Tertarik Bangun Bisnis Foodcourt? Simak Tipsnya!

Bisnis foodcourt merupakan salah satu bisnis yang diminati belakangan ini, karena dengan pengelolaan yang tepat, bisnis ini dapat berkembang pesat. Walaupun saat ini sedang masa pandemi Covid-19, bukan berarti menutup kemungkinan kamu untuk membangun bisnis foodcourt kamu sendiri. Pelajari tips-tips dari #SahabatJualan kamu untuk membangun bisnis foodcourt yang oke!

1. Pilih lokasi yang bagus

Lokasi merupakan poin penting saat membangun bisnis foodcourt. Bisnis foodcourt ini identik dengan konsep makan dine-in sehingga usahakan untuk tidak memilih lokasi yang berada di zona merah. Tapi, kamu juga harus pastikan lokasi yang kamu pilih itu strategis dan mudah di jangkau. Justru faktor strategis ini lah yang lebih penting dari pada sekadar menghindari zona merah. Karena pastinya kamu mau bisnis foodcourt kamu ini bertahan bertahun-tahun bukan? Sementara pandemi ini hanya sementara dan diharapkan berakhir dalam waktu dekat. Jadi, memiliki lokasi yang strategis akan lebih membantu bisnis kamu dalam waktu lama.

2. Tentukan sistem yang tepat

Punya bisnis foodcourt berarti kamu menyewakan lokasi untuk berjualan kepada tenant-tenant. Nah, kamu harus tentukan sistem penyewaannya. Ada dua sistem yang umum digunakan. Pertama adalah sistem bagi hasil, yang kedua adalah sistem biaya sewa. Sistem bagi hasil itu biasanya didasarkan oleh penghasilan setiap tenant dengan persentase yang sudah disetujui. Misalnya 10% atau 20%. Penghasilan kamu akan berbeda-beda tergantung penjualan tenant tersebut. Semakin penjualan tenant tersebut bagus, semakin besar juga pendapatan kamu.

Kalau kamu kurang suka pendapatan yang berubah dan tidak pasti, kamu bisa menerapkan sistem biaya sewa. Kamu bisa mematok harga sewa per bulan atau per tahun yang disesuaikan oleh kebutuhan bisnis kamu. Dengan begitu kamu akan mendapatkan pendapatan pasti dari tenant kamu. Kedua sistem ini pastinya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, terapkan sistem yang memang cocok dengan bisnis kamu.

3. Buat foodcourt kamu senyaman mungkin

Selanjutnya kamu harus memastikan foodcourt kamu itu nyaman. Pastikan tidak berantakan, apalagi kotor. Juga jangan sampai foodcourt kamu itu panas, gunakan air conditioner jika diperlukan. Jangan sampai berbau tidak sedap juga. Jika kamu menggunakan musik, jangan terlalu bising sehingga membuat pengunjung susah mengobrol. Intinya, buat pengunjung senyaman mungkin. Dengarkan juga yaa jika ada feedback dari pengunjung.

4. Berikan program dan fasilitas menarik

Salah satu cara menarik pengunjung untuk makan di foodcourt kamu adalah dengan memberikan program dan fasilitas menarik seperti live music, karaoke bar, atau fasilitas main anak-anak. Dekorasi yang menarik juga akan menarik pengunjung loh, bahkan mereka bisa berfoto-foto yang di share ke social media. Ini tentunya merupakan exposure tambahan untuk bisnis kamu bukan?

5. Gunakan sistem digital

Supaya pengelolaan foodcourt kamu semakin mudah, kamu bisa menggunakan sistem digital yang sudah mencakup sistem penjualan dan manajemen tenant seperti salah satunya iSeller. Dengan POS iSeller, tenant-tenant kamu dapat berjualan dengan lebih mudah dan semua data transaksi bisa kamu pantau secara sentralisasi. Ini bakal membantu banget buat kamu yang ingin menggunakan sistem bagi hasil. Ga perlu pusing lagi deh mengelola penjualan tenant-tenant kamu!

6. Sediakan sistem pemesanan online

Selama masa pandemi Covid-19 ini, bakalan bagus banget kalau foodcourt kamu bisa menyediakan sistem pemesanan online, dimana pelanggan bisa pesan makanan dari tenant-tenant yang ada di foodcourt kamu dalam 1 website. Nah, kamu bisa coba iSeller F&B Online Ordering yang sudah mendukung fitur multi-tenant. Pelanggan bisa pesan dan bayar dari rumah, langsung dari handphone masing-masing. Makanannya? Bisa diantar loh karena iSeller sudah terintegrasi dengan berbagai kurir pengiriman.

Asik kan, menjalankan bisnis foodcourt ini? Jangan ragu-ragu lagi, kalau kamu memang punya passion di bidang bisnis kuliner, bisa langsung coba konsep foodcourt ini loh! Butuh sistem yang tepat? Tenang saja, #SahabatJualan kamu siap membantu. Nah, jangan lupa untuk mengunjungi website kami untuk tahu lebih lanjut tentang fitur-fitur iSeller. See you!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: