4 Tips Mengelola Keuangan Bisnis dengan Lebih Mudah

Salah satu aspek terpenting dalam bisnis adalah pengelolaan keuangan. Jika kamu tidak bisa mengelola keuangan bisnis dengan baik, atau jika pengelolaan keuangan bisnis kamu berantakan, maka bisnis kamu akan sulit berkembang. Mengelola keuangan tidak seribet yang kamu bayangkan kok. Kali ini #SahabatJualan kamu mau membagikan 4 tips untuk mengelola keuangan bisnis kamu dengan lebih mudah!

1. Buat rekening terpisah

Banyak orang yang kebingungan mengatur keuangan bisnisnya karena tidak memisahkan antara rekening pribadi dengan rekening bisnis. Pendapatan dan pengeluaran jadi tercampur aduk dan sulit untuk memantau situasi keuangan bisnis secara keseluruhan. Jika kamu masih memiliki rekening gabungan, pisahkan sekarang dan buat rekening khusus bisnis kamu sendiri.

2. Pantau cashflow bisnis kamu

Salah satu cara menilai situasi keuangan bisnis secara keseluruhan adalah dengan memantau cashflow atau arus keluar masuk bisnis kamu. Dengan memantau cashflow bisnis kamu, kamu bisa melihat apakah ada kemacetan di keuangan perusahan kamu sehingga kamu bisa mengambil tindakan untuk memperbaikinya. Kamu juga bisa melihat jika ada peningkatan yang bisa mempengaruhi strategi bisnis selanjutnya.

3. Selalu pantau laporan laba-rugi

Selain memantau cashflow, kamu juga bisa membuat dan pantau laporan laba-rugi perusahaan kamu. Manfaatnya banyak, kamu bisa melihat kinerja perusahaan selama ini, kamu juga bisa memantau apakah perusahaan kamu mengalami untung atau justru rugi. Kamu juga jadi bisa lebih cepat mengidentifikasi adanya resiko yang dihadapi jika ada masalah di keuangan kamu. Dengan begitu, tidak akan terlalu terlambat untuk diperbaiki.

4. Gunakan sistem digital untuk mempermudah pengelolaan

Supaya kamu tidak perlu secara manual mengelola seluruh data transaksi dan penjualan, kamu bisa menggunakan sistem penjualan yang sudah terintegrasi dengan sistem akuntansi seperti iSeller. Dengan integrasi iSeller dengan platform akuntansi Accurate dan Jurnal, kamu bisa dengan sangat mudah mengelola keuangan secara digital.

Tidak seribet yang kamu bayangkan kan? Yang terpenting adalah tetap menjaga agar setidaknya perusahaan kamu tidak merugi secara konsisten. Untuk semakin mempermudah pengelolaan bisnis kamu, kamu bisa gabung jadi salah satu sahabat iSeller loh dengan mendaftarkan toko kamu di website kami. Jangan lupa yaa untuk berlangganan blog kami and see you in our next post!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: