Customer Story – ABOVE, Inovasi Baru Bisnis Sayuran

Kalau kamu denger kata ‘jualan sayuran’ atau ‘beli sayur’ apa yang kira-kira ada di pikiran kamu? Rata-rata yang terbayang pasti adalah tukang sayur keliling, atau kios sayuran di pasar, atau toko dan supermarket yang ada di mall. Yep, memang rata-rata bisnis sayuran yang berjalan sekarang ini adalah bisnis offline. Tapi, Pak Reza, CEO dari ABOVE atau A Box of Vegetables berhasil membuktikan bahwa bisnis sayur juga bisa dijalankan secara online!

Peluang yang tercipta dari kondisi pandemi

Pandemi Covid-19 yang saat ini sedang menimpa seluruh dunia, banyak menimbulkan kerugian bagi para bisnis. Banyak bisnis yang mengalami penurunan pendapatan, bahkan banyak juga bisnis yang tutup. Namun, tidak sedikit juga pengusaha yang justru menemukan peluang bisnis di tengah kondisi seperti ini. Ya, Pak Reza adalah salah satunya.

Bermula dari gaya hidup masyarakat sekarang ini yang mengutamakan gaya hidup sehat di tengah pandemi, beliau ingin memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk membeli sayur dan buah-buahan segar tanpa harus keluar rumah sehingga mengurangi resiko penyebaran virus. Selain itu Pak Reza juga ingin memberikan platform berjualan produk hasil bumi Indonesia dari para petani sehingga tercetuslah ide berjualan sayur online ini.

Cara Baru Berjualan Sayur

Membangun bisnis sayuran online bukanlah sesuatu yang instan. Berawal dari penjualan konvensional melalui pesan WhatsApp, Pak Reza mulai mengembangkan bisnisnya sedikit demi sedikit hingga bisa berkembang seperti sekarang dimana ABOVE sudah memiliki website pemesanan sendiri serta juga bisa ditemui di berbagai platform eCommerce di Indonesia. Dalam membangun website online storenya sendiri pun Pak Reza memilih untuk mempercayakannya kepada iSeller, sehingga beliau tidak perlu lagi repot-repot membangun website dari nol.

Tips mengelola bisnis sayuran online

Mengelola bisnis online sayuran ini juga bukannya tanpa tantangan. Sayuran dan buah-buahan, seperti yang umum diketahui, tidak terlalu tahan lama. Namun, dengan management produk dan inventaris yang tepat, ABOVE bisa selalu menjamin bahwa produk yang dikirimnya merupakan produk segar. Hal ini tidak terlepas dari sistem penjualan digital yang digunakan ABOVE sendiri yaitu iSeller yang sudah memiliki fitur laporan penjualan dan sistem inventaris yang lengkap.

Dengan selalu memantau penjualan setiap harinya, Pak Reza jadi bisa mengetahui performa penjualan setiap produknya. Dari sana, terbentuklah strategi pengelolan inventaris, dimana supply produk yang sedang ‘high-demand’ akan diprioritaskan dan dipastikan untuk tidak berlebihan dalam supply produk. Ini sangat membantu ABOVE dalam mengelola produk-produknya.

ABOVE sudah membuktikan bahwa dengan platform penjualan dan manajemen yang tepat, bisnis sayuran bisa dijalankan secara online. Sekarang giliran kamu. Apa ide bisnis kamu? Kembangkan saja bersama #SahabatJualan kamu disini. Langsung saja yuk kunjungi website kami untuk melihat berbagai solusi bisnis yang iSeller tawarkan. Jangan lupa berlangganan blog kami, and see you in our next post!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: