Pentingnya Omnichannel Dalam Strategi Bisnis Retail

Kehadiran online marketplace membuat bisnis retail semakin berkembang. Adanya online marketplace ini tentu menambah ketat persaingan dalam bisnis retail. Para pelaku bisnis retail saat ini sedang berlomba memberikan pelayanan dan pengalaman berbelanja yang mengesankan bagi para pelanggan mereka. Jika kamu adalah salah satu pebisnis retail, kamu harus memiliki strategi khusus sehingga bisnis online, maupun offline-mu tidak terbengkalai dan dapat terus kamu pantau perfoma penjualannya.

Caranya bisa dengan menggunakan omnichannel untuk membantu strategi bisnis retail yang kamu miliki. Karena, pemilik bisnis dapat mengintegrasikan toko offline dengan channel–channel online yang dimiliki. Dengan begitu, kamu bisa menghemat waktu juga tenaga dan fokus mengembangkan strategi bisnis melalui data-data dari channel penjualan yang telah terintegrasi. Baca penjelasan tentang bagaimana omnichannel bisa sangat berguna dalam membantu strategi bisnis retail di artikel ini, ya!

Baca: Apa Itu Bisnis Omnichannel

1. Membantu Integrasi Berbagai Channel Penjualan

Omnichannel merupakan bisnis yang memanfaatkan berbagai channel penjualan, baik online maupun offline ke dalam satu ekosistem yang terpusat. Karena sudah terintegrasi dalam satu sistem, kamu tidak perlu mengecek stok barang satu persatu dari setiap channel penjualan kamu, karena kamu bisa mengecek semuanya melalui satu web-admin saja. Sebagai gantinya, waktu yang kamu habiskan untuk memantau sistem operasional pada bisnis kamu, bisa kamu gunakan untuk mengembangkan strategi bisnis yang lebih menguntungkan

Baca: Mengelola Semua Penjualan Jadi Satu

2. Menyusun Strategi untuk Pelanggan yang Spesifik

Foto stok gratis bekerja, berfungsi, berusaha

Sistem omnichannel yang dapat memberikan riwayat transaksi di setiap channel penjualan bisa membantu kamu dalam mengenali pelanggan kamu. Selain melalui riwayat transaksi, Kamu juga bisa mengenal mereka dengan melacak perilaku mereka secara real-time melalui channel penjualan kamu. Hal ni akan membantu kamu untuk mengidentifikasi perilaku, selera dan kebutuhan pelanggan.

Setelah mengenali pelanggan dengan baik, kamu perlu menyusun strategi yang tepat untuk tiap kelompok audiens. Untuk bisa menyusun strategi ini kamu perlu mengenali pelangganmu terlebih dahulu. Kehadiran omnichannel dapat membantu kamu menemukan preferensi pelanggan pada setiap channel penjualanmu hanya dalam satu sistem saja. Dengan ini, kamu bisa tau pelanggan mana dan promosi apa yang harus kamu berikan ke pelanggan tersebut. Strategimu bisa lebih tepat sasaran!

3. Menemukan Strategi Penjualan Efektif

Foto stok gratis belanja daring, belanja online, berbelanja

Menggunakan omnichannel berarti kamu mendapatkan beberapa channel penjualan baru, penjualan kamu bisa dipastikan meningkat pula. Dengan bertambahnya channel penjualan, bertambah pula pendapatan kamu. Omnichannel bisa membantu kamu untuk mengetahui penjualan mana yang paling efektif dalam bisnis retailmu. Karena itu, kamu bisa membuat strategi penjualan yang lebih efektif dan lebih menguntungkan!

Baca:

4. Promosi yang Menguntungkan

Pakaian Diobral

Dengan adanya omnichannel, kamu bisa perluas jangkauan promosi dan menilai promosi di channel mana yang lebih efektif. Misalnya, strategi promosi di toko online kamu ternyata lebih efektif dibanding toko offline, kamu bisa mengeluarkan budget lebih untuk promosi di toko online dan membawa keuntungan untuk bisnis kamu.

Dari penjelasan di atas, kamu tentu memahami jika sistem omnichannel ini sangat menguntungkan bagi pembuatan strategi bisnis retail. Tidak hanya menguntungkan bagi pebisnis dalam menghemat waktu dan menentukan strategi penjualan, adanya sistem omnichannel ini juga memberikan pengalaman bertransaksi yang mudah dan menyenangkan bagi para pelanggan.

Jika kamu tertarik untuk menerapkan strategi omnichannel ini pada bisnis kamu, kamu bisa menggunakan omnichannel yang telah terintegrasi dengan POS sistem, seperti iSeller. Kamu bisa mendapatkan kemudahan dalam mengelola berbagai channel penjualan online dan offline. Atur stok, performa penjualan, ongkos kirim, pembukuan keuangan bisnis retail, bahkan membuat toko onlinemu sendiri, semuanya bisa dengan iSeller! Untuk mencoba semua fitur tersebut, kamu bisa coba gratis selama 14 hari. Yuk, langsung klik link berikut!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: