Tips dan Trik Memulai Bisnis Retail

Bisnis retail memang tidak bisa dipandang sebelah mata, karena bisnis ini memberikan keuntungan yang dibutuhkan oleh setiap pihak yang terlibat. Namun, mengelola bisnis ini tidak bisa sembarangan karena produk retail lebih kompleks dibanding produk F&B dan produk retail biasanya sampai ratusan, sehingga kamu harus mengelola produk retail dengan baik. Bagaimana cara mengelolanya? Baca tips dan trik di artikel sampai habis ya.

Baca juga: Kenali Bisnis Retail, Fungsi, dan Jenisnya

1. Dapatkan Barang Murah dan Berkualitas

Pria Dan Wanita Dekat Meja

Sebelum memulai bisnis retailmu sendiri, kamu harus survei calon supplier yang akan memberikan stock produk untuk bisnis kamu. Supplier yang bekerja sama dengan bisnismu akan mempengaruhi banyak hal, mulai dari kualitas produk hingga seberapa efisien produk mereka akan tiba di tokomu. Oleh karena itu, pemilihan dan pengelolaan vendor sangat penting untuk kemajuan bisnismu. Kamu harus yakin jika supplier yang kamu dapatkan sudah sangat baik dari segi harga, kualitas barang dan dapat kamu andalkan.

2. Lokasi Potensial dan Strategis

Pasar Asia

Terdapat banyak faktor yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih lokasi yang tepat untuk bisnismu. Lokasi jualan yang potensial dan strategis akan membawa banyak keuntungan, terlebih jika produk yang kamu tawarkan sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Produkmu dijamin laku keras! Eits, jangan lupa, tempat jualan tidak harus berbentuk toko fisik, lho. Ada juga toko online yang bisa menjangkau pelanggan dari berbagai penjuru.

Baca Kelola Semua Channel Penjualan Lebih Mudah

3. Memberikan kode khusus

Man In Grey Sweater Memegang Catatan Tempel Kuning

Dalam bisnis retail, semakin banyak barang yang kamu beli, maka harganya akan semakin murah. Bisa kamu bayangkan terdapat ratusan, bahkan ribuan barang yang harus kamu atur. Untuk mempermudah pekerjaanmu, kamu harus memberikan kode khusus pada setiap barang agar lebih mudah untuk kamu lacak dan kontrol stoknya.

4. Promo Menarik

Foto stok gratis balon, diskon, merah

Promo menarik tentu menggiurkan bagi pelanggan. Biasanya promo ini membuahkan transaksi yang cukup banyak untuk tokomu. Tapi perlu diingat, promo tidak bisa dilakukan setiap saat dan serentak pada semua barang, karena bisa menimbulkan kerugian. Kamu bisa melakukan promo untuk barang-barang yang  sudah terlalu lama tersimpan di gudang, sehingga produkmu tidak ada yang terbuang percuma.

5. Transaksi Lebih Mudah

Foto stok gratis belanja daring, belanja online, berbelanja

Menyediakan berbagai macam pilihan pembayaran untuk setiap transaksi bisa menjadi suatu kepuasan dan kenyamanan bagi pelanggan kamu. Karena itu, toko retail milikmu harus menyediakan berbagai metode pembayaran baik secara tunai maupun melalui berbagai payment gateway.

6. Menggunakan Aplikasi POS Retail

Ipad Putih Di Meja Putih

Salah satu kunci sukses pada bisnis retail adalah penggunaan teknologi yang tepat. Point Of Sales (POS) merupakan versi modern dari mesin kasir konvensional. POS sendiri adalah sebuah sistem yang dipakai oleh berbagai usaha retail untuk menyatukan transaksi penjualan.

Sistem POS ini tentu jauh lebih efisien dibanding menggunakan mesin kasir konvensional, sistem ini akan sangat membantu untuk menghemat waktu kamu karena setiap transaksi, pengeluaran, pengelolaan stock, fitur scan barcode, membuat laporan keuangan, memantau performa penjualan di setiap marketplace dan outlet dapat dilakukan melalui satu platform yang terintegrasi.

Jika kamu memang tertarik memulai usaha retailmu sendiri, tips dan trik di atas bisa kamu persiapkan agar bisnis retailmu bisa segera beroperasi. iSeller memberi dukungan penuh untuk bisnis kamu dengan memberikan website toko online gratis yang sudah terintegrasi dengan sistem POS dan fitur yang lengkap. Kamu bisa buka toko online kamu sendiri dalam waktu satu menit! Tunggu apalagi? Kelola bisnis kamu dengan iSeller, yuk! Klik di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: