QRIS: Pembayaran Kekinian untuk New Normal

Penggunaan pembayaran digital semakin diminati saja terutama selama masa-masa New Normal seperti sekarang ini. Masyarakat jadi cenderung mengurangi penggunaan uang cash/tunai jika tidak benar-benar diperlukan dan mulai beralih ke pembayaran digital wallet. Di antara banyak digital wallet populer saat ini, ada 1 sistem yang menaungi mereka semua yaitu sistem QRIS atau Quick Response code Indonesian Standard. Nah, sistem ini oke banget untuk diterapkan saat New Normal seperti ini. Kenapa sih? Simak lebih lanjut!

Direkomendasikan oleh Bank Indonesia

Dilansir dari Kompas, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warijyo mendorong para pelaku UMKM untuk menggunakan QRIS di tengah New Normal sekarang ini. Perry menjelaskan bahwa UMKM sekarang ini harus mencari cara-cara baru dalam menjalankan bisnis, salah satunya dengan digitalisasi. Perry juga mengatakan, “Kita akan mendorong pasar-pasar tradisional, para petani, nelayan dan UMKM untuk melakukan digitalisasi pembayaran QRIS. Kita dorong mereka bukan hanya untuk memperbaiki inklusi keuangannya tapi juga inklusi ekonomi kita.” Lalu, benefit apa sih yang bisa didapatkan dari sistem QRIS ini?

Cukup 1 QR untuk Semua Jenis Pembayaran

Jika sebelumnya kamu harus menyediakan beberapa QR atau bahkan EDC yang berbeda-beda di setiap pembayaran, dengan QRIS ini kamu hanya membutuhkan 1 QR saja untuk semua metode. Dengan sistem sentralisasi seperti ini, proses pembayaran akan jadi sangat mudah dan praktis. Resiko terjadinya error karena jaringan pun bisa diminimalisir.

Contactless, Lebih Aman Saat New Normal

Pembayaran dengan QRIS ini dapat mengurangi kontak fisik antara pelanggan kamu dengan kasir. Pelanggan bahkan tidak perlu menyentuh apapun selain smartphone pribadi yang digunakan untuk membayar. Hanya tinggal scan QR code saja langsung dari handphone pelanggan dan selesai. Tidak perlu uang tunai bahkan tidak perlu kartu juga. Sangat praktis dan aman diterapkan di tengah New Normal.

Tidak Perlu Input Nominal Pembayaran

QR code yang digunakan untuk sistem QRIS ini ada 2 macam. Ada Static QR dan Dynamic QR. Bedanya adalah dari segi penggunaannya. Untuk Static QR, pelanggan kamu harus memasukkan nominal pembayaran secara manual saat melakukan pembayaran. Namun, untuk Dynamic QR, semua lebih terdigitalisasi karena pelanggan tidak perlu input nominal secara manual. Resiko kesalahan pembayaran jadi lebih kecil dan praktis untuk kamu dan pelanggan.

iSeller Pay QRIS, Cara Mudah Terapkan QRIS

Kamu tidak perlu bingung cara mengaktifkan QRIS di toko kamu. iSeller sekarang sudah mendukung sistem QRIS loh, jadi pelanggan kamu bisa melakukan pembayaran dengan QRIS langsung dari POS kamu. iSeller Pay QRIS juga mendukung dynamic QR jadi bakal lebih praktis. Kamu juga tidak perlu repot-repot mengadakan kerjasama manual dengan masing-masing metode pembayaran karena iSeller sudah mengurus semuanya. Hanya tinggal aktifkan saja dan selesai!

Yuk, mulai terapkan metode pembayaran digital modern ini di toko kamu supaya bisnis kamu makin praktis dan kekinian. Selain sistem QRIS, kamu juga bisa dapat banyak sekali benefit dari penggunaan platform penjualan digital iSeller ini. Kunjungi saja website kami jika kamu ingin tahu lebih lanjut. Jangan mau ketinggalan zaman, buat pelanggan senyaman mungkin saat berbelanja dan buat mereka semakin jatuh cinta sama toko kamu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: