Terapkan Social Distancing di Restoran Kamu dengan Tips Berikut!

Di tengah New Normal sekarang ini, bisnis restoran mendapatkan dampak yang paling besar. Bagaimana tidak, restoran adalah tempat dimana pelanggan justru harus membuka masker dan face shield mereka untuk makan. Tidak mungkin dong pelanggan kamu makan dengan masker menutupi wajah. Karena itu resiko penyebaran virus jadi lebih tinggi di dalam restoran.

Kamu yang memiliki bisnis restoran saat ini harus memutar otak untuk menerapkan social distancing di restoran mereka tanpa mengurangi kenyamanan pengunjung. Kamu juga harus bisa mengelola sistem social distancing yang diterapkan dengan baik supaya operasional kamu tidak terganggu. Nah, kalau kamu bingung cara menerapkan social distancing di bisnis restoran kamu, simak yuk beberapa ide dari #iSellerCare yang mungkin bisa kamu terapkan!

1. Kurangi kapasitas meja dengan sticker

Source: https://presto.com/2020/04/15/what-will-social-distancing-in-restaurants-look-like/

Cara paling simple dalam menerapkan social distancing adalah dengan membatasi kapasitas meja. Supaya tidak ribet, kamu bisa menempelkan sticker di meja untuk menandai spot yang tidak boleh diduduki. Kamu bisa berkreasi dengan sticker apa saja, namun yang paling umum adalah sticker X atau tanda silang karena pengunjung bisa langsung memahami kalau spot tersebut tidak bisa diduduki. Kamu bisa mengurangi kapasitas meja hingga setengah kapasitas awal sehingga social distancing tetap terjaga meski duduk dalam 1 meja yang sama.

2. Atur jarak antar meja minimal 2 meter

Kamu juga bisa mengatur jarak antar meja di restoran kamu minimal 2 meter untuk mengurangi kontak fisik dengan orang lain di meja sebelah. Selain lebih lega, jarak 2 meter ini juga aman sebagai jalur pengunjung berjalan tanpa harus bersinggungan dengan orang lain. Jika kamu memiliki waiter atau pelayan pun tidak akan takut bersinggungan dengan pengunjung saat sedang mengantarkan pesanan.

3. Lebih aman dengan pembatas plastik

Source: https://www.latimes.com/business/story/2020-05-06/reopening-economy-restaurants-retail-movies-sports

Jika kamu ingin pelanggan restoran kamu lebih aman dari droplet, kamu juga bisa memasang pembatas plastik di setiap meja. Selain memberikan pengalaman makan yang lebih eksklusif kepada pelanggan, mereka juga akan merasa lebih aman saat makan karena aman dari droplet pengunjung lain. Kalau ingin lebih unik lagi, kamu bisa membuat ruangan-ruangan kecil yang bisa pengunjung gunakan.

4. Pengalaman makan unik dan aman dengan boneka

Source: https://www.instagram.com/zhenyang39108/

Untuk memberikan pengalaman yang unik dan berkesan kepada pelanggan, kamu bisa menerapkan ide ‘boneka teman makan’ yang sudah diterapkan oleh beberapa restoran di Jepang. Dibanding menggunakan stiker X untuk menandai spot yang tidak boleh diduduki, kamu justru bisa meletakkan boneka di spot tersebut seolah-olah boneka tersebut adalah teman makan pelanggan. Selain lucu dan unik, ide seperti ini pasti akan berkesan bagi pelanggan dan bisa jadi pelanggan justru akan berfoto bersama boneka kamu dan membagikannya di social media. Psst, kamu bisa menggunakan boneka yang menggambarkan restoran atau cafe kamu loh, misalnya boneka bentuk coffee cup berlogo cafe kamu!

5. Atur meja pelanggan dengan iSeller Table Layout

Supaya operasional restoran kamu tetap lancar walaupun banyak pembatasan dari sisi tempat duduk pelanggan, kamu bisa menggunakan sistem penjualan digital yang mendukung fitur pengelolaan meja seperti iSeller. Kamu bisa menikmati mudahnya mengelola meja pelanggan dengan fitur Table Layout langsung dari POS kamu, mulai dari pengaturan kapasitas meja hingga posisi duduk pelanggan. Kamu bahkan bisa mengetahui pesanan di setiap posisi meja, sehingga pelayan kamu tidak perlu pusing mencari meja saat mengantar pesanan.

Selalu ada solusi mudah untuk setiap keadaan. Jadi, untuk kamu pelaku bisnis F&B jangan menyerah dulu. Ciptakan ide-ide kreatif untuk restoran kamu dan untuk penerapannya, #SahabatJualan kamu disini akan membantu. Yuk, kunjungi website kami untuk mempelajari berbagai solusi menarik lainnya. Jangan lupa ya untuk berlangganan blog ini untuk mendapatkan tips-tips bisnis menarik. See you in our next post!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: