Cara Menerapkan Contactless Dining di Restoran Kamu

Pernah tidak kamu bayangkan kalau restoran kamu bisa berjalan secara digital bahkan bisa mengurangi kebutuhan pelayan restoran secara signifikan? Bisa juga dibilang sebagai restoran modern. Yep, kamu bisa banget mewujudkan visi restoran modern ini ke restoran kamu. Tenang, kamu tidak perlu robot kok untuk punya restoran yang bisa berjalan secara digital. Lalu bagaimana caranya? Terapkan contactless dining. Yuk, pelajari cara penerapannya?

Apa itu Contactless Dining

Contactless dining itu sistem yang memungkinkan pelanggan kamu bisa pesan makanan dan makan di tempat tanpa harus melakukan banyak interaksi antar manusia. Jadi, ketika pelanggan datang, mereka tidak memerlukan bantuan pelayan atau waiter/waitress lagi untuk melakukan transaksi pembelian. Pelanggan bisa membuka menu sendiri, pesan sendiri, bayar sendiri dan ambil makanan sendiri. Dengan begitu, kamu tidak perlu membayar terlalu banyak karyawan sebagai waiter/waitress.

Alurnya seperti apa sih?

Alurnya sederhana kok. Kamu bisa menggunakan QR code di meja restoran kamu yang bisa digunakan pengunjung untuk scan menggunakan handphone. Lalu di handphone pengunjung akan terbuka website eMenu yang bisa digunakan untuk memesan makanan. Selanjutnya pengunjung bisa lakukan pembayaran dari handphone dan data pesanan akan langsung diteruskan ke bagian kasir secara otomatis untuk diproses lebih lanjut. Setelah makanan/minuman selesai diproses, kamu bisa meletakkan makanan di konter pick-up. Pengunjung bisa dapatkan notifikasi pesanan selesai dan akhirnya tinggal ambil makanan di konter pick-up yang disediakan. Kamu jadi tidak perlu lagi mempekerjakan terlalu banyak pelayan untuk melayani order dan mengantarkan makanan.

Punya banyak benefit untuk restoran kamu

Contactless dining ini punya banyak benefit untuk bisnis kamu. Pertama, sistem ini contactless. Jadi mengurangi interaksi antar manusia dengan signifikan. Bisa dibilang, pelayan restoran kamu tidak perlu lagi melayani masing-masing pembeli. Alur seperti ini sangat aman untuk diterapkan di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Yang kedua, sistem self-service ini bisa mengurangi cost karyawan bisnis restoran kamu secara signifikan. Karena fungsi pelayan restoran sudah sebagian besar terpenuhi, kamu jadi tidak perlu mempekerjakan terlalu banyak pelayan dalam 1 restoran. Kamu mungkin hanya butuh beberapa untuk melayani pelanggan yang melakukan pertanyaan seputar produk dan restoran kamu, mengarahkan pelanggan ke konter pick-up, atau pekerjaan lain yang membutuhkan campur tangan manusia.

Ketiga, kamu bisa memberikan pengalaman makan yang berbeda kepada pelanggan kamu. Tidak seperti restoran lain yang menerapkan sistem manual dalam memesan makanan, kamu memberikan pengalaman digital untuk pelanggan kamu. Ini bisa menjadi suatu selling point restoran kamu, serta menjadi salah satu yang bisa diingat pelanggan karena keunikannya.

Keempat, pengelolaan restoran kamu jadi serba otomatis. Kesalahan atau kecurangan yang mungkin terjadi jika menggunakan sistem manual bisa diminimalisir. Kamu jadi bisa menjalankan restoran kamu dengan lebih tenang.

Wujudkan sekarang dengan iSeller F&B Online Ordering

Siapa bilang kamu tidak bisa mewujudkannya? Ada #SahabatJualan kamu disini yang siap membantu kamu mewujudkan restoran modern bayangan kamu. Kamu bisa mencoba iSeller F&B Online Ordering. Tidak hanya kamu akan punya website eMenu yang bisa digunakan pelanggan untuk pesan makanan, F&B Online Ordering juga sudah mendukung fitur table QR, pembayaran terlengkap hingga notifikasi pesanan selesai. Website restoran ini bahkan sudah terhubung dengan iSeller POS yang digunakan di kasir supaya mudah dalam memproses pesanan.

Nah, sekarang adalah waktunya kamu mewujudkan bayangan tersebut jadi kenyataan. Mulai bangun restoran modern kamu sendiri dan bawa restoran kamu ke level selanjutnya. Kunjungi halaman F&B Online Ordering ini untuk kamu mempelajari lebih lanjut tentang fitur-fiturnya. Ingin tips-tips bisnis lainnya? Jangan lupa berlangganan blog kami ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: