7 Manfaat Teknologi untuk Bisnis Kamu

Sekarang ini sudah zaman dimana kemajuan teknologi begitu pesat. Kemajuan teknologi yang ada sekarang ini punya banyak pengaruh terhadap berbagai sektor, salah satunya adalah sektor bisnis. Kok bisa? Yep, sekarang ini lagi trending banget yang namanya sistem manajemen bisnis digital. Mau tahu manfaatnya untuk bisnis kamu? Nih, baca 7 manfaat teknologi digital untuk bisnis kamu!

1. Bisa kurangi biaya operasional

Jika kamu memiliki sistem bisnis digital dimana kamu bisa mengelola semua secara otomatis dan terkomputerisasi, kamu bisa mengurangi biaya operasional bisnis kamu yang disebabkan oleh pekerjaan-pekerjaan manual. Sebagai contoh, dengan menggunakan sistem online-ordering, kamu bisa mengurangi biaya karyawan secara signifikan.

2. Mengurangi pekerjaan manual

Kamu juga jadi bisa mengurangi repotnya pekerjaan manual dengan sistem digital. Kamy tidak perlu repot-repot mencatat pesanan secara manual, lalu menerima pembayaran tunai secara manual, lalu menyocokkan setiap transaksi yang terjadi dengan sistem pembukuan kamu secara manual. Penggunaan sistem digital yang mumpuni sudah bisa melakukan semuanya secara otomatis sehingga pekerjaan kamu jadi semakin mudah!

3. Mempermudah proses monitoring

Kalau kamu seorang pebisnis dengan banyak outlet, tidak mungkin kamu memantau seluruh outlet kamu satu persatu secara manual. Untuk mempermudah proses monitoring, kamu bisa mengandalkan sistem digital yang sudah mendukung fitur laporan yang lengkap. Lebih asik lagi kalau sistem digital yang kamu pakai juga mendukung pemantauan lewat handphone. Kamu jadi bisa pantau bisnis kamu kapan saja dan dimana saja.

4. Manajemen bisnis jadi lebih efisien

Dengan menggunakan sistem digital yang sudah bisa memproses seluruh data transaksi dan pembayaran secara otomatis, manajemen bisnis kamu bisa lebih efisien. Kamu bisa fokus pada pengembangan produk dan bisnis daripada berkutat menghabiskan banyak waktu untuk input data transaksi.

5. Mengurang risiko human-error

Yang namanya pekerjaan dilakukan oleh manusia, selalu ada risiko terjadinya human-error yang disebabkan oleh banyak hal seperti kelelahan atau tidak fokus. Nah, jika sistem bisnis kamu sudah terdigitalisasi, kamu bisa mengurangi risiko terjadinya human-error yang bisa merugikan bisnis kamu.

6. Pengolahan data keuangan jadi lebih mudah

Pernah pusing mengurus pembukuan saat terjadi selisih jumlah? Kamu bisa mengurangi ribetnya mengelola pembukuan dan keuangan dengan menggunakan sistem digital yang sudah mendukung sistem akuntansi digital. Manajemen keuangan bisnis kamu jadi lebih tertata rapi deh!

7. Bisa kurangi cost karyawan

Yep, bisa banget. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, sistem digital ini mengurangi ribetnya pekerjaan manual oleh manusia. Jadi, dengan kata lain kamu bisa mengurangi cost karyawan dengan digitalisasi sistem bisnis kamu! Selain itu, bisnis kamu jadi lebih modern loh. Asik, kan?

Mau tahu ga, sistem digital apa yang mendukung semua kebutuhan kamu di atas? Yep, ga lain dan ga bukan adalah iSeller, #SahabatJualan kamu! iSeller sudah memiliki banyak sekali fitur unggulan yang akan membuat pengelolaan bisnis kamu semakin efisien. Yuk, langsung saja bergabung bersama keluarga besar iSeller dengan mendaftarkan toko kamu di website kami! Jangan lupa berlangganan blog kami untuk beragam artikel menarik lainnya. Sampai jumpa!

4 Tips Membangun Bisnis Rumahan

Memulai sepak terjang di dunia bisnis memang bukan sesuatu yang mudah. Perlu keberanian dan strategi untuk memulai bisnis. Namun, juga bukan merupakan sesuatu yang sulit dilakukan juga. Bisnis itu relatif, tergantung tipe bisnisnya dan bagaimana kamu membangunnya. Nah, salah satu tipe bisnis yang relatif mudah untuk dijalankan adalah bisnis rumahan. Selain lebih fleksibel, bisnis rumahan ini bisa dijalankan oleh siapa saja. Yuk, simak beberapa tips dari #SahabatJualan kamu berikut!

1. Tentukan goals dari bisnis kamu

Membangun bisnis rumahan bukan berarti kamu bisa membangun bisnis secara asal loh. Karena walaupun terkesan fleksibel, tapi kalau kamu tidak bisa membangunnya dengan baik, maka kemungkinan akan gagal. Maka dari itu, yang pertama kamu harus tahu adalah goals dari bisnis kamu. Apa sih yang ingin kamu bangun? Tujuan akhir bisnis kamu itu apa? Apa target dari bisnis kamu? Kamu bisa mulai dari hal-hal seperti itu sehingga kamu punya gambaran yang jelas mengenai bisnis yang akan kamu bangun.

2. Mulai buat rencana

Selanjutnya kamu harus mulai memikirkan rencana dan langkah-langkah awal yang ingin kamu ambil. Kamu tidak perlu kok memikirkan rencana sedetil-detilnya dari A-Z karena itu akan makan waktu banget dan bisa jadi kamu akan merasa ribet sendiri dan jadi malas untuk melanjutkan. Kamu hanya perlu rencana-rencana dasar dan sambil berjalan rencana dasar tersebut akan berkembang dengan sendirinya. Buat rencana sesuai dengan goals yang kamu tentukan sebelumnya yaa.

3. Tentukan target pasar kamu

Target pasar ini penting banget karena target ini lah yang akan menentukan arah pengembangan brand dan promosi kamu. Kamu bisa menyesuaikan strategi promosi dengan target kamu. Sebagai contoh, jika target pasar kamu adalah kaum millenial, kamu bisa menggunakan cara-cara kreatif yang disukai kaum millenial sebagai cara promosi kamu.

4. Bangun sistem bisnis kamu

Selain punya goal, rencana dan target pasar, kamu juga harus punya sistem bisnis yang tepat. Karena bagaimanapun bagusnya pemasaran dan produk kamu, jika kamu tidak bisa mengelola bisnis kamu dengan baik pasti jadinya berantakan. Jadi, kamu bisa mulai memikirkan seperti apa bisnis kamu akan dijalankan, mulai dari sistem penjualannya, pengelolaan produk dan inventory hingga keuangan bisnis kamu.

Nah, kalau kamu bingung nih cara membangun sistem untuk bisnis rumahan kamu, tenang saja. Ada #SahabatJualan kamu disini yang siap membantu. Dengan sistem penjualan dan pengelolaan bisnis digital, kamu ga perlu lagi repot-repot mengelola bisnis kamu secara manual. Yuk, kunjungi saja website kami untuk tahu lebih lanjut dan jangan ragu lagi yaa untuk mulai membangun bisnis kamu!

Customer Story – Kopikaya, Bisnis yang Berawal dari Rasa Empati

Motivasi untuk membangun sebuah bisnis bisa datang dari mana saja. Bisa berasal dari hobi, bisa juga berasal dari keinginan untuk membantu orang. Pak Ivan, salah satu owner dari Kopikaya Indonesia mulai membangun bisnis kopi express berawal dari rasa empatinya terhadap seorang sahabat yang dimana istrinya menderita kanker.

Bermula dari rasa empati itu, Pak Ivan dan rekan mulai membangun sebuah bisnis yang bisa dikelola oleh sahabat mereka itu dan dari sana lah berkembang bisnis Kopikaya Indonesia ini.

Menawarkan produk yang unik dan kaya rasa

Source: https://www.instagram.com/kopikaya_indonesia/

Kopikaya ini menawarkan konsep produk yang unik untuk memberikan pengalaman ngopi yang berbeda dari yang lain. Dengan konsep kopi yang kaya rasa, Kopikaya menghadirkan berbagai produk menarik salah satunya adalah signature product mereka, Kopi Keju. Dengan mengkombinasikan kopi dengan gurih dan asinnya foamed cheese, kopi ini bisa jadi pilihan kamu pecinta keju.

Memilih konsep express yang mudah dijalankan

Pak Ivan dan rekan memilih konsep express untuk bisnis Kopikaya ini karena tidak hanya mudah dijalankan, tapi juga tidak membutuhkan biaya operasional yang tinggi. Berbeda dengan cafe berbasis dine-in, konsep grab-and-go ini mudah dijalankan namun juga bukan tanpa tantangan. Konsep express ini mengedepankan kecepatan dan kemudahan proses pemesanan, sehinggantuk menjalankan konsep ini, beliau harus memiliki sistem yang praktis mulai dari pemesanan, pembayaran hingga pembuatan produk.

Cara Pak Ivan mengelola bisnis kopi express

Untuk mempermudah beliau dalam menjalankan bisnis Kopikaya Indonesia ini, Pak Ivan memiliki cara yang praktis yaitu mempercayakan bisnisnya kepada sistem penjualan digital. Karena di bisnis sebelumnya beliau sudah merasakan praktisnya berbisnis bersama #SahabatJualan kamu, untuk bisnis Kopikaya ini pun beliau juga memutuskan untuk kembali mempercayakan bisnisnya kepada iSeller. Karena selain menyediakan sistem penjualan yang mudah, beliau bisa memantau bisnis situasi bisnis Kopikaya ini kapan saja dan dimana saja hanya dengan menggunakan smartphone.

Tips memulai bisnis kopi express

Salah satu tips dari Pak Ivan untuk kamu yang ingin memulai bangun bisnis kopi express, adalah jangan takut melangkah. Jika sudah memiliki goal yang jelas, kamu bisa mulai dari langkah-langkah kecil. Karena jika kamu langsung ingin mengambil langkah besar, akan sulit. Jadi, jangan takut dan mulai lakukan saja!

Kopikaya Indonesia ini juga membuka peluang sebesar-besarnya untuk kamu yang ingin bekerjasama franchise. Ini kesempatan bagus banget kalau kamu ingin berbisnis tapi bingung mau mulai dari mana. Juga untuk kamu yang suka ngopi, jangan lupa untuk mampir ke store Kopikaya yang ada di Cempaka Putih.

Kopikaya sudah pakai iSeller. Kamu kapan?

5 Strategi Promosi Buat Bisnis Kamu

Pernah bayangin ga kalau ada permata, begitu indah, begitu berkualitas dan dibutuhkan semua orang. Tapi keberadaannya tersembunyi, sehingga orang yang membutuhkan bahkan tidak mengetahui eksistensinya. Sedih banget ga sih? Yep, itu yang akan terjadi pada bisnis kamu jika kamu membangun bisnis tanpa promosi. Sepenting itulah memiliki strategi promosi yang bagus saat menjalankan bisnis. Sebagus apapun store kamu, sebagus apapun produk kamu, kalau orang-orang bahkan tidak tahu kalau bisnis kamu ‘ada’, ya percuma.

Strategi promosi bagi setiap bisnis itu berbeda-beda, tergantung tipe bisnis dan kebutuhan promosi itu sendiri. Nah, di kesempatan kali ini #SahabatJualan kamu mau membagikan beberapa tips yang mungkin bisa kamu terapkan sebagai strategi promosi di bisnis kamu. Cus, disimak!

1. Manfaatkan Social Media

Sekarang ini hampir semua orang menggunakan social media, atau setidaknya tahu. Nah, ini bisa jadi media promosi yang efektif banget buat kamu karena kamu bahkan bisa menggunakannya secara gratis. Jika kebutuhan promosi kamu cukup besar, kamu juga bisa menggunakan layanan promosi berbayar social media juga yang biayanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan target pasar kamu. Oke banget kan?

2. Kumpulkan Data Customer

Data customer itu sangat penting untuk perkembangan bisnis kamu. Kenapa sih? Karena dengan mengumpulkan data customer kamu bisa mengirimkan informasi program promosi kepada mereka. Bisa melalui email, nomor telepon, ataupun kontak lainnya yang mereka berikan. Kamu juga bisa melakukan survei pelanggan dengan cara mengirimkannya melalui email atau SMS.

3. Gunakan Video Sebagai Media Promosi

Sekarang ini orang-orang lebih suka menonton video daripada membaca artikel atau promosi text. Sehingga bisa dibilang kalau promosi menggunakan video sebagai media merupakan cara yang sangat efektif untuk menggaet penonton. Penonton akan lebih tertarik melihat promosi yang dikemas dalam bentuk tontonan terutama jika video tersebut dibuat dengan kreatif sehingga penonton tidak akan bosan menontonnya.

4. Ciptakan Program Promosi yang Menarik

Kamu juga harus bisa menciptakan program promosi menarik seperti misalnya diskon besar-besaran atau menggunakan sistem cashback yang lagi populer belakangan ini. Dengan program promosi yang menarik, pelanggan akan tertarik untuk datang dan membeli produk kamu hanya untuk mendapatkan benefit dari promosi yang kamu jalankan. Tidak masalah. Walaupun pelanggan membeli produk kamu hanya untuk benefit dari promosi, bisa jadi setelah membeli pelanggan jadi menyukai produk kamu dan akan terus membeli produk kamu di masa yang akan datang.

5. Permudah Pengelolaan Program Promosi Dengan Sistem Digital

Kamu juga bisa loh menggunakan sistem digital untuk mempermudah kamu dalam mengelola program promosi toko kamu. Terkadang jika kamu memiliki banyak program promosi kamu akan pusing untuk mengelolanya. Mana promosi yang aktif dan mana promosi yang sudah tidak diperlukan. Belum lagi menyamakan program promosi kamu dengan penjualan. Bisa jadi karyawan kamu lupa kalau ada promosi di hari itu dan akhirnya memberikan informasi yang salah kepada pelanggan. Kamu enggak mau hal itu kejadian bukan?

Supaya semakin mudah dalam mengelola program promosi dan penjualan, kamu bisa banget menggunakan sistem penjualan yang sudah mendukung fitur promosi. Salah satunya adalah iSeller. Dengan menggunakan sistem iSeller ini, kamu bisa mengatur jenis promosi apa pun yang ingin kamu buat untuk toko kamu yang akan langsung disinkronisasikan dengan sistem POS sehingga akan mengurangi resiko kesalahan oleh karyawan. Asik banget kan?

Nah sekarang kamu udah nggak perlu pusing lagi dalam mengelola promosi toko kamu. Kamu bisa ciptakan strategi promosi sekreatif mungkin tanpa takut pengelolaannya menjadi berantakan. Kalau kamu penasaran ingin mencoba, kamu hanya tinggal mendaftarkan saja toko kamu di website kami. Jangan lupa berlangganan blog kami dan sampai jumpa!

iSeller eMenu: Solusi Total untuk Menghadapi Covid-19

Telah 4 bulan lebih berlalu sejak kasus pertama Covid-19 di Indonesia pada bulan Maret 2020. Pada saat itu, banyak sekali bisnis yang terdampak secara negatif, terutama di bidang F&B. Walaupun saat ini pemerintah sudah menerapkan New Normal yang bertujuan untuk memperbaiki perekonomian negara, sebenarnya pandemi ini sendiri belum juga reda dan bahkan diperkirakan akan berlanjut hingga vaksin ditemukan. Maka dari itu, bisnis F&B juga tidak bisa berdiam diri menunggu hilangnya pandemi, melainkan harus bisa beradaptasi dan banting setir ke sistem yang baru supaya tetap bisa bertahan bahkan tambah maju di situasi sulit ini.

Buat apa sih beradaptasi? Emang penting?

Yep, penting banget. Saat ini gaya hidup masyarakat di Indonesia sedang mengalami perubahan besar-besaran. Dengan adanya pandemi Covid-19 ini, masyarakat jadi serba takut. Takut untuk makan di restoran. Takut berdekatan dengan banyak orang. Takut keluar rumah. Takut kerumunan. Takut menyentuh apapun saat di luar. Masyarakat juga lebih menjaga kebersihan dan kesehatan.

Nah sekarang bayangkan, di tengah gaya hidup masyarakat yang seperti itu, jika kamu masih menjalankan bisnis F&B kamu dengan sembrono dan tidak memperhatikan protokol kebersihan dan kesehatan, apa mungkin masyarakat masih mau pesan produk kamu? Ya, mungkin saja, kalau kamu produk kamu memang oke banget sehingga pelanggan tetap rela beli demi ngerasain produk kamu. Tapi kalau tidak?

Sekarang #SahabatJualan kamu bakal kasih ilustrasi sedikit ya. Tidak usah restoran dulu deh yang lebih kompleks, kita bayangin aja ada sebuah kedai minuman kemasan. Biasanya prosesnya adalah si pelanggan antri di kasir, pesan minuman di kasir, bayar dan ambil minumannya. Tapi sekarang ini masyarakat menghindari kerumunan yang berarti antrian panjang di depan kasir kamu itu kurang efektif di zaman sekarang ini. Belum lagi kalau di antara yang ngantri itu tahu-tahu ada yang batuk atau bersin tanpa pakai masker pula. Bisa-bisa orang yang ngantri di dekatnya jadi pergi dan batal beli. Orang sekitar yang mau ngantri pun bisa tidak jadi ngantri. Alhasil, bisnis kamu rugi karena kehilangan pelanggan.

Terus apa sih yang bisa kamu lakukan untuk beradaptasi? Tidak usah pusing, karena sekarang iSeller sudah meluncurkan solusi total bagi bisnis F&B dalam menghadapi situasi pandemi ini, yaitu iSeller eMenu. Gimana caranya? Yuk simak lebih lanjut!

1. Bisa dine-in tanpa takut!

Risiko paling besar dalam penyebaran Covid-19 bukan dari bisnis take away, melainkan justru dari bisnis F&B berbasis dine-in. Tidak hanya karena restoran tempat orang berkumpul makan dan membuka masker, namun juga karena proses pemesanannya yang lebih kompleks. Mulai dari memanggil dan berinteraksi dengan pelayan untuk pesan hingga proses bayar ke kasir yang meningkatkan risiko terpapar Covid-19. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi karena dengan iSeller eMenu, pelanggan kamu bisa pesan dan bayar sendiri dari handphone mereka tanpa harus memanggil pelayan. Bahkan pelanggan tidak perlu ke kasir lagi loh untuk membayar. Pelanggan hanya perlu scan QR yang ada di meja untuk buka eMenu kamu, pesan, bayar dan selesai! Tinggal tunggu makanannya datang. Kamu bisa baca artikel ini yaaa untuk tahu gimana caranya.

2. Bisa take-away tanpa antri!

Tadi kita sudah bahas sekilas risiko pandemi ini di bisnis take away. Nah, tidak usah pusing, dengan eMenu, pelanggan kamu tidak perlu antri lagi cuma untuk pesan minuman. Mereka bisa berdiri berjauhan di mana saja, buka eMenu kamu baik dengan scan QR atau langsung buka di browser handphone mereka, terus pesan dan bayar produk yang mereka mau dari handphone. Saat produknya jadi, mereka tinggal ambil dan selesai. Tidak perlu antri, tidak perlu interaksi dengan kasir. Semua jadi serba simple dan aman!

3. Bisa order dimana aja dan pick-up di store!

Kamu juga bisa nih menerapkan BOPIS atau Buy Online Pick-up In Store. Banyak banget benefitnya. Misalkan saja, toko kamu ada di mall di lantai dasar. Pasti malas banget rasanya kalau pelanggan harus turun ke lantai dasar buat beli minuman kamu terus harus nunggu lama pula. Akan lebih asik kalau pelanggan kamu bisa pesan produk kamu di handphone dari lantai 3, lalu terima notifikasi kalau produk sudah jadi dan siap di ambil di lantai dasar. Pelanggan jadi bisa pesan dari mana saja dan ambil di saat produk sudah siap untuk di ambil. Tidak ada lagi nunggu lama yang cuma akan menghabiskan waktu. Pelanggan bahkan bisa pesan di jalan, supaya saat sudah sampai tinggal ambil produk yang memang sudah ready. Asik banget kan? Kamu bisa baca artikel tentang BOPIS ini untuk tahu lebih lanjut!

4. Pesan dari rumah, tinggal terima jadi!

Pelanggan kamu juga bisa loh pesan dari rumah tanpa harus ke store. Yep, sekarang ini food delivery lagi tren banget karena banyak yang lebih suka stay di rumah dan terima jadi saja. Caranya tidak lain dan tidak bukan adalah dengan pesan langsung di eMenu restoran kamu! Dengan user experience layaknya aplikasi, pelanggan kamu bisa pesan dan bayar dari handphone dengan sangat mudah. Bahkan pelanggan bisa bayar pakai metode kesukaan mereka dan pilih jasa delivery apapun yang mereka mau, karena iSeller eMenu ini sudah terintegrasi dengan beragam metode pembayaran dan pengiriman!

Nah, seru banget kan berjualan dengan eMenu ini? Selain restoran kamu akan lebih aman dari risiko penyebaran Covid-19, kamu juga bisa memberikan pengalaman modern untuk pelanggan kamu. Bisnis kamu pastinya akan lebih stand-out dan anti-mainstream. Lalu gimana sih cara pake iSeller eMenu ini? Gampang kok, kamu tinggal daftarin aja toko kamu di website kami! Yuk, mulai beradaptasi di tengah pandemi ini bersama #SahabatJualan kamu!

Maksimalkan Bisnis Minuman Kamu Dengan Tips Berikut

Bisnis minuman kekinian sekarang ini lagi menjamur dimana-mana. Tidak heran, minuman kreatif dengan berbagai rasa dan topping sangat diminati masyarakat zaman now, terutama yang unik dan instagram-able. Nah, kali ini #SahabatJualan kamu mau membagikan beberapa tips untuk memaksimalkan bisnis minuman kamu! Check it out ya!

1. Kenali produk kamu dengan baik

Memiliki berbagai produk, varian dan topping minuman memang merupakan salah satu kelebihan yang bisa kamu tonjolkan kepada pelanggan. Pelanggan jadi bisa memilih atau bahkan mengkreasikan minuman mereka sendiri. Tapi, kamu sendiri harus mengenal produk-produk kamu dengan baik loh. Jangan sampai saat pelanggan tanya-tanya, kamu kebingungan. Disarankan kamu mencoba sendiri semua produk yang kamu punya. Jika kamu menggunakan karyawan untuk melayani pelanggan, akan lebih baik juga jika karyawan kamu setidaknya pernah mencoba seluruh produk dan topping kamu sehingga bisa mengenal produk kamu dengan lebih baik.

2. Tentukan minuman signature

Ketika ada pelanggan yang baru pertama kali berbelanja, seringkali mereka akan bertanya, apa sih rekomendasi produk yang oke? Nah kamu bisa sarankan 1 produk signature toko kamu kepada mereka. Product signature ini bisa dibilang merupakan ciri khas toko kamu, identitas brand kamu dan sesuatu yang kamu bisa promosikan ‘extra’ sehingga saat pelanggan datang ke toko kamu, mereka sudah ada suatu bayangan produk terbaik. Sebisa mungkin, pilih product signature yang benar-benar oke ya, karena bisa jadi pelanggan akan menyamaratakan kualitas semua produk kamu dengan kualitas si product signature ini. Kalau signaturenya saja tidak oke, gimana produk lainnya?

3. Gunakan kemasan yang praktis dan unik

Kebanyakan bisnis minuman kekinian ini merupakan bisnis take away dimana pelanggan akan beli untuk dibawa kemana-mana. Maka dari itu, pastikan kemasan yang kamu gunakan itu praktis dan aman, sehingga pelanggan bisa menikmati minuman kamu tanpa takut tumpah. Gunakan juga kemasan yang unik ya, siapa tahu kemasan yang unik ini akan membuat pelanggan tertarik untuk promosikan di social media mereka!

4. Berikan pengalaman memesan yang anti-mainstream

Kamu juga bisa memberikan pengalaman memesan yang beda dari yang lainnya nih. Pengalaman yang berbeda dan anti-mainstream ini akan membuat pelanggan kamu lebih ‘ingat’ akan toko kamu. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan iSeller Digital Kiosk di toko kamu supaya pelanggan bisa merasakan pengalaman memesan dan membayar produk mereka sendiri secara digital (self-service system). Selain mengurangi antrian, pelanggan kamu bisa merasakan modernitas dari toko kamu loh!

5. Digitalisasi bisnis kamu untuk pengelolaan yang mudah

Cropped shot of young businesswoman working on her project while writing the idea on notebook

Salah satu hal paling penting dalam berbisnis adalah bagaimana cara kamu mengelola bisnis. Mau produk sebagus apapun, promosi segencar apapun, jika tidak dikelola dengan baik tetap akan bisa menimbulkan kesulitan. Nah, supaya kamu bisa mengelola bisnis kamu dengan lebih efisien dan mudah, kamu bisa mulai digitalisasi bisnis kamu. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan platform penjualan digital yang juga sudah merangkap pengelolaan bisnis seperti iSeller. Dengan pengelolaan yang serba digital, bisnis kamu bisa berjalan dengan lebih efektif dan fraud-less.

Sudah siapkah kamu membangun dan mengembangkan bisnis minuman kekinian? Jalani bersama #SahabatJualan kamu yuk! Kalau kamu belum bergabung menjadi sahabat iSeller, gabung sekarang dengan mendaftarkan toko kamu di website kami. Ayo, buat bisnis minuman kamu semakin modern dan kekinian bersama kami!

5 Tips Promosi dan Jual Produk Kamu di Social Media

Processed with VSCO with a4 preset

Ketika berjualan online, social media merupakan salah satu media promosi yang baik dan efektif. Mengapa begitu? Tidak hanya menghubungkan kamu dengan banyak orang, social media juga gratis digunakan. Jadi, kamu bisa banget mempromosikan produk online store kamu dan menjualnya di social media. Kali ini #SahabatJualan kamu mau membagikan beberapa tips nih untuk promosi produk di social media. Simak bersama yuk!

1. Kenali target pasar kamu

Pertama, kamu harus kenali dulu nih target pasar kamu. Kenapa sih punya target pasar itu penting? Karena target pasar itulah yang akan menentukan bagaimana kamu akan mengemas bisnis kamu dan mempromosikannya. Sebagai contoh untuk promosi di social media, kamu bisa menggunakan tipe postingan yang berbeda. Seperti postingan bergaya zaman now untuk target pasar millenial.

2. Gunakan fitur hashtag dengan benar

Kamu juga bisa menggunakan fitur hashtag ada di social media. Gunanya adalah supaya orang-orang di luar followers kamu bisa menemukan postingan produk kamu dengan lebih mudah. Tapi ingat, jangan menggunakan hashtag sembarangan. Gunakan hashtag yang relevan dengan produk kamu supaya orang yang menemukan produk kamu juga orang yang tepat, yang benar-benar tertarik dengan produk kamu.

3. Berikan alur penjualan yang jelas

Pernah tidak kamu menemukan barang yang menarik di social media, tapi pada saat ingin beli, ternyata bingung cara belinya seperti apa. Ya, tujuan utama social media memang bukan platform berjualan sehingga ketika kamu harus memberikan alur yang jelas kepada pembeli mengenai bagaimana cara berbelanja di toko kamu. Sebagai contoh, kamu bisa mengarahkan calon pembeli ke website online store yang sudah kamu punya. Kamu belum punya online store? Nih pelajari cara punya website online store super mudah tanpa coding!

4. Jangan kelamaan balas chat

Normal bagi pembeli untuk chat penjual terlebih dahulu mengenai produk yang akan dibeli melalui DM. Nah, kamu jangan sampai kelamaan balas atau bahkan tidak balas sama sekali ya. Karena bisa jadi pembeli malah akan batal membeli ketika pertanyaan mereka tidak dibalas-balas.

5. Gunakan iSeller Pay Link

Salah satu alasan kenapa social media bukan merupakan platform jualan online adalah karena tidak adanya fitur penjualan seperti salah satu yang penting, pembayaran. Namun kamu bisa menggunakan iSeller Pay Link supaya pelanggan bisa bayar langsung dari social media dengan mudah. Kamu hanya tinggal mengirimkan checkout link yang ketika di klik, pelanggan akan diarahlan ke halaman checkout produk yang dibeli. Penasaran? Baca selengkapnya di artikel ini.

Gampang kan promosi di social media itu? Jadi, tidak ada lagi alasan buat kamu menunda-nunda jualan online. Lagipula, ada #SahabatJualan kamu di sini yang siap membantu kok. Yuk kunjungi website kami untuk tahu lebih lanjut. Tetap berlangganan blog kami ya untuk mendapatkan tips seputar bisnis lainnya. See you!

Produk Makanan Kamu Punya Banyak Varian? Simak Tips Mengelolanya!

Produk varian tidak hanya bisa diaplikasikan untuk bisnis retail, namun juga bisa diaplikasika untuk bisnis F&B restoran maupun F&B express. Biasanya ini digunakan untuk 1 jenis produk yang memiliki banyak tipe dengan harga sama. Nah, supaya kamu mudah mengelolanya, kamu bisa menggunakan fitur iSeller Product Varian nih. Berbeda dengan fitur modifier dimana kamu bisa menambahkan harga di setiap modifier, product varian berfungsi untuk menambah tipe produk dengan harga sama. Simak yuk cara mengelola varian kamu dengan mudah bersama iSeller!

1. Tambah dan Kelola Varian dengan Mudah

Kamu bisa tentukan varian-varian per produk kamu dengan sangat mudah langsung dari web admin. Varian yang ditambahkan akan langsung terintegrasi dengan POS dan website online store kamu secara otomatis. Asiknya lagi, kamu juga bisa menambahkan foto per varian produk!

2. Proses Checkout yang Simple

Beautiful professional designer working on her project with tablet in modern office room

Produk varian yang sudah ditambahkan akan otomatis terintegrasi ke POS kamu untuk proses checkout yang simple dan cepat. Dirancang dengan User Experience terbaik, dijamin proses checkout di kasir akan jadi lebih ringkas yang tentunya bisa mengurangi antrian pembeli.

3. Pengelolaan Stok Setiap Varian

Stok setiap varian produk kamu bisa dikelola secara otomatis dengan sistem inventori terpadu dari iSeller. Kamu tidak perlu lagi mencatat dan menyamakan jumlah transaksi dan stok varian secara manual. Setiap ada pembelian varian tertentu, stok pada sistem akan dikurangi secara otomatis yang akan mengurangi resiko kesalahan input!

4. Dukung Pengelompokkan Varian

Jika produk kamu memiliki beberapa kategori varian, kamu juga bisa mengelola kategorinya dengan praktis. Sebagai contoh, kamu bisa menambahkan kategori varian tipe produk. Lalu menambahkan juga kategori varian sugar level. Tinggal kamu kreasikan saja sesuai kebutuhan toko kamu.

Penasaran ingin rasakan kemudahannya? Daftarkan saja yuk toko kamu di website kami. Mulai jalankan bisnis yang lebih praktis dan efisien bersama iSeller. Jangan lupa juga yaa untuk selalu berlangganan blog kami untuk mendapatkan tips-tips lainnya. Sampai jumpa di postingan berikutnya!

Cara Menerapkan Contactless Dining di Restoran Kamu

Pernah tidak kamu bayangkan kalau restoran kamu bisa berjalan secara digital bahkan bisa mengurangi kebutuhan pelayan restoran secara signifikan? Bisa juga dibilang sebagai restoran modern. Yep, kamu bisa banget mewujudkan visi restoran modern ini ke restoran kamu. Tenang, kamu tidak perlu robot kok untuk punya restoran yang bisa berjalan secara digital. Lalu bagaimana caranya? Terapkan contactless dining. Yuk, pelajari cara penerapannya?

Apa itu Contactless Dining

Contactless dining itu sistem yang memungkinkan pelanggan kamu bisa pesan makanan dan makan di tempat tanpa harus melakukan banyak interaksi antar manusia. Jadi, ketika pelanggan datang, mereka tidak memerlukan bantuan pelayan atau waiter/waitress lagi untuk melakukan transaksi pembelian. Pelanggan bisa membuka menu sendiri, pesan sendiri, bayar sendiri dan ambil makanan sendiri. Dengan begitu, kamu tidak perlu membayar terlalu banyak karyawan sebagai waiter/waitress.

Alurnya seperti apa sih?

Alurnya sederhana kok. Kamu bisa menggunakan QR code di meja restoran kamu yang bisa digunakan pengunjung untuk scan menggunakan handphone. Lalu di handphone pengunjung akan terbuka website eMenu yang bisa digunakan untuk memesan makanan. Selanjutnya pengunjung bisa lakukan pembayaran dari handphone dan data pesanan akan langsung diteruskan ke bagian kasir secara otomatis untuk diproses lebih lanjut. Setelah makanan/minuman selesai diproses, kamu bisa meletakkan makanan di konter pick-up. Pengunjung bisa dapatkan notifikasi pesanan selesai dan akhirnya tinggal ambil makanan di konter pick-up yang disediakan. Kamu jadi tidak perlu lagi mempekerjakan terlalu banyak pelayan untuk melayani order dan mengantarkan makanan.

Punya banyak benefit untuk restoran kamu

Contactless dining ini punya banyak benefit untuk bisnis kamu. Pertama, sistem ini contactless. Jadi mengurangi interaksi antar manusia dengan signifikan. Bisa dibilang, pelayan restoran kamu tidak perlu lagi melayani masing-masing pembeli. Alur seperti ini sangat aman untuk diterapkan di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Yang kedua, sistem self-service ini bisa mengurangi cost karyawan bisnis restoran kamu secara signifikan. Karena fungsi pelayan restoran sudah sebagian besar terpenuhi, kamu jadi tidak perlu mempekerjakan terlalu banyak pelayan dalam 1 restoran. Kamu mungkin hanya butuh beberapa untuk melayani pelanggan yang melakukan pertanyaan seputar produk dan restoran kamu, mengarahkan pelanggan ke konter pick-up, atau pekerjaan lain yang membutuhkan campur tangan manusia.

Ketiga, kamu bisa memberikan pengalaman makan yang berbeda kepada pelanggan kamu. Tidak seperti restoran lain yang menerapkan sistem manual dalam memesan makanan, kamu memberikan pengalaman digital untuk pelanggan kamu. Ini bisa menjadi suatu selling point restoran kamu, serta menjadi salah satu yang bisa diingat pelanggan karena keunikannya.

Keempat, pengelolaan restoran kamu jadi serba otomatis. Kesalahan atau kecurangan yang mungkin terjadi jika menggunakan sistem manual bisa diminimalisir. Kamu jadi bisa menjalankan restoran kamu dengan lebih tenang.

Wujudkan sekarang dengan iSeller F&B Online Ordering

Siapa bilang kamu tidak bisa mewujudkannya? Ada #SahabatJualan kamu disini yang siap membantu kamu mewujudkan restoran modern bayangan kamu. Kamu bisa mencoba iSeller F&B Online Ordering. Tidak hanya kamu akan punya website eMenu yang bisa digunakan pelanggan untuk pesan makanan, F&B Online Ordering juga sudah mendukung fitur table QR, pembayaran terlengkap hingga notifikasi pesanan selesai. Website restoran ini bahkan sudah terhubung dengan iSeller POS yang digunakan di kasir supaya mudah dalam memproses pesanan.

Nah, sekarang adalah waktunya kamu mewujudkan bayangan tersebut jadi kenyataan. Mulai bangun restoran modern kamu sendiri dan bawa restoran kamu ke level selanjutnya. Kunjungi halaman F&B Online Ordering ini untuk kamu mempelajari lebih lanjut tentang fitur-fiturnya. Ingin tips-tips bisnis lainnya? Jangan lupa berlangganan blog kami ya!

iSeller x SiCepat: Buat Delivery Produk Kamu Makin Cepat

Ada lagi nih integrasi terbaru untuk delivery dari iSeller dengan kurir lokal yang sedang naik daun belakangan ini, yaitu SiCepat! Selain semakin menambah pilihan kurir untuk pelanggan kamu, integrasi yang terjalin ini juga memiliki banyak benefit bagi bisnis kamu, baik dari sisi kemudahan hingga keamanan. Seperti apa aja sih benefit yang bisa kamu dapatkan dari integrasi ini? Yuk, simak bersama!

1. Pemanggilan Kurir ke Rumah

Customer pick-up parcel cardboard box package from red delivery man. Cargo service concept.

Dengan integrasi ini, kamu tidak perlu repot-repot loh ke kantor SiCepat untuk mengantarkan barang yang ingin dikirimkan. Kamu tinggal panggil saja kurir SiCepat langsung dari sistem kami dan kurir akan langsung datang ke rumah kamu untuk mengambil barang yang akan dikirim. Selain menghemat waktu, prosesnya juga sangat praktis dan memudahkan proses pengiriman barang.

2. Update Tarif Otomatis

Repot ga sih jika kamu harus selalu memantau tarif resmi yang berlaku di SiCepat secara manual setiap saat lalu harus memperbaharui tarifnya di website kamu. Kamu tidak perlu lagi melakukan hal seperti itu dengan integrasi ini. Tarif di website kamu akan di update secara otomatis sesuai dengan tarif terkini SiCepat. Jadi, kamu bisa tenang saja jika sewaktu-waktu terjadi perubahan tarif.

3. Pelacakan Pengiriman

iSeller juga sudah menyediakan fitur pelacakan pengiriman juga loh, langsung dari web admin kamu. Jadi, jika barang ternyata tidak sampai-sampai atau jika terjadi masalah pada saat pengiriman, kamu bisa membantu melacak keberadaan barang kamu. Kamu jadi tidak perlu khawatir lagi dan bisa mengelola bisnis kamu dengan lebih tenang.

4. Pengaktifan Mudah

Pengaktifan integrasi ini juga sangat mudah. Kamu tidak perlu lagi repot mengajukan kerjasama dengan SiCepat untuk pengaktifannya. Kamu hanya perlu mengaktifkannya dari web amin kamu, bahkan kamu bisa memilih layanan yang dibutuhkan langsung dari web admin juga. Untuk melihat cara pengaktifan lengkapnya bisa dibaca di artikel ini.

5. Mendukung Berbagai Layanan

Integrasi ini sudah mendukung berbagai layanan SiCepat untuk setiap kebutuhan yang berbeda-beda. Ada layanan SiUntung untuk pengiriman cepat di wilayah Jabodetabek dan Bandung. Ada juga layanan Besok Sampai Tujuan (BEST) yang menjamin barang kamu akan sampai tujuan dalam waktu 1 hari ke kota-kota besar di seluruh Indonesia. Ada juga layanan Cargo untuk pengiriman barang besar dengan minimal berat 5kg dan harga yang lebih murah. Jadi, apapun kebutuhan kamu, selalu ada solusinya. Kamu bisa lihat secara lebih lengkapnya di https://www.sicepat.com/service.

Yuk, sekarang saatnya kamu aktifkan layanan pengiriman SiCepat langsung di web admin kamu. Berikan pilihan lebih untuk pelanggan dengan memperbanyak metode pengiriman di website kamu dan tingkatkan kepuasan pelanggan. Kalau kamu belum bergabung menjadi bagian dari Sahabat iSeller, yuk gabung dengan cara mendaftarkan toko kamu di website kami. Jangan lupa juga ya untuk berlangganan blog kami! See you!