Mulai Bisnis Pasca PSBB? Ini tipsnya!

PSBB yang perlahan dilonggarkan menciptakan peluang-peluang baru untuk berbisnis. Inilah saat yang tepat buat kamu yang ingin memulai kerajaan bisnis kamu sendiri. Untuk kamu yang mau memulai, #SahabatJualan kamu mau bagikan beberapa tips nih untuk mulai bisnis pasca PSBB. Apa saja? Yuk, simak bersama!

1. Pelajari tren bisnis saat ini

Pandemi Covid-19 menciptakan perubahan tren bisnis. Ada bisnis-bisnis yang awalnya sukses, namun kesulitan pada saat pandemi seperti contohnya bisnis travel. Namun, ada juga bisnis yang justru meraup banyak keuntungan di tengah situasi ini seperti contohnya bisnis peralatan kesehatan. Nah, sebelum kamu memulai bisnis, kamu mesti pelajari dulu tren bisnis saat ini dan apakah bisnis kamu cocok dijalankan di situasi seperti sekarang atau tidak.

2. Tentukan model bisnis yang mendukung social distancing

Walaupun PSBB sudah mulai dilonggarkan, bukan berarti pandemi ini sudah berakhir sepenuhnya. Social distancing harus tetap dijalankan di masyarakat untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Begitu pula dengan bisnis kamu. Kamu harus mulai memikirkan model bisnis yang tepat yang juga mendukung social distancing ini. Bisnis online menjadi salah satu pilihan model bisnis yang tepat karena bisa kamu jalankan dari rumah. Model self-service juga bisa kamu terapkan jika kamu ingin menjalankan bisnis offline sehingga mengurangi interaksi antar manusia di toko kamu.

3. Digitalisasi pembayaran bisnis kamu

Menentukan sistem pembayaran bisnis kamu merupakan langkah penting yang harus kamu pikirkan baik-baik. Disarankan bisnis kamu untuk menerapkan sistem pembayaran digital untuk mengurangi resiko penyebaran Covid-19 lewat uang tunai. Selain itu pembayaran digital lebih mudah dan juga aman digunakan terutama sistem digital wallet yang lagi nge-tren banget belakangan ini. Pelanggan hanya perlu handphone saja untuk membayar. Praktis untuk pelanggan dan juga bisnis kamu sendiri.

4. Gunakan platform penjualan digital

Jika kamu masih merasa ribet dan sulit dalam membangun sistem penjualan yang tepat, kamu bisa menggunakan platform penjualan digital seperti iSeller yang akan mempermudah semuanya. Mulai dari aplikasi POS yang gampang banget digunakan, website online yang terintegrasi langsung dengan POS kamu, hingga sistem pengelolaan keuangan semua sudah ada dalam 1 platform. Kamu sudah mendapatkan semua solusi yang dibutuhkan.

5. Tentukan media promosi yang cost-friendly

Setelah kamu memiliki sistem dan model bisnis yang tepat, saatnya memikirkan bagaimana akan mempromosikan bisnis kamu. Tentukan media promosi yang tidak terlalu memakan banyak biaya namun tetap efektif dijalankan. Salah satu media promosi yang umum digunakan adalah melalui social media karena selain jangkauannya luas, kamu juga tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya.

Sudah siapkah kamu memulai kerajaan bisnis kamu sendiri? Jangan takut melangkah karena yang paling penting dalam berbisnis adalah semangat untuk terus berinovasi dan pantang menyerah. Lagipula, ada #SahabatJualan kamu kok di sini yang siap membantu. Yuk, kunjungi website kami untuk melihat solusi yang kami tawarkan. See you in our next post!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: