Apa itu BOPIS? Pelajari Tren Bisnis Terbaru Ini!

Pernah dengar tentang BOPIS? BOPIS tren bisnis terbaru yang sudah mulai banyak diterapkan berbagai bisnis, terutama di tengah pandemi Covid-19 ini. BOPIS ini sendiri merupakan singkatan dari Buy Online, Pick-up In Store. Sesuai dengan namanya, sistem bisnis ini memungkinkan pelanggan untuk memesan produk online dan di ambil di toko kemudian. Ini merupakan perpaduan antara sistem online dan offline yang memiliki banyak manfaat bagi bisnis. Yuk, pelajari bersama!

1. Benefit sistem BOPIS

Sistem BOPIS ini memberikan banyak benefit baik bagi pelanggan maupun bagi pengusaha sendiri. Salah satu benefit utama adalah pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan produk yang diinginkan. Mereka tinggal datang ke toko atau restoran kamu sepulang kerja misalnya, lalu bisa langsung mendapatkan produk pesanan mereka yang memang sudah disiapkan. Lalu apa benefit bagi pengusaha?

Kesempatan upselling, kamu bisa jual lebih banyak

Berbeda dengan berjualan online biasa yang menggunakan jasa pengiriman untuk mengirim produk ke pelanggan, sistem BOPIS ini mendorong pelanggan untuk datang ke toko offline kamu untuk mengambil produk yang sudah dipesannya. Dengan begitu, kamu mendapatkan kesempatan lebih untuk menawarkan produk-produk lain atau dengan kata lain, upselling. Sebagai contoh, jika pelanggan memesan minuman Hot Milk, kamu bisa menawarkan produk lain seperti Cookies untuk teman minum susu kepada pelanggan saat mengambil produk. Penjualan kamu jadi meningkat deh.

Tidak perlu mengirimkan produk

Terkadang proses mengirimkan produk bisa terasa ribet terutama ketika toko atau restoran kamu sedang ramai-ramainya. Nah, sistem BOPIS ini membantu banget karena kamu tinggal menyiapkan produk yang dipesan pelanggan lalu tinggal tunggu pelanggan datang mengambil. Kamu tidak perlu lagi repot-repot memanggil jasa kurir pengiriman untuk mengirimkan produk ke pelanggan

Meningkatkan kepuasan pelanggan

Tidak dipungkiri bahwa kepuasan pelanggan adalah kunci utama dalam bisnis. Sistem BOPIS ini sangat membantu pelanggan dalam memesan karena mereka bisa mengecek ketersediaan produk terlebih dahulu dan membelinya secara online sebelum datang ke toko. Jadi, resiko pelanggan kecewa karena kehabisan produk saat sudah di toko atau restoran kamu akan berkurang. Jika kamu bisa menyiapkan produk pesanan mereka dengan baik (saat pelanggan datang produk sudah siap), dijamin kepuasan pelanggan akan pelayanan toko kamu akan meningkat!

2. Tips menerapkan sistem BOPIS di bisnis kamu

Dengan beragam benefit menarik seperti itu, kamu mungkin berpikir bahwa BOPIS ini akan ribet dijalankan. Eh, siapa bilang? Sebenarnya BOPIS ini sangat mudah saat kamu sudah mendapatkan sistem yang tepat dan tahu cara penerapannya. Kamu bisa ikuti tips-tips ini untuk menerapkan BOPIS di toko atau restoran kamu.

Siapkan pesanan dengan cepat

Ekspektasi pelanggan saat menggunakan sistem BOPIS ini adalah bahwa mereka akan mendapati produk pesana sudah siap diambil saat datang ke toko. Maka dari itu, kamu harus sigap dalam memproses pesanan pelanggan. Sebagai contoh untuk bisnis restoran, kamu harus segera memproses makanan atau minuman pesanan pelanggan. Jadi ketika pelanggan datang, tidak akan kecewa karena harus menunggu lama.

Gunakan alur terpisah dengan pelanggan biasa

Pelanggan yang membeli dengan sistem BOPIS pastinya tidak mau dong kalau harus ngantri panjang untuk masuk toko atau berjubelan dengan pelanggan lain hanya untuk mengambil produk yang dipesan. Maka dari itu, kamu harus menyediakan jalur khusus untuk pelanggan yang memesan dengan sistem BOPIS. Dengan demikian, walaupun toko atau restoran kamu sedang ramai, pelanggan BOPIS bisa langsung mengambil produk pesanannya tanpa kendala.

Pastikan produk dan bahan tersedia

Kamu harus pastikan bahwa produk yang dipesan pelanggan selalu tersedia. Jangan sampai saat pelanggan kamu datang mengambil barang, ternyata kehabisan. Pelanggan bisa kecewa berat. Terutama untuk bisnis restoran, kamu juga harus memastikan bahwa persediaan bahan untuk memproses makanan atau minuman pesanan pelanggan selalu tersedia. Caranya adalah dengan mengelola inventori produk dan bahan kamu dengan baik.

Gunakan website yang mendukung mobile ordering

Kelebihan utama BOPIS ini bagi pelanggan adalah kemudahan dalam memesan produk kapan saja. Maka dari itu, akan lebih baik jika website pemesanan kamu mendukung pemesanan lewat handphone. Karena pelanggan akan malas jika ingin memesan makanan atau pesan barang saja harus membuka laptop. Semakin mudah alur pemesanan online, semakin cinta juga pelanggan terhadap toko kamu.

Asik kan, menggunakan sistem BOPIS ini? Selain mempermudah kamu dalam menjalankan bisnis, pelanggan bisa mendapatkan pengalaman berbelanja online dan offline bersamaan. Supaya semakin mudah dalam menjalankan BOPIS ini, kamu bisa gunakan iSeller F&B Online Ordering. Kamu bisa rasakan berbagai kemudahan seperti pesanan online yang akan langsung masuk ke POS, hingga pengelolaan stok produk dan bahan yang tersentralisasi. Penjualan berjalan lancar, pelanggan pun senang. Langsung saja kunjungi website kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk dan layanan kami. See you in our next post!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: