Mau Pelanggan Makin Setia? Pelajari Sistem Loyalti!

Memiliki pelanggan setia pasti menyenangkan, karena mereka akan setia membeli ke toko kamu dan tidak akan berpindah ke lain hati. Selain itu penjualan kamu juga akan lebih stabil. Banyak cara untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan, seperti peningkatan mutu produk dan layanan. Namun, ada satu cara yang bisa meningkatkan kesetiaan pelanggan secara signifikan yaitu menggunakan sistem loyalti. Pelajari bersama yuk!

1. Apa itu sistem loyalti?

Kalau bisa didefinisikan secara sederhana, sistem loyalti adalah sistem atau program yang dibuat untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan. Sistem ini dibangun oleh bisnis kamu sendiri untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Sistem loyalti yang baik adalah sistem yang saling menguntungkan baik untuk pelanggan maupun kamu dari sisi penjual. Dengan hubungan yang saling menguntungkan seperti ini, pelanggan akan semakin setia berbelanja di toko kamu karena bisa mendapatkan keuntungan lebih.

2. Macam-macam sistem loyalti

Sistem loyalti ada banyak banget, karena kamu bisa membangun sistem apapun yang disesuaikan dengan bisnis kamu. Namun, sistem loyalti yang paling umum dan mudah digunakan adalah Poin Loyalti dan Membership. Kedua sistem ini punya kemudahan dan benefitnya tersendiri.

Poin Loyalti

Poin Loyalti adalah sistem dimana kamu memberikan poin kepada pelanggan setiap pelanggan berbelanja. Kamu bisa menentukan kriteria pemberian poin, sebagai contoh berdasarkan jumlah pembelanjaan. Semakin besar pembelanjaan pelanggan, semakin besar poin yang didapat. Poin yang kamu berikan ini bisa dikumpulkan pelanggan untuk kemudian ditukarkan dengan reward yang sudah ditetapkan. Reward ini juga kamu sendiri yang menetapkan. Bisa ditukar dengan diskon atau voucher toko, namun yang paling mudah adalah penggunaan poin untuk membayar atau potongan pembayaran.

Keuntungan menggunakan sistem poin loyalti ini adalah pelanggan akan lebih sering berbelanja, bahkan bisa meningkatkan jumlah pembelian. Karena semakin sering dan semakin besar pembeliannya, semakin besar juga poinnya. Selain itu, poin yang dikumpulkan hanya bisa ditukarkan di toko kamu saja. Dengan kata lain, pelanggan tetap harus berbelanja di toko kamu untuk mendapatkan reward dari poin mereka. Pemberian reward berupa potongan pembayaran juga merupakan benefit sendiri karena pelanggan bisa mendapatkan manfaat dari poin yang dikumpulkan secara langsung.

Membership

Sistem membership juga sangat umum digunakan. Sistem ini mengharuskan pelanggan untuk mendaftar sebagai member toko kamu untuk mendapatkan beragam benefit. Untuk mendaftar, kamu bisa tentukan kriterianya seperti berdasarkan minimal pembelanjaan. Benefit yang diterima member terdaftar pun bisa bermacam-macam. Seperti yang paling mudah adalah diskon khusus member. Bisa juga merupakan akses untuk membeli produk-produk premium toko kamu.

Keuntungan dari sistem membership ini adalah pelanggan akan merasa eksklusivitas. Pelanggan akan merasa lebih dihargai dan punya koneksi spesial dengan bisnis kamu. Dengan begitu kemungkinan pelanggan untuk pindah ke toko lain semakin kecil. Selain itu, normalnya membership membutuhkan data kontak pelanggan yang berarti kamu bisa mengirimkan berbagai informasi tentang produk terbaru kamu atau jika ada diskon kepada member toko. Hal ini pastinya akan meningkatkan ketertarikan mereka dan bisa jadi para member ini lah yang akan langsung menyerbu toko kamu untuk mencoba produk baru kamu atau untuk mendapatkan diskon.

Membership + Poin Loyalti

Yep, kamu bisa banget menggabungkan kedua sistem ini untuk mendapatkan benefit lebih. Kamu bisa memberikan poin loyalti hanya untuk pelanggan yang terdaftar sebagai member saja. Cara ini meningkatkan efektifitas dari kedua sistem tersebut, dimana pelanggan tidak hanya merasa eksklusif, namun juga bisa mengumpulkan poin dari pembelanjaan mereka. Dengan begini, pelanggan akan semakin terdorong untuk selalu berbelanja di toko kamu.

3. Cara mudah mengelola sistem loyalti

Memiliki sistem loyalti yang baik juga memerlukan sistem manajemen yang baik. Karena jika terjadi kesalahan atau kelalaian dari pihak toko akan menyebabkan kekecewaan pelanggan. Untuk mempermudah pengelolaan sistem loyalti toko kamu, lebih baik menggunakan platform penjualan yang mendukung sistem kamu seperti iSeller. Dengan iSeller, kamu tidak perlu lagi pusing mendaftarkan pelanggan kamu secara manual untuk sistem membership. Kamu bisa mendaftarkan pelanggan kamu langsung dari aplikasi POS di tab kamu. Pelanggan yang terdaftar ini nantinya bisa kamu kelola untuk beragam benefit seperti diskon khusus.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengelola sistem gabungan membership dan poin loyalti karena kamu bisa memberikan poin khusus pelanggan yang terdaftar. Kamu bisa atur dengan sangat mudah berapa poin yang ingin diberikan dan kriteria pemberian poin yang akan langsung diterapkan ke POS kamu. Tidak perlu lagi mendata poin pelanggan secara manual karena poin akan terkumpul otomatis sesuai sistem yang kamu buat. Pelanggan bahkan bisa menggunakan poin yang terkumpul sebagai metode pembayaran loh dan kamu bisa atur sendiri nilai tukar poinnya.

Sekarang sudah saatnya kamu membuat pelanggan semakin jatuh cinta dengan toko kamu dengan sistem pengelolaan yang juga sangat mudah. Di dalam bisnis, produk dan harga bisa tersaingi dengan mudah. Namun, jika pelanggan sudah setia terhadap toko kamu, mereka tidak akan berpindah kemana-mana. Kunjungi juga yuk website iSeller untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk kami. Jangan lupa berlangganan dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: