Apa Itu Bisnis O2O? Pelajari Benefit dan Penerapannya!

Jika kamu pernah mendengar tentang bisnis O2O atau Online to Offline, kamu mungkin bertanya-tanya maksudnya apa sih? Model bisnis ini memang belum terlalu awam di Indonesia, namun bukan berarti bisnis O2O ini tidak layak dicoba. Justru bisnis O2O ini bisa menjadi solusi peningkatan penjualan bagi pengusaha karena memiliki banyak benefit. Seperti apa sih bisnis O2O ini dan penerapannya? Simak bersama!

Bisnis yang Melibatkan Multi-Channel

Selama ini kita mengetahui yang namanya bisnis online atau bisnis offline. Bisnis online adalah yang melibatkan penjualan lewat toko online seperti website atau marketplace. Sementara bisnis offline adalah bisnis yang dijalankan dari toko fisik seperti di ruko atau di mall-mall. Nah, beda cerita dengan bisnis O2O. Bisnis O2O ini justru melibatkan keduanya, channel penjualan online dan offline bersamaan dalam suatu pengelolaan yang tersentraliasasi. Banyak sekali contoh penerapannya. Yang paling umum adalah pembelian barang secara online untuk di ambil di toko offline (BOPIS). Bisa juga dengan menggunakan katalog online atau bahkan penggunaan digital self-service kiosk juga bisa dianggap sebagai O2O.

Benefit bisnis O2O

Bisnis O2O memiliki banyak sekali benefit yang bisa dibilang merupakan solusi pemecahan masalah bisnis single channel. Dengan menggabungkan kedua channel bersamaan, pebisnis bisa mendapatkan kelebihan dari masing-masing channel dengan lebih baik. Berikut adalah beberapa benefit yang bisa kamu dapatkan dari bisnis O2O:

  • Pengelolaan bisnis lebih terdigitalisasi. Dengan menggunakan channel penjualan online, pengelolaan data penjualan bisnis kamu lebih terdigitalisasi, lebih rapi dan sistematis.
  • Jangkauan channel promosi lebih luas. Jika kamu hanya menjual secara offline, jangkauan penjualan dan promosi toko kamu lebih terbatas. Dengan menerapkan channel online juga, kamu bisa memperluas jangkauan toko kamu.
  • eCatalog untuk pelanggan. Bisnis online biasanya melibatkan eCatalog yang bisa pelanggan gunakan untuk mengecek produk-produk yang dijual secara online. Pelanggan jadi bisa paham produk kamu tanpa harus cek ke toko fisik.
  • Permudah pelanggan melakukan pembelian. Dengan menerapkan toko online, pelanggan kamu tidak hanya bisa cek produk namun bisa membeli langsung. Tentunya akan sangat mempermudah proses pembelian.
  • Bisa mendapatkan data pelanggan. Kamu juga bisa mendapatkan data kontak pelanggan dari email dan nomor telp yang didaftarkan saat mereka membeli online. Kamu jadi bisa membagikan program toko kamu kepada mereka.

Tips Penerapan Bisnis O2O dengan Mudah

Setelah kamu mengetahui benefit-benefit dari bisnis O2O ini, saatnya kamu mempelajari tips penerapannya yang tanpa ribet. Cara paling mudah adalah, kamu bisa menggunakan platform penjualan yang mendukung penjualan online dan offline bersamaan seperti iSeller. Platform penjualan omni-channel inilah yang akan menjadi solusi total penerapan bisnis O2O. Simak solusi-solusi yang kami tawarkan berikut.

1. Bisa punya website dan jalankan toko fisik bersamaan

Yep, kamu bisa mendapatkan 2 sistem penjualan sekaligus yaitu website untuk berjualan online dan sistem POS untuk toko fisik kamu. Untuk membuat websitenya bahkan kamu tidak perlu coding atau hire jasa programmer. Kamu bisa membangun website kamu sendiri. Asiknya lagi, online store kamu ini sudah terintegrasi dengan POS kamu. Jadi, tidak perlu kebingungan lagi saat mulai menerapkan O2O ini di bisnis kamu.

2. Sistem tersentralisasi antara online dan offline

Kamu juga tidak perlu pusing menyamakan data-data produk dan penjualan antar channel. iSeller sudah memiliki sistem yang tersentralisasi mulai dari list produk, harga, hingga stok produk atau inventori. Sebagai contoh, kalau ada penjualan 1 tas di channel online, stok tas kamu di POS juga akan otomatis berkurang 1. Kamu bahkan bisa dapatkan laporan penjualan lengkap per channel penjualan sehingga kamu bisa memantau performa setiap channel dengan baik.

3. Mendukung sistem BOPIS

Sistem pembelian online untuk diambil di toko fisik juga sudah didukung iSeller loh. Pelanggan bisa membeli produk dari website kamu untuk kemudian diambil sendiri ke toko fisik. Sistem ini akan sangat membantu pelanggan yang malas menunggu delivery produk. Praktisnya lagi, iSeller bisa akan memberikan notifikasi pesanan masuk dari channel online langsung ke POS kamu sehingga kamu bisa sigap menyiapkan barang pesanan untuk diambil. Pelanggan pun bisa mendapatkan notifikasi ketika barang sudah siap. Sistem notifikasi 2 arah ini akan sangat membantu kamu menjalankan bisnis O2O.

Apa kamu sudah mulai tertarik menjalankan bisnis O2O bersama #SahabatJualan kamu? Kamu bisa langsung saja daftarkan toko kamu sekarang juga atau kunjungi website kami untuk mempelajari lebih lanjut. Jangan lupa selalu berlangganan blog ini untuk mendapatkan berbagai tips-tips bisnis menarik lainnya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: