Miliki Halaman Checkout yang Baik Hanya dalam 5 Menit!

Jika kamu ingin memiliki website untuk berjualan online, kamu perlu punya halaman checkout yang baik. Kamu tahu tidak, banyak loh pelanggan yang sudah tertarik dengan produk yang dijual, namun batal membeli hanya karena proses checkout-nya yang ribet dan memakan waktu. Lalu seperti apa halaman checkout yang baik? Pelajari yuk, cara memiliki halaman checkout yang baik dengan sangat mudah bahkan hanya butuh 5 menit saja!

1. Halaman checkout dengan user experience yang simple

Siapa sih yang suka kalau sudah pilih produk ini itu, lalu saat tinggal bayar malah ribet seperti tombolnya yang tidak jelas ada di mana atau langkah-langkahnya yang membingungkan. Pasti siapapun akan merasa malas dan berpikir ulang untuk membeli. Maka dari itu, halaman checkout di website kamu harus sederhana dan mudah dimengerti. Jangan sampai pelanggan batal membayar hanya karena tidak mengerti alur checkoutnya.

2. Formulir data pelanggan yang anti ribet

Saat berjualan online, kamu pasti membutuhkan data pelanggan baik untuk pengiriman barang atau untuk menghubungi pelanggan jika ada informasi penting. Untuk itu kamu membutuhkan formulir data pelanggan di halaman checkout kamu, namun pastikan formulir tersebut tidak malah mempersulit pelanggan. Disarankan formulir data pelanggan hanya memiliki hal-hal yang penting saja seperti nama pelanggan, nomor telepon dan email untuk kontak serta alamat untuk pengiriman barang. Jangan sampai pelanggan jadi malas karena banyaknya data yang perlu diisi. Oh ya, untuk semakin mempermudah pelanggan yang memang sudah sering beli secara reguler, kamu bisa menyediakan opsi pendaftaran pelanggan. Sehingga pelanggan yang sudah terdaftar, tidak perlu mengisi ulang data-data mereka.

3. Punya sistem pengiriman yang baik

Customer pick-up parcel cardboard box package from red delivery man. Cargo service concept.

Halaman checkout kamu harus memiliki sistem pengiriman yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan. Sebagai contoh, pelanggan kamu sangat membutuhkan barang yang dibelinya dalam waktu dekat dan ingin barang tersebut untuk tiba di rumahnya di hari yang sama. Untuk itu kamu perlu punya sistem pengiriman instan seperti GoSend dan akan lebih baik lagi jika memiliki pemilihan titik koordinat di map supaya alamat pengirimannya tepat. Kamu juga perlu sistem pengiriman yang mendukung pengiriman ke luar kota maupun ke luar negeri juga. Selain itu pastikan kamu menampilkan ongkos kirim di halaman checkout kamu dan pastikan ongkos kirim tersebut selalu sesuai dengan tarif asli pengiriman. Jangan sampai ongkos yang ditampilkan berbeda dengan tarif pengiriman asli. Ongkos kirim tersebut juga harus langsung otomatis ditambahkan ke total pembayaran sehingga pelanggan bisa membayar semuanya sekaligus tanpa ribet.

4. Halaman checkout yang mendukung pembayaran lengkap

Semakin banyak pilihan metode pembayaran yang kamu sediakan, semakin baik. Pelanggan jadi bisa lebih bebas memilih metode pembayaran yang mereka inginkan. Pastikan juga halaman checkout kamu punya sistem yang tepat untuk memproses pembayaran tersebut. Sebagai contoh, jika kamu ingin menyediakan pembayaran lewat digital wallet, gunakanlah Dynamic QR Code yang akan sangat mempermudah proses pembayarannya. Jika ingin mendukung pembayaran melalui kartu kredit, halaman checkout kamu harus memiliki sistem pendataan kartu kredit yang simple dan mudah digunakan. Begitu pula dengan sistem transfer. Disarankan untuk menyediakan virtual account supaya proses transfer semakin mudah dan aman.

5. Gunakan platform penjualan online dengan halaman checkout terlengkap

Lalu bagaimana cara membuat halaman checkout tersebut? Sepertinya sulit dan perlu belajar programming. Eit, siapa bilang? Kamu bisa menggunakan platform penjualan online seperti iSeller yang mendukung halaman checkout dengan fitur terlengkap. Kamu bisa membuat website di iSeller Online Store dan secara otomatis akan terintegrasi dengan halaman checkout tanpa perlu coding lagi! Bahkan kamu hanya perlu 5 menit saja untuk mengaktifkan online store kamu dan kamu akan dapatkan keduanya, website beserta halaman checkout-nya.

Halaman checkout yang disediakan iSeller sudah canggih banget loh dan sangat mudah digunakan. Tidak hanya menyediakan formulir data pelanggan yang sederhana, namun kamu juga bisa pilih apakah pelanggan kamu harus mendaftar terlebih dahulu sebelum membeli atau pelanggan bisa belanja sebagai tamu. Halaman checkout iSeller juga sudah mendukung beragam fungsi pengiriman seperti pemilihan titik koordinat serta ongkos kirim yang akan otomatis disesuaikan dengan jarak pengiriman serta tarif masing-masing kurir. Untuk proses pembayarannya pun iSeller sudah menyediakan beragam kemudahan seperti nomor virtual account dan QR code untuk digital wallet. Bahkan mendukung pembayaran cicilan juga loh. Untuk tampilannya bahkan bisa kamu sesuaikan warnanya sesuai dengan tema online store kamu.

Jadi, siapa bilang punya halaman checkout yang baik itu sulit? Semuanya bisa dipermudah kok bersama #SahabatJualan kamu. Jangan ragu lagi ya untuk memulai bisnis online sendiri. Percayakan saja bisnis kamu kepada iSeller dan buat semuanya menjadi mudah. Mau tahu lebih lanjut tentang fitur-fitur kami? Kunjungi website kami dan bergabunglah menjadi sahabat iSeller untuk merasakan mudahnya berbisnis bersama kami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: