Customer di Restoran Kamu Berkurang Saat Pandemi? Cek Tipsnya!

Di tengah pandemi Covid19 saat ini, banyak orang yang takut bepergian keluar rumah. Hal ini menyebabkan banyak bisnis restoran yang kehilangan customer hanya karena para customer tersebut takut terpapar virus Covid19 jika dine-in di restoran. Tapi, bukan berarti tidak ada solusi loh. Cek yuk, beberapa tips berikut ini!

1. Kurangi kontak fisik di restoran kamu dan terapkan social distancing

Salah satu cara penyebaran Covid19 adalah melalui kontak fisik dan interaksi yang langsung yang berdekatan. Bisa bermacam-macam mulai dari sentuhan fisik, mengobrol tanpa menggunakan masker, hingga menggunakan benda yang tersentuh orang lain. Lalu apa relevansinya dengan restoran kamu? Banyak, karena bagaimana pun tidak bisa dipungkiri bahwa restoran dan tempat makan adalah tempat paling beresiko dalam penyebaran Covid19. Bayangkan saja, kegiatan umumnya yang dilakukan di restoran. Lepas masker karena mau makan, mengobrol saat makan, membuka-buka buku menu yang sudah dipegang banyak orang, atau bahkan pembayaran menggunakan uang cash. Hal-hal ini lah yang membuat risiko penyebaran virus di restoran jadi lebih tinggi.

Yang harus kamu lakukan simple saja, kurangi kontak fisik di restoran kamu. Kita melawan sesuatu yang tidak terlihat mata, akan sulit kalau kamu ingin eliminasi total. Tapi setidaknya kamu bisa menerapkan social distancing untuk mengurangi risiko yang ada. Caranya bagaimana? Banyak. Kamu bisa terapkan batas pengunjung per meja, kamu bisa gunakan pembatas plastik, bahkan kamu bisa menggandeng teknologi digital untuk mempermudah proses pemesanan dan pembayaran. Dengan cara ini, pengunjung tidak akan terlalu takut lagi makan di restoran kamu!

2. Gunakan eMenu dan Pembayaran Digital

Salah satu teknologi digital yang lagi tren saat ini adalah menu digital atau eMenu. Dengan eMenu pelanggan kamu tidak perlu lagi membuka buku menu fisik untuk memesan makanan. Apalagi jika sistem eMenu yang kamu gunakan sudah mendukung sistem pemesanan dan pembayaran digital juga. Pelanggan kamu jadi tidak perlu lagi melakukan pemesanan manual dan pembayaran ke kasir sehingga sistem seperti ini sangat cocok sebagai solusi dine-in di restoran kamu!

3. Terapkan sistem pemesanan online dan delivery

Bagaimana jika kamu sudah menerapkan semua itu tapi pelanggan masih lebih memilih untuk tidak keluar rumah? Kamu bisa menerapkan sistem pemesanan online dan delivery loh, jadi pelanggan kamu tetap bisa menikmati makanan tanpa harus datang ke restoran kamu. Banyak penyedia sistem yang menawarkan sistem pemesanan online dan delivery saat ini, cuma kamu bisa take it to the next level dengan menggunakan sistem penjualan tersentralisasi yang bisa mengelola penjualan offline (dine-in) dan online bersamaan. Dengan begitu kamu tidak perlu menggunakan platform yang berbeda-beda untuk mengelola penjualan offline dan online kamu.

Nah, kalau kamu bingung cari dimana sih sistem yang bisa memberikan semua solusi tersebut, tidak perlu pusing-pusing lagi. iSeller F&B Online Ordering menawarkan semua yang kamu butuhkan dalam satu platform. Mulai dari sistem eMenu yang mendukung pemesanan dan pembayaran, hingga sistem pemesanan online dan delivery yang akan secara otomatis terintegrasi dengan iSeller POS. Menjalankan restoran kamu secara online dan offline bersamaan jadi sangat mudah! Buat kamu yang penasaran seperti apa sistem iSeller F&B Online Ordering ini secara lengkap bisa kunjungi website kami yaa. Jangan lupa berlangganan blog kamu untuk berbagai tips menarik lainnya. See you in our next post!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: