5 Strategi Promosi Buat Bisnis Kamu

Pernah bayangin ga kalau ada permata, begitu indah, begitu berkualitas dan dibutuhkan semua orang. Tapi keberadaannya tersembunyi, sehingga orang yang membutuhkan bahkan tidak mengetahui eksistensinya. Sedih banget ga sih? Yep, itu yang akan terjadi pada bisnis kamu jika kamu membangun bisnis tanpa promosi. Sepenting itulah memiliki strategi promosi yang bagus saat menjalankan bisnis. Sebagus apapun store kamu, sebagus apapun produk kamu, kalau orang-orang bahkan tidak tahu kalau bisnis kamu ‘ada’, ya percuma.

Strategi promosi bagi setiap bisnis itu berbeda-beda, tergantung tipe bisnis dan kebutuhan promosi itu sendiri. Nah, di kesempatan kali ini #SahabatJualan kamu mau membagikan beberapa tips yang mungkin bisa kamu terapkan sebagai strategi promosi di bisnis kamu. Cus, disimak!

1. Manfaatkan Social Media

Sekarang ini hampir semua orang menggunakan social media, atau setidaknya tahu. Nah, ini bisa jadi media promosi yang efektif banget buat kamu karena kamu bahkan bisa menggunakannya secara gratis. Jika kebutuhan promosi kamu cukup besar, kamu juga bisa menggunakan layanan promosi berbayar social media juga yang biayanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan target pasar kamu. Oke banget kan?

2. Kumpulkan Data Customer

Data customer itu sangat penting untuk perkembangan bisnis kamu. Kenapa sih? Karena dengan mengumpulkan data customer kamu bisa mengirimkan informasi program promosi kepada mereka. Bisa melalui email, nomor telepon, ataupun kontak lainnya yang mereka berikan. Kamu juga bisa melakukan survei pelanggan dengan cara mengirimkannya melalui email atau SMS.

3. Gunakan Video Sebagai Media Promosi

Sekarang ini orang-orang lebih suka menonton video daripada membaca artikel atau promosi text. Sehingga bisa dibilang kalau promosi menggunakan video sebagai media merupakan cara yang sangat efektif untuk menggaet penonton. Penonton akan lebih tertarik melihat promosi yang dikemas dalam bentuk tontonan terutama jika video tersebut dibuat dengan kreatif sehingga penonton tidak akan bosan menontonnya.

4. Ciptakan Program Promosi yang Menarik

Kamu juga harus bisa menciptakan program promosi menarik seperti misalnya diskon besar-besaran atau menggunakan sistem cashback yang lagi populer belakangan ini. Dengan program promosi yang menarik, pelanggan akan tertarik untuk datang dan membeli produk kamu hanya untuk mendapatkan benefit dari promosi yang kamu jalankan. Tidak masalah. Walaupun pelanggan membeli produk kamu hanya untuk benefit dari promosi, bisa jadi setelah membeli pelanggan jadi menyukai produk kamu dan akan terus membeli produk kamu di masa yang akan datang.

5. Permudah Pengelolaan Program Promosi Dengan Sistem Digital

Kamu juga bisa loh menggunakan sistem digital untuk mempermudah kamu dalam mengelola program promosi toko kamu. Terkadang jika kamu memiliki banyak program promosi kamu akan pusing untuk mengelolanya. Mana promosi yang aktif dan mana promosi yang sudah tidak diperlukan. Belum lagi menyamakan program promosi kamu dengan penjualan. Bisa jadi karyawan kamu lupa kalau ada promosi di hari itu dan akhirnya memberikan informasi yang salah kepada pelanggan. Kamu enggak mau hal itu kejadian bukan?

Supaya semakin mudah dalam mengelola program promosi dan penjualan, kamu bisa banget menggunakan sistem penjualan yang sudah mendukung fitur promosi. Salah satunya adalah iSeller. Dengan menggunakan sistem iSeller ini, kamu bisa mengatur jenis promosi apa pun yang ingin kamu buat untuk toko kamu yang akan langsung disinkronisasikan dengan sistem POS sehingga akan mengurangi resiko kesalahan oleh karyawan. Asik banget kan?

Nah sekarang kamu udah nggak perlu pusing lagi dalam mengelola promosi toko kamu. Kamu bisa ciptakan strategi promosi sekreatif mungkin tanpa takut pengelolaannya menjadi berantakan. Kalau kamu penasaran ingin mencoba, kamu hanya tinggal mendaftarkan saja toko kamu di website kami. Jangan lupa berlangganan blog kami dan sampai jumpa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: