6 Benefit Bisnis Omni-Channel

Setelah kemarin ini kita membahas tentang apa itu bisnis omni-channel, sekarang saatnya kita bahas apa sih benefit-benefitnya? Kenapa kamu harus adaptasi bisnis kamu jadi omni-channel? Yuk, pelajari!

1. Bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan

Sekarang bayangkan, ada pelanggan yang suka belanja offline. Lalu ada pelanggan yang justru malas keluar rumah dan memilih untuk belanja online. Ada juga, pelanggan yang justru suka dua-duanya, jadi dia terkadang beli online, terkadang offline, terkadang dia ngecek online terus beli di offline, terkadang dia beli online untuk diambil offline. Ada loh pelanggan yang seleranya seperti itu. Kalau kamu cuma berjualan offline saja atau online saja, jumlah pelanggan yang bisa kamu dapatkan itu terbatas. Tapi, kalau kamu menyediakan kedua channel bersamaan, apalagi kalau mendukung O2O, kamu bisa menarik semua jenis pelanggan tersebut.

2. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Dengan memberikan berbagai pilihan channel yang pelanggan inginkan, kamu juga akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Gimana tidak puas? Pelanggan mau beli offline, bisa. Mau beli online, bisa. Mau beli online ambil di offline, bisa. Jadi pelanggan itu bisa bebas pilih channel yang mereka mau. Apalagi jika proses berbelanjanya mudah, cepat dan tidak ribet. Pelanggan akan merasa nyaman untuk belanja di channel kamu. Untuk kenyamanan ini, tidak cuma berlaku untuk toko offline saja loh tapi juga toko online atau channel marketplace kamu. Kalau kamu punya alur belanja yang jelas, pelanggan tidak akan kebingungan dalam melakukan pembelian dan tentunya akan membantu meningkatkan kepuasan pelanggan.

3. Meningkatkan kesetiaan pelanggan

Apa yang akan terjadi jika pelanggan puas terhadap toko kamu? Dengan meningkatkan kepuasan pelanggan, pelanggan akan setia terhadap toko atau brand kamu. Terutama kalau mereka juga jatuh cinta sama produk kamu, kecil banget kemungkinan mereka bakal pindah ke toko lain kecuali jika ada kendala teknis seperti produk yang kamu jual habis. Tapi mereka akan selalu memprioritaskan toko kamu, karena memang mereka sudah puas berbelanja disana.

4. Jangkauan promosi lebih luas

Kalau kamu hanya berjualan offline saja, kamu membatasi kemungkinan orang-orang menemukan toko kamu. Maksudnya menemukan toko kamu disini itu, orang-orang yang mengetahui keberadaan toko kamu itu karena mereka melihat langsung dan bukan dari promosi. Nah, begitupun kalau kamu hanya berjualan online saja. Orang-orang hanya bisa menemukan toko kamu secara online saja. Tapi, kalau toko kamu ada di kedua channel, akan semakin banyak orang yang bisa menemukan toko kamu karena toko kamu ada di kedua channel. Dengan begitu, jangkauan promosi toko kamu jadi lebih luas.

5. Meningkatkan penjualan

Pastinya dong. Kamu bisa anggap channel itu sebagai cabang toko kamu, atau cabang penjualan. Penjualan yang cuma bergantung pada 1 channel dibandingkan penjualan dari beberapa channel pastinya akan beda. Penjualan kamu bisa meningkat berkali-kali lipat tergantung gimana kamu mengembangkan channel penjualan kamu. Kalau kamu punya 3-4 channel dan semuanya sukses, bisa dibilang penjualan kamu juga meningkat 3-4x lipat atau bahkan lebih!

6. Pengelolaan anti-ribet

Banyak orang yang berpikir bahwa mengelola bisnis omni-channel itu pasti akan ribet dan makan waktu. Salah, justru kalau kamu tahu cara mengelola bisnis omni-channel kamu dengan efisien, sebenarnya gampang banget! Kamu tinggal gunakan platform bisnis omni-channel seperti iSeller. Jadi, kamu tidak perlu lagi pusing-pusing menyamakan data produk setiap channel atau menambahkan produk satu per satu. Kamu cuma tinggal menambahkan produk sekali aja dan akan terhubung ke semua channel, mau online, offline ataupun marketplace. Selain itu, kamu juga bisa mengelola penjualan dan stok produknya dalam 1 sistem loh. Jadi, sudah serba mudah!

Mantap kan benefit model bisnis omni-channel ini? Sekarang zaman sudah mulai berubah, jadi kamu juga harus beradaptasi supaya bisnis kamu tidak ketinggalan zaman. Kalau kamu mau tau lebih lanjut tentang platform bisnis omni-channel iSeller, tinggal kunjungi aja website kami atau cobain langsung! Jangan lupa untuk berlangganan blog kami untuk berbagai tips dan info bisnis lainnya. See you!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: