5 Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Berbelanja

Wanita Dengan Sweater Abu Abu Menggunakan Macbook Pro

Ketika berbelanja, banyak faktor yang menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam memutuskan untuk membeli sebuah produk. Faktor tersebut bisa berupa penilaian, harga, dan tergantung dari kebutuhan masing-masing konsumen.

Karena itu, penting bagi kamu untuk memahami apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen saat membeli produk, untuk tau cara menyiapkan strategi dan memasukkan produk ke pangsa pasar yang tepat. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli sebuah barang. Baca lebih lengkap, ya!

1. Akses yang Mudah

Wanita Berkemeja Ungu Memegang Smartphone Putih Duduk Di Kursi

Kemudahan dalam menemukan dan mengakses platform kamu berjualan menjadi faktor utama. Jika tokomu sulit ditemukan dan diakses, maka bisa dipastikan konsumenmu akan berpaling mencari toko lain.  Solusinya adalah kamu bisa mencoba berjualan dan mempromosikan bisnis kamu di berbagai channel online, marketplace, dan yang terpenting memiliki website toko online kamu sendiri. Sehingga bisnis dan produkmu mudah untuk ditemukan oleh calon konsumen kamu!

2. Harga yang Terjangkau

Crop Pembeli Asia Berinteraksi Saat Memilih Pakaian Di Toko

Selain akses yang mempermudah pelanggan menemukan produkmu, harga juga menjadi salah satu faktor dalam membeli barang. Pastikan harga produkmu sesuai dengan kualitas yang kamu berikan. Tidak terlampau murah, tapi juga tidak terlalu mahal.

3. Kualitas, Informasi, dan Foto yang Lengkap

Foto stok gratis alami, bagian, bahan

Kualitas suatu produk perlu dipertimbangkan sebelum melakukan transaksi, karena kualitas tentu mempengaruhi fungsi dan nilai dari produk tersebut. Kamu juga harus memperhatikan informasi dan foto produk kamu. Informasi dan foto yang jelas dan detail bisa memberikan gambaran akan kualitas produk kamu, hal ini juga bisa meyakinkan konsumen kamu akan produk yang kamu jual. Usahakan juga untuk selalu update mengenai ketersediaan produk kamu.

4. Penilaian Pelanggan lain

Foto stok gratis antik, artikel, biro

Untuk kamu yang menjalankan bisnis secara online, penilaian dan testimoni pelanggan sebelumnya bisa dijadikan pertimbangan ketika konsumen barumu ingin membeli produk. Penilaian dan testimoni dianggap sebagai review asli dari produk yang telah kamu jual. Oleh karena itu, kamu harus memastikan jika produkmu memiliki testimony dan penilaian yang baik dari pelanggan kamu.

5. Promosi yang Menarik

Pria Mengenakan Kaos Polo Merah Muda Dengan Hamparan Teks

Adanya promosi tentu menjadi daya tarik sendiri untuk konsumen kamu. Kamu juga pasti pernah melihat promosi yang dilakukan secara besar-besaran pada waktu tertentu. Promo tersebut bertujuan untuk menarik konsumen baru. Tidak perlu dilakukan sering-sering, buat promo kamu semenarik mungkin sehingga pelanggan kamu akan terus menantikan promosi yang kamu tawarkan.

Pastikan kelima hal di atas sudah kamu miliki,ya. Hal ini akan berpengaruh terhadap perkembangan bisnismu nantinya. Jadi, para pelanggan kamu tidak perlu lagi punya banyak pertimbangan ketika mereka melihat produkmu. iSeller bisa bantu mempermudah kamu berjualan di berbagai channel dan marketplace, lho. Jadi, pelanggan pun bisa lebih mudah menemukan bisnismu! Dengan sistem integrasi marketplace iSeller, kamu bisa berjualan di berbagai marketplace tanpa perlu khawatir toko online-mu terbengkalai, kamu bisa kelola setiap channel melalui satu sistem web-admin saja! Yuk, kembangkan bisnis kamu bersama iSeller. Coba langsung gratis di sini! Berjualan tanpa susah, bareng iSeller

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: