga kemungkinan orang akan datang membeli. Cara paling umum untuk memperluas jaringan penjualan kamu adalah dengan memiliki tim sales yang bertugas untuk menjual produk kamu. Namun jika kamu membentuk tim sales sendiri, bisa jadi kamu perlu membayar upah mereka juga. Tapi tenang saja, karena ada cara lain yang lebih sederhana dan sama efektifnya yaitu menjadi supplier dropship. Seperti apa sih sistemnya? Yuk, pelajari!

1. Apa itu sistem dropship?

Sistem dropship adalah sistem yang memungkinkan pelanggan kamu untuk menjual produk kamu tanpa harus menyetok terlebih dahulu. Jadi yang akan mengirimkan produk ke pembeli adalah kamu sendiri, namun pembeli tidak berhubungan dengan kamu melainkan kepada pelanggan kamu. Pelanggan kamu ini disebut sebagai dropshipper dan kamu adalah supplier dropship. Tugas dropshipper kamu hanya satu yaitu menjual produk dari toko kamu. Setelah ada pembeli yang tertarik, kamu yang akan mengirimkan produk tersebut langsung ke pembeli tanpa melalui dropshipper kamu lagi.

2. Benefit jadi supplier dropship

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi supplier dropship. Salah satunya adalah kamu memiliki channel penjualan yang luas, terutama ketika kamu memiliki banyak dropshipper. Karena yang menjual produk kamu bukan hanya kamu dan perusahaan kamu saja, namun juga dropshipper yang juga bisa dianggap sebagai tim sales kamu. Bedanya, dropshipper ini tidak perlu diberikan upah secara reguler. Kamu bisa menentukan jenis kerjasama yang lebih efektif seperti mengijinkan dropshipper kamu untuk menaikkan harga barang untuk keuntungan mereka.

Dengan sistem ini, beban penjualan kamu menjadi lebih ringan karena kamu tidak harus menjual sendirian. Ketika dropshipper laku, kamu pun laku. Satu lagi hal yang paling penting, sistem ini akan bantu mempromosikan brand kamu dengan lebih luas karena dropshipper kamu pasti juga akan bantu promosikan brand kamu untuk bisa menjualnya.

3. Bisnis apa saja sih yang cocok dengan sistem ini?

Sistem ini bisa diterapkan untuk bisnis apa saja yang melibatkan penjualan online selain bisnis jasa. Namun memang sistem penjualan yang melibatkan pengiriman barang seperti ini akan lebih cocok diterapkan untuk bisnis retail seperti fashion retail. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan juga bagi pemain F&B untuk ikut menerapkan sistem seperti ini. Sebagai contoh, jika kamu suka buat snack kering, kamu bisa banget jual secara online dan menerapkan sistem dropship ini. Jika kamu menjual makanan matang yang tidak tahan berlama-lama di pengiriman, kamu tetap bisa menggunakan sistem ini dengan cara menyesuaikan metode pengirimannya menjadi pengiriman instan seperti GoSend. Jadi, bisnis apapun bisa asalkan kamu kreatif dalam menjalankannya!

4. Cara mengelola bisnis dropship dengan mudah

Lalu ada tidak cara mudah untuk mengelola bisnis dropship ini? Ada dong, sahabat jualan kamu ini punya solusi yang sangat mudah dan praktis. Dengan iSeller Online Store, dropshipper kamu bisa memesan langsung produk yang dibutuhkan langsung dari website kamu. Dropshipper juga tinggal memasukkan alamat pembeli/penerima barang dan kamu tinggal mengirimkan barang langsung ke alamat penerima. Untuk pengirimannya pun sudah mendukung berbagai jasa pengiriman ternama seperti JNE dan DHL. Jika ingin pengiriman instan juga bisa karena iSeller juga sudah terintegrasi dengan GoSend. Oh ya jangan lupa, kamu juga harus memastikan bahwa dropshipper kamu ini bukan dropshipper abal-abal yang malah akan memperburuk citra brand kamu. Jangan khawatir karena kamu bisa mengelola siapa saja dropshipper kamu dengan mudah. Pelanggan biasa tidak akan bisa jadi dropshipper lewat website kamu tanpa persetujuan. Kamu bisa baca selengkapnya di sini.

Nah, gimana tertarik jadi supplier dropship? Jika kamu bingung bagaimana memulainya, mulai saja dengan mempromosikan bahwa toko kamu sudah membuka sistem dropship untuk pelanggan yang tertarik. Mungkin tidak akan langsung dapat banyak dropshipper di awal, namun apa salahnya melangkah dari hal kecil? Semakin lama kepercayaan akan semakin terbangun dan bisnis kamu akan semakin berkembang. Kamu juga bisa kunjungi website kami untuk melihat fitur-fitur lain yang pastinya akan berguna untuk pengelolaan bisnis kamu. Jangan lupa berlangganan blog ini ya dan sampai jumpa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: