QRIS: Pembayaran Kekinian untuk New Normal

Penggunaan pembayaran digital semakin diminati saja terutama selama masa-masa New Normal seperti sekarang ini. Masyarakat jadi cenderung mengurangi penggunaan uang cash/tunai jika tidak benar-benar diperlukan dan mulai beralih ke pembayaran digital wallet. Di antara banyak digital wallet populer saat ini, ada 1 sistem yang menaungi mereka semua yaitu sistem QRIS atau Quick Response code Indonesian Standard. Nah, sistem ini oke banget untuk diterapkan saat New Normal seperti ini. Kenapa sih? Simak lebih lanjut!

Direkomendasikan oleh Bank Indonesia

Dilansir dari Kompas, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warijyo mendorong para pelaku UMKM untuk menggunakan QRIS di tengah New Normal sekarang ini. Perry menjelaskan bahwa UMKM sekarang ini harus mencari cara-cara baru dalam menjalankan bisnis, salah satunya dengan digitalisasi. Perry juga mengatakan, “Kita akan mendorong pasar-pasar tradisional, para petani, nelayan dan UMKM untuk melakukan digitalisasi pembayaran QRIS. Kita dorong mereka bukan hanya untuk memperbaiki inklusi keuangannya tapi juga inklusi ekonomi kita.” Lalu, benefit apa sih yang bisa didapatkan dari sistem QRIS ini?

Cukup 1 QR untuk Semua Jenis Pembayaran

Jika sebelumnya kamu harus menyediakan beberapa QR atau bahkan EDC yang berbeda-beda di setiap pembayaran, dengan QRIS ini kamu hanya membutuhkan 1 QR saja untuk semua metode. Dengan sistem sentralisasi seperti ini, proses pembayaran akan jadi sangat mudah dan praktis. Resiko terjadinya error karena jaringan pun bisa diminimalisir.

Contactless, Lebih Aman Saat New Normal

Pembayaran dengan QRIS ini dapat mengurangi kontak fisik antara pelanggan kamu dengan kasir. Pelanggan bahkan tidak perlu menyentuh apapun selain smartphone pribadi yang digunakan untuk membayar. Hanya tinggal scan QR code saja langsung dari handphone pelanggan dan selesai. Tidak perlu uang tunai bahkan tidak perlu kartu juga. Sangat praktis dan aman diterapkan di tengah New Normal.

Tidak Perlu Input Nominal Pembayaran

QR code yang digunakan untuk sistem QRIS ini ada 2 macam. Ada Static QR dan Dynamic QR. Bedanya adalah dari segi penggunaannya. Untuk Static QR, pelanggan kamu harus memasukkan nominal pembayaran secara manual saat melakukan pembayaran. Namun, untuk Dynamic QR, semua lebih terdigitalisasi karena pelanggan tidak perlu input nominal secara manual. Resiko kesalahan pembayaran jadi lebih kecil dan praktis untuk kamu dan pelanggan.

iSeller Pay QRIS, Cara Mudah Terapkan QRIS

Kamu tidak perlu bingung cara mengaktifkan QRIS di toko kamu. iSeller sekarang sudah mendukung sistem QRIS loh, jadi pelanggan kamu bisa melakukan pembayaran dengan QRIS langsung dari POS kamu. iSeller Pay QRIS juga mendukung dynamic QR jadi bakal lebih praktis. Kamu juga tidak perlu repot-repot mengadakan kerjasama manual dengan masing-masing metode pembayaran karena iSeller sudah mengurus semuanya. Hanya tinggal aktifkan saja dan selesai!

Yuk, mulai terapkan metode pembayaran digital modern ini di toko kamu supaya bisnis kamu makin praktis dan kekinian. Selain sistem QRIS, kamu juga bisa dapat banyak sekali benefit dari penggunaan platform penjualan digital iSeller ini. Kunjungi saja website kami jika kamu ingin tahu lebih lanjut. Jangan mau ketinggalan zaman, buat pelanggan senyaman mungkin saat berbelanja dan buat mereka semakin jatuh cinta sama toko kamu!

Mau Olahraga di Tempat Umum Saat New Normal? Perhatikan Tipsnya!

Berolahraga di tempat umum seperti jogging di taman memang menyenangkan, karena sambil berolahraga kita juga bisa sekalian cuci mata melihat pemandangan sekitar. Apalagi jika olahraga yang dilakukan bersama keluarga. Namun, di saat New Normal seperti ini kamu tidak bisa berolahraga sembarangan. Banyak hal-hal yang harus diperhatikan supaya tidak menambah penyebaran Covid-19. Untuk yang ingin berolahraga di tempat umum, simak yuk tipsnya!

1. Jaga kebersihan diri sendiri

Saat kamu berolahraga di depan umum, hal paling penting yang harus kamu perhatikan adalah kebersihan diri sendiri. Selalu bawa hand sanitizer dan sering-seringlah mencuci tangan jika ada kesempatan. Jika berkeringat dan ingin mengelap wajah, gunakan handuk bersih dan hindari menggunakan tangan, karena bisa saja tangan kamu sempat menyentuh permukaan yang terkena virus. Jadi, jangan lengah dan tetap jaga kebersihan diri.

2. Pilih lingkungan yang tidak terlalu ramai dan jaga jarak

Mau kamu olahraga di taman atau di tempat gym, selalu hindari lingkungan yang terlalu ramai serta hindari juga kerumunan orang. Kamu bisa memilih tempat gym yang sepi atau taman yang luas sehingga tidak akan berkerumun. Tetap jaga social distancing dengan orang-orang sekitar karena kita tidak akan pernah tahu apakah orang di sekitar merupakan OTG (Orang Tanpa Gejala) atau tidak. Tidak ada salahnya berjaga-jaga bukan?

3. Semprot permukaan alat dengan sanitizer

Jika kamu menggunakan alat untuk berolahraga seperti peralatan gym, pastikan selalu membersihkan alat sebelum dipakai dengan sanitizer. Bisa jadi orang yang menggunakan alat tersebut sebelumnya adalah OTG. Hindari juga menyentuh peralatan olahraga bekas pemakaian orang lain jika tidak diperlukan. Sebagai contoh jika kamu ingin lari di atas treadmill, jika tidak diperlukan jangan menyentuh pegangan treadmill. Kecuali jika kamu memang perlu berpegangan saat lari.

4. Gunakan face shield saat berolahraga

Menjaga kebersihan area wajah sangat penting pada saat berolahraga karena Covid-19 bisa memasukki tubuh dari area wajah seperti mata hidung dan mulut. Maka dari itu, gunakanlah face shield saat berolahraga jika memungkinkan. Penggunaan face shield lebih aman dibanding penggunaan masker karena tidak akan membuat sesak napas sehingga kamu bisa bernafas lega dan tetap terlindungi.

Oh ya, satu hal yang perlu kamu ingat, berolahraga tidak harus berlebihan kok kecuali kamu sedang melakukan body building. Jangan pernah memaksakan diri melakukan olahraga berat jika tidak terbiasa karena kamu bisa cidera. Yuk, mulai olahraga dan biasakan gaya hidup sehat supaya tubuh kamu makin bugar dan fit di tengah pandemi ini. Setelah berolahraga, saatnya produktif kembali dalam menjalani bisnis dengan semangat. Selalu kunjungi website kami yaa untuk mendapatkan beragam solusi bisnis kamu. See you!

iSeller Stock Count: Kelola Inventori dari Handphone

Pernah ga sih kamu merasa ribet saat melakukan stock opname jika harus membawa-bawa kertas atau bahkan laptop? Nah, sekarang tuh sudah zaman digital dimana semuanya harus dibuat jadi #AntiRibet termasuk dalam berbisnis. Di sini #SahabatJualan kamu mau kenalin aplikasi baru yang memungkinkan kamu melakukan stock opname hanya dari handphone saja, yaitu iSeller Stock Count. Seperti apa sih aplikasi ini? Yuk, simak bersama!

1. Kelola stok produk cuma dari handphone

Saat kamu melakukan stok opname, pasti akan sangat ribet kalau kamu harus membawa-bawa laptop atau kertas. Karena selain kamu harus mencatat, kamu juga harus menghitung jumlah stok produk asli di hadapan kamu. Bayangkan jika kamu bisa melakukannya hanya dari handphone saja? Praktis banget. Dengan iSeller Stock Count, kamu bisa menghitung dan mengajukan perubahan stok produk hanya dengan sebuah handphone di genggaman tangan. Kamu tidak perlu lagi membawa-bawa laptop saat melakukan stok opname!

2. Lebih praktis dengan scan barcode produk

Kamu tidak perlu lagi input nama produk dan varian secara manual. iSeller Stock Count sudah mendukung penginputan produk dengan cara paling praktis yaitu menggunakan barcode scan lewat kamera handphone. Yang perlu kamu lakukan hanyalah scan produk kamu dan produk akan terinput otomatis sesuai dengan informasi produk yang sudah kamu atur di web admin.

3. Dukung beberapa sesi penghitungan

Untuk mempermudah pemantauan stock opname oleh karyawan, iSeller Stock Count mendukung beberapa sesi penghitungan untuk dilakukan di waktu dan karyawan yang berbeda. Kamu bisa review setiap penghitungan yang dilakukan langsung dari handphone mulai dari nama, waktu sesi hingga outlet dimana diadakan penghitungan. Kamu bahkan bisa melihat alasan penyesuaian jumlah stok, sebagai contoh stok ternyata berkurang karena produk yang terdaftar sudah kadaluarsa.

4. Penghitungan akan di update langsung ke sistem iSeller

Setiap penghitungan yang dilakukan di iSeller Stock Count akan langsung di update ke iSeller Cloud dimana kamu dapat melakukan proses approval. Jika kamu merasa bahwa penghitungan yang dilakukan belum benar, kamu bisa menolak hasil penghitungan yang tidak akan merubah apapun. Sementara jika penghitungan sudah benar, kamu bisa menyetujuinya yang dengan otomatis akan merubah stok produk sistem kamu. Kamu jadi tidak perlu mengubah stok produk secara manual lagi!

Yuk, mulai permudah pengelolaan bisnis kamu. Mulai tinggalkan cara-cara lama dan jangan terus mempersulit diri. Langsung saja download aplikasi iSeller Stock Count ini di Google Play Store dan nikmati mudahnya mengelola bisnis bersama #SahabatJualan kamu. Jangan lupa juga untuk selalu mengunjungi website kami untuk mendapatkan informasi produk dan layanan kami secara lengkap.

Tingkatkan Performa Bisnis Kamu dengan eVoucher

Kamu mungkin sudah sering mendengar tentang sistem pemberian voucher toko kepada pelanggan. Tidak heran karena sistem voucher toko ini memiliki banyak benefit yang bisa meningkatkan performa bisnis kamu. Nah, zaman sekarang ini voucher lebih sering diberikan secara digital atau yang biasa disebut dengan eVoucher. Cara mengelolanya-pun sekarang semakin mudah. Pelajari yuk benefit penggunaan eVoucher di toko kamu serta tips pengelolaannya!

1. Menarik Pelanggan Baru

Pemberian eVoucher ini bisa kamu manfaatkan loh untuk menarik pelanggan baru. Kamu bisa mengadakan program promosi dimana pelanggan yang baru mendaftar sebagai member toko akan mendapatkan eVoucher. Dengan demikian, pelanggan-pelanggan baru akan lebih tertarik untuk coba berbelanja di toko kamu karena akan mendapatkan benefit lebih.

2. Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

Tidak hanya pelanggan baru, eVoucher juga bisa meningkatkan rasa cinta pelanggan lama terhadap toko kamu. Kamu bisa menciptakan program loyalitas pelanggan dengan menggabungkan sistem poin loyalti dengan voucher. Sebagai contoh, pelanggan bisa mengumpulkan poin loyalti dari pembelanjaan reguler dan menukarkan poin yang sudah dikumpulkan dengan eVoucher toko kamu. Dijamin pelanggan akan semakin setia berbelanja deh!

3. Bisa Digunakan untuk Marketing Campaign

Ketika toko kamu mengadakan marketing campaign, kamu bisa banget loh menggunakan eVoucher toko kamu sebagai bagian dari campaign kamu. Kamu bisa mengadakan photo contest di social media untuk meningkatkan engagement sebagai contoh, lalu memberikan eVoucher sebagai hadiah kepada pemenang contest kamu. Kamu bisa mengatur agar eVoucher yang diberikan hanya bisa digunakan di toko kamu saja sehingga pemenang mau tidak mau tetap harus berbelanja ke toko kamu untuk menggunakan eVoucher yang didapatkannya. Selain meningkatkan engagement, kamu juga bisa meningkatkan penjualan toko dengan melakukan upselling saat pelanggan datang ke toko. Asik kan?

4. Meningkatkan Penjualan Cabang Tertentu

Kalau bisnis kamu memiliki banyak cabang, tentunya tidak semua cabang memiliki performa yang sama. Bisa saja ada cabang yang performanya lebih buruk daripada cabang lainnya. Nah, kamu bisa memanfaatkan eVoucher untuk meningkatkan penjualan cabang tersebut. Sebagai contoh, kamu bisa memberikan eVoucher yang hanya bisa digunakan di cabang tersebut. Dengan begitu performa cabang akan meningkat.

5. Bisa Dikelola Dengan Lebih Mudah

Jika toko kamu masih menggunakan voucher fisik, kamu akan lebih ribet mengelolanya karena bisa saja hilang, rusak atau bahkan robek. Selain itu kamu jadi harus memiliki daftar voucher manual, selalu mencatat kode voucher yang keluar dan lain sebagainya. Ribet banget dan rawan terjadi kesalahan. Nah, dengan menggunakan eVoucher kamu tidak perlu repot-repot membuat voucher fisik karena yang perlu kamu lakukan hanyalah membuat kode voucher untuk pelanggan. Pengelolaannya juga serba digital dan otomatis menggunakan iSeller yang sudah mendukung sistem eVoucher. Kamu bisa membuat daftar voucher secara digital dan bahkan bisa dikelola dalam bentuk grup-grup voucher. Mudah banget kan?

Jadi untuk kamu yang lagi kehabisan ide untuk meningkatkan performa bisnis kamu, bisa banget coba terapkan sistem eVoucher ini. Untuk pengelolaannya ada #SahabatJualan kamu disini yang akan membantu. Kunjungi juga website kami untuk mempelajari beragam solusi yang akan membuat pengelolaan bisnis kamu semakin efisien. Jangan lupa juga untuk selalu berlangganan blog kami ya! Cheers!

Terapkan Social Distancing di Restoran Kamu dengan Tips Berikut!

Di tengah New Normal sekarang ini, bisnis restoran mendapatkan dampak yang paling besar. Bagaimana tidak, restoran adalah tempat dimana pelanggan justru harus membuka masker dan face shield mereka untuk makan. Tidak mungkin dong pelanggan kamu makan dengan masker menutupi wajah. Karena itu resiko penyebaran virus jadi lebih tinggi di dalam restoran.

Kamu yang memiliki bisnis restoran saat ini harus memutar otak untuk menerapkan social distancing di restoran mereka tanpa mengurangi kenyamanan pengunjung. Kamu juga harus bisa mengelola sistem social distancing yang diterapkan dengan baik supaya operasional kamu tidak terganggu. Nah, kalau kamu bingung cara menerapkan social distancing di bisnis restoran kamu, simak yuk beberapa ide dari #iSellerCare yang mungkin bisa kamu terapkan!

1. Kurangi kapasitas meja dengan sticker

Source: https://presto.com/2020/04/15/what-will-social-distancing-in-restaurants-look-like/

Cara paling simple dalam menerapkan social distancing adalah dengan membatasi kapasitas meja. Supaya tidak ribet, kamu bisa menempelkan sticker di meja untuk menandai spot yang tidak boleh diduduki. Kamu bisa berkreasi dengan sticker apa saja, namun yang paling umum adalah sticker X atau tanda silang karena pengunjung bisa langsung memahami kalau spot tersebut tidak bisa diduduki. Kamu bisa mengurangi kapasitas meja hingga setengah kapasitas awal sehingga social distancing tetap terjaga meski duduk dalam 1 meja yang sama.

2. Atur jarak antar meja minimal 2 meter

Kamu juga bisa mengatur jarak antar meja di restoran kamu minimal 2 meter untuk mengurangi kontak fisik dengan orang lain di meja sebelah. Selain lebih lega, jarak 2 meter ini juga aman sebagai jalur pengunjung berjalan tanpa harus bersinggungan dengan orang lain. Jika kamu memiliki waiter atau pelayan pun tidak akan takut bersinggungan dengan pengunjung saat sedang mengantarkan pesanan.

3. Lebih aman dengan pembatas plastik

Source: https://www.latimes.com/business/story/2020-05-06/reopening-economy-restaurants-retail-movies-sports

Jika kamu ingin pelanggan restoran kamu lebih aman dari droplet, kamu juga bisa memasang pembatas plastik di setiap meja. Selain memberikan pengalaman makan yang lebih eksklusif kepada pelanggan, mereka juga akan merasa lebih aman saat makan karena aman dari droplet pengunjung lain. Kalau ingin lebih unik lagi, kamu bisa membuat ruangan-ruangan kecil yang bisa pengunjung gunakan.

4. Pengalaman makan unik dan aman dengan boneka

Source: https://www.instagram.com/zhenyang39108/

Untuk memberikan pengalaman yang unik dan berkesan kepada pelanggan, kamu bisa menerapkan ide ‘boneka teman makan’ yang sudah diterapkan oleh beberapa restoran di Jepang. Dibanding menggunakan stiker X untuk menandai spot yang tidak boleh diduduki, kamu justru bisa meletakkan boneka di spot tersebut seolah-olah boneka tersebut adalah teman makan pelanggan. Selain lucu dan unik, ide seperti ini pasti akan berkesan bagi pelanggan dan bisa jadi pelanggan justru akan berfoto bersama boneka kamu dan membagikannya di social media. Psst, kamu bisa menggunakan boneka yang menggambarkan restoran atau cafe kamu loh, misalnya boneka bentuk coffee cup berlogo cafe kamu!

5. Atur meja pelanggan dengan iSeller Table Layout

Supaya operasional restoran kamu tetap lancar walaupun banyak pembatasan dari sisi tempat duduk pelanggan, kamu bisa menggunakan sistem penjualan digital yang mendukung fitur pengelolaan meja seperti iSeller. Kamu bisa menikmati mudahnya mengelola meja pelanggan dengan fitur Table Layout langsung dari POS kamu, mulai dari pengaturan kapasitas meja hingga posisi duduk pelanggan. Kamu bahkan bisa mengetahui pesanan di setiap posisi meja, sehingga pelayan kamu tidak perlu pusing mencari meja saat mengantar pesanan.

Selalu ada solusi mudah untuk setiap keadaan. Jadi, untuk kamu pelaku bisnis F&B jangan menyerah dulu. Ciptakan ide-ide kreatif untuk restoran kamu dan untuk penerapannya, #SahabatJualan kamu disini akan membantu. Yuk, kunjungi website kami untuk mempelajari berbagai solusi menarik lainnya. Jangan lupa ya untuk berlangganan blog ini untuk mendapatkan tips-tips bisnis menarik. See you in our next post!

iSeller x Accurate: Permudah Manajemen Keuangan Bisnis

Pernah tidak kamu merasa susah mengelola keuangan bisnis? Selisih penjualan dan pemasukkan, laporan laba rugi yang kurang tepat, hingga pembukuan manual yang ribet bukan main. Belum lagi pengelolaan stok produk yang harus dihitung setiap saat. Setiap hari harus pusing menyamakan angka-angka penjualan supaya tidak selisih. Itulah yang mungkin kamu hadapi jika kamu masih menggunakan sistem penjualan dan pengelolaan keuangan manual.

Jangan khawatir, iSeller dan Accurate sekarang sudah hadir dengan integrasi terbaru yang akan membuat pengelolaan keuangan bisnis kamu semakin praktis. Integrasi antara aplikasi Point-of-Sale (POS) terlengkap di Indonesia dengan sistem digital accounting ini menawarkan banyak sekali kemudahan dalam mengelola seluruh produk, penjualan, transaksi, hingga pembukuan bisnis kamu. Kemudahan seperti apa saja sih? Yuk, simak bersama!

Sinkronisasi data penjualan dan inventory

Integrasi antara iSeller dan Accurate ini memungkinkan kamu untuk sinkronisasi seluruh data penjualan dan inventory dari sistem POS iSeller ke Accurate dengan sangat mudah. Kamu tidak perlu lagi menyamakan data satu per satu yang akan sangat memakan waktu. Sinkronisasi saja secara digital dan kamu tinggal mengolahnya dengan sangat mudah.

Laporan laba rugi yang lebih akurat

Untuk menghitung laba rugi dari bisnis kamu, pasti banyak aspek yang harus diperhitungkan. Kamu harus memperhatikan detil penghitungan dengan baik seperti pengeluaran dan pemasukkan. Nah, dengan integrasi iSeller dan Accurate ini, kamu bisa mendapatkan laporan laba rugi yang tidak hanya lebih akurat, namun juga lebih mudah dan tidak memakan waktu. Seluruh penghitungan pemasukkan dan pengeluaran dapat dilakukan secara digital, jadi kamu tidak perlu pusing-pusing mengolah secara manual.

Pengelolaan multi outlet

Jangan pusing jika kamu punya banyak outlet dengan penjualan yang terpisah serta stok produk yang berbeda-beda. Semuanya bisa kamu kelola dengan mudah dengan integrasi iSeller dan Accurate ini. Mulai dari penjualan setiap outlet hingga pengelolaan inventory dan transfer produk antar outlet bisa kamu kelola secara efisien. Kamu bahkan bisa memantau performa setiap outlet kamu baik secara terpisah maupun secara keseluruhan dengan laporan yang lengkap.

Mengurangi resiko kesalahan

Portrait of happy businessman with tablet in office

Banyak sekali kesalahan penghitungan yang terjadi ketika kamu mengelola bisnis kamu secara manual. Kegiatan penginputan manual yang repetitif dan melelahkan bisa saja mengakibatkan human error yang pastinya akan sangat merugikan baik dari segi waktu dan materi. Dengan integrasi ini, kamu bisa mengurangi resiko kesalahan hingga 95% dan meningkatkan produktivitas hingga 80%. Kamu bahkan bisa menghemat waktu hingga 30jam per minggu berdasarkan survey. Bisnis kamu akan jadi lebih efisien!

Integrasikan dengan sangat mudah

Kamu juga bisa mengintegrasikan POS iSeller dan Accurate dengan sangat mudah loh. Sebelumnya, pastikan kamu sudah memiliki kedua akun iSeller dan Accurate Online. Kemudian, kamu tinggal ke menu Apps di web admin iSeller kamu dan aktifkan add-on Accurate. Setelah itu kamu tinggal koneksikan akun Accurate kamu saja dan kamu sudah bisa menikmati beragam benefit dari integrasi ini seperti yang sudah dijelaskan di atas. Untuk step integrasi detil, silahkan pelajari dokumentasi Integrasi iSeller dan Accurate.

Accurate sendiri juga merupakan software akuntansi cloud yang sudah memberikan banyak kemudahan untuk pelaku UMKM di Indonesia. Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi untuk mengintegrasikan iSeller POS dengan Accurate. Selain itu, kami juga punya penawaran spesial khusus pengguna baru iSeller dan Accurate. Silakan kunjungi website kami info lebih lanjutnya. Yuk, saatnya bangun pengelolaan keuangan bisnis yang efisien bersama #SahabatJualan kamu!

Apa Itu Bisnis O2O? Pelajari Benefit dan Penerapannya!

Jika kamu pernah mendengar tentang bisnis O2O atau Online to Offline, kamu mungkin bertanya-tanya maksudnya apa sih? Model bisnis ini memang belum terlalu awam di Indonesia, namun bukan berarti bisnis O2O ini tidak layak dicoba. Justru bisnis O2O ini bisa menjadi solusi peningkatan penjualan bagi pengusaha karena memiliki banyak benefit. Seperti apa sih bisnis O2O ini dan penerapannya? Simak bersama!

Bisnis yang Melibatkan Multi-Channel

Selama ini kita mengetahui yang namanya bisnis online atau bisnis offline. Bisnis online adalah yang melibatkan penjualan lewat toko online seperti website atau marketplace. Sementara bisnis offline adalah bisnis yang dijalankan dari toko fisik seperti di ruko atau di mall-mall. Nah, beda cerita dengan bisnis O2O. Bisnis O2O ini justru melibatkan keduanya, channel penjualan online dan offline bersamaan dalam suatu pengelolaan yang tersentraliasasi. Banyak sekali contoh penerapannya. Yang paling umum adalah pembelian barang secara online untuk di ambil di toko offline (BOPIS). Bisa juga dengan menggunakan katalog online atau bahkan penggunaan digital self-service kiosk juga bisa dianggap sebagai O2O.

Benefit bisnis O2O

Bisnis O2O memiliki banyak sekali benefit yang bisa dibilang merupakan solusi pemecahan masalah bisnis single channel. Dengan menggabungkan kedua channel bersamaan, pebisnis bisa mendapatkan kelebihan dari masing-masing channel dengan lebih baik. Berikut adalah beberapa benefit yang bisa kamu dapatkan dari bisnis O2O:

  • Pengelolaan bisnis lebih terdigitalisasi. Dengan menggunakan channel penjualan online, pengelolaan data penjualan bisnis kamu lebih terdigitalisasi, lebih rapi dan sistematis.
  • Jangkauan channel promosi lebih luas. Jika kamu hanya menjual secara offline, jangkauan penjualan dan promosi toko kamu lebih terbatas. Dengan menerapkan channel online juga, kamu bisa memperluas jangkauan toko kamu.
  • eCatalog untuk pelanggan. Bisnis online biasanya melibatkan eCatalog yang bisa pelanggan gunakan untuk mengecek produk-produk yang dijual secara online. Pelanggan jadi bisa paham produk kamu tanpa harus cek ke toko fisik.
  • Permudah pelanggan melakukan pembelian. Dengan menerapkan toko online, pelanggan kamu tidak hanya bisa cek produk namun bisa membeli langsung. Tentunya akan sangat mempermudah proses pembelian.
  • Bisa mendapatkan data pelanggan. Kamu juga bisa mendapatkan data kontak pelanggan dari email dan nomor telp yang didaftarkan saat mereka membeli online. Kamu jadi bisa membagikan program toko kamu kepada mereka.

Tips Penerapan Bisnis O2O dengan Mudah

Setelah kamu mengetahui benefit-benefit dari bisnis O2O ini, saatnya kamu mempelajari tips penerapannya yang tanpa ribet. Cara paling mudah adalah, kamu bisa menggunakan platform penjualan yang mendukung penjualan online dan offline bersamaan seperti iSeller. Platform penjualan omni-channel inilah yang akan menjadi solusi total penerapan bisnis O2O. Simak solusi-solusi yang kami tawarkan berikut.

1. Bisa punya website dan jalankan toko fisik bersamaan

Yep, kamu bisa mendapatkan 2 sistem penjualan sekaligus yaitu website untuk berjualan online dan sistem POS untuk toko fisik kamu. Untuk membuat websitenya bahkan kamu tidak perlu coding atau hire jasa programmer. Kamu bisa membangun website kamu sendiri. Asiknya lagi, online store kamu ini sudah terintegrasi dengan POS kamu. Jadi, tidak perlu kebingungan lagi saat mulai menerapkan O2O ini di bisnis kamu.

2. Sistem tersentralisasi antara online dan offline

Kamu juga tidak perlu pusing menyamakan data-data produk dan penjualan antar channel. iSeller sudah memiliki sistem yang tersentralisasi mulai dari list produk, harga, hingga stok produk atau inventori. Sebagai contoh, kalau ada penjualan 1 tas di channel online, stok tas kamu di POS juga akan otomatis berkurang 1. Kamu bahkan bisa dapatkan laporan penjualan lengkap per channel penjualan sehingga kamu bisa memantau performa setiap channel dengan baik.

3. Mendukung sistem BOPIS

Sistem pembelian online untuk diambil di toko fisik juga sudah didukung iSeller loh. Pelanggan bisa membeli produk dari website kamu untuk kemudian diambil sendiri ke toko fisik. Sistem ini akan sangat membantu pelanggan yang malas menunggu delivery produk. Praktisnya lagi, iSeller bisa akan memberikan notifikasi pesanan masuk dari channel online langsung ke POS kamu sehingga kamu bisa sigap menyiapkan barang pesanan untuk diambil. Pelanggan pun bisa mendapatkan notifikasi ketika barang sudah siap. Sistem notifikasi 2 arah ini akan sangat membantu kamu menjalankan bisnis O2O.

Apa kamu sudah mulai tertarik menjalankan bisnis O2O bersama #SahabatJualan kamu? Kamu bisa langsung saja daftarkan toko kamu sekarang juga atau kunjungi website kami untuk mempelajari lebih lanjut. Jangan lupa selalu berlangganan blog ini untuk mendapatkan berbagai tips-tips bisnis menarik lainnya!

Cerita Sahabat – Aprillauw, Dari Bekerja di Restoran Hingga Sukses Bisnis Online

Jika ada yang pernah berkata bahwa bisnis dan hobi itu susah dijalankan bersama, siapa bilang? Kenalin salah satu sahabat iSeller, Rahel Angellauw, pengusaha cantik pemilik online store Aprillauw yang sudah sukses di usia muda dengan bisnis bumbu dapur dan frozen foodnya. Rahel yang sudah bercita-cita menjadi pengusaha ini memulai bisnisnya berawal dari hobi. Seperti apa kisahnya? Yuk, simak bersama.

Dari kerja di restoran hingga punya bisnis sendiri

Dengan latar belakang bekerja di salah satu restoran ternama, tumbuhlah rasa cinta Rahel terhadap makanan dan bisnis F&B. Rahel yang juga sudah sejak dahulu bercita-cita menjadi seorang pengusaha, akhirnya memutuskan untuk memulai bisnis sendiri dengan menjual beragam bumbu dapur khas Indonesia serta frozen food pada awal tahun 2020 ini. Bukan tanpa halangan, pada saat memulai bisnis, banyak orang-orang di sekitar yang mencemooh dan meremehkan Rahel karena usianya yang masih muda. Namun, dengan tekad kuat dan semangat pantang menyerahnya, Rahel akhirnya perlahan berhasil mengembangkan bisnis online F&B-nya sendiri, Aprillauw.

Cita-cita mulia untuk generasi muda

Membangun bisnis bumbu dan frozen food ini selain didasari oleh hobi, ternyata juga didasari cita-cita mulia. Rahel berharap, produk-produk yang dijualnya bisa memperkenalkan cita rasa khas Indonesia ke muda mudi zaman now yang rata-rata ingin memasak yang simple dan anti-ribet. Rahel juga berharap bisnisnya bisa go international sehingga cita rasa makanan Indonesia juga bisa mendunia. Produk yang dijual-pun benar-benar fresh tanpa pengawet, namun bisa tahan dari 3 hari hingga beberapa bulan tergantung produknya, sehingga pelanggan tidak perlu khawatir bahwa produknya akan rusak saat pengiriman.

Memilih berjualan online karena lebih fleksibel

Untuk memulai bisnisnya, Rahel memutuskan untuk berjualan online. Tidak hanya lebih fleksible, dengan berjualan online Rahel tidak perlu menyewa tempat untuk berjualan fisik. Ternyata, keputusannya untuk berjualan online terbukti menjadi keputusan yang tepat karena ternyata dua bulan setelah Rahel memutuskan untuk berjualan online, terjadilah pandemi Covid-19 di Indonesia. Rahel paling merasakan dampak terbesarnya dalam bisnis pada saat mulai diterapkan PSBB, dimana penjualan online storenya meningkat pesat. Beliau mengatakan bahwa faktor terbesarnya adalah karena masyarakat lebih memilih memesan bumbu makanan online daripada harus keluar membeli bahan yang berisiko terpapar penyebaran Covid-19.

Online store yang dibangun beliau-pun beroperasi dari jam 9 pagi hingga jam 2 siang. Sehingga beliau memiliki waktu untuk menyiapkan pesanan-pesanan yang datang. Disamping memang karena passionnya di bidang F&B, fleksibilitas waktu ini-lah yang paling disukai Rahel dalam berbisnis. Dengan bisnis online storenya ini juga Rahel bisa membantu perekonomian keluarga di tengah pandemi.

Keputusan memilih platform berjualan yang tepat

Untuk mempermudah pengelolaan bisnisnya, Rahel memutuskan untuk mencari platform penjualan yang mendukung penjualan online. Belajar dari teman yang sudah terlebih dahulu memulai bisnis, Rahel melihat mudahnya mengelola online store bersama iSeller. Pada akhirnya, Rahel mengambil langkah inovatif untuk menjadi bagian dari Sahabat iSeller untuk merasakan langsung benefitnya.

Setelah beberapa bulan ini berjualan online bersama #SahabatJualan, Rahel merasakan beragam kemudahan mulai dari terwujudnya cita-cita beliau untuk memiliki website online sendiri hingga praktisnya mengatur metode pembayaran di website beliau. Beliau juga mengatakan bahwa fitur-fitur penjualan yang lengkap sangat membantu beliau dalam mengelola penjualan dengan mudah dan anti-ribet.

Hingga saat ini, walaupun sudah memasukki masa transisi menuju New Normal, penjualan Aprillauw tetap stabil bahkan relatif meningkat. Beliau merasakan bahwa keputusannya memulai bisnis online bersama iSeller merupakan keputusan sangat yang sangat tepat.

Tips Bisnis dari Aprillauw

Business development to success and growing growth concept, Businessman pointing arrow graph corporate future growth plan

Untuk kamu yang ingin memulai bisnis pun, Rahel membagikan beberapa tips berdasarkan pengalaman dia sendiri. Beliau menyarankan untuk selalu bekerja keras dan pantang menyerah karena membangun bisnis itu tidak mudah. Selain itu, pasti akan ada orang-orang yang meremehkan dan menjatuhkan. Jangan didengarkan kata-kata negatif seperti itu karena akan membuat kamu menyerah. Serta yang paling penting adalah selalu mengandalkan Tuhan.

Apakah kamu bercita-cita jadi pengusaha juga? Atau kamu sedang menjalankan usaha dan membutuhkan sistem pengelolaan yang mudah? Belajar dari cerita sahabat iSeller ini dan mulai kembangkan bisnis bersama #SahabatJualan kamu. Kamu tinggal daftarkan saja toko kamu di website kami dan kamu sudah bisa segera berjualan. Jangan lupa langganan blog kami juga ya untuk berbagai tips bisnis dan cerita sahabat lainnya. See you in our next post!

5 Ide Kegiatan Fun Selama New Normal

New Normal sudah diterapkan hampir dimana-mana nih. Saatnya kita melakukan aktivitas-aktivitas fun yang sebelumnya dibatasi pada saat PSBB. Eit, tunggu dulu. Jangan lupa kalau New Normal bukan berarti kita bebas dari ancaman Covid-19. Maka dari itu, pilihlah aktivitas yang seminimal mungkin tidak membantu penyebaran virus. Jika kamu bingung, simak beberapa ide kegiatan fun dari #iSellerCare yang bisa kamu lakukan saat New Normal!

1. Jalan-Jalan di Dalam Mobil

Banyak banget orang yang pada saat PSBB merasa terkurung di rumah, karena akses transportasi yang sangat terbatas. Bahkan untuk sekadar berjalan-jalan dalam mobil bersama keluarga terasa sulit karena kapasitas maksimal kendaraan yang dibatasi hanya 50% saja. Nah, kebijakan New Normal ini sudah memperbolehkan kamu untuk bepergian dengan kapasitas mobil full selama masih 1 keluarga. Ini kesempatan kamu buat jalan-jalan keliling kota bersama keluarga. Supaya lebih aman, lakukan aktivitas di dalam mobil seperti makan. Ini juga kesempatan yang bagus bagi para pebisnis untuk memanfaatkan moment ini dengan menerapkan sistem BOPIS. Pelanggan kamu jadi bisa pesan online di mobil, lalu pick-up di store kamu ketika pesanan jadi untuk dimakan di dalam mobil atau dalam store.

2. Olahraga Bareng Keluarga

Kamu juga bisa nih berolahraga bareng keluarga kamu di sekitar komplek. Berbagai jenis olahraga bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah jogging. Selain sehat, kamu juga bisa cuci mata. Daripada suntuk di rumah terus kan selama ini? Walaupun begitu, pastikan untuk selalu memakai masker dan menghindari kerumunan ya. Mungkin akan terasa tidak nyaman saat berolahraga dengan masker. Namun, kamu bisa biasakan demi kesehatan.

3. Piknik di Luar Ruangan

Piknik bersama keluarga juga pasti seru banget deh. Setelah sekian lama di rumah aja, kamu bisa nih sama keluarga pergi keluar untuk piknik sederhana. Lokasinya ga perlu jauh-jauh kok, bisa di taman atau bahkan di teras rumah sendiri. Yang penting adalah suasana kekeluargaan dan pengalaman piknik outdoor yang bakal membuat pikiran kamu kembali fresh. Kamu tinggal gelar tikar saja dan bawa lunch box. Pasti seru banget deh. Oh ya, jika kamu ingin memilih tempat umum, hindari spot yang banyak kerumunan orang yaaa. Pilih spot terbaik untuk pengalaman piknik yang sehat dan aman.

4. Ubah Gaya Rambut Kamu

Source: https://www.instagram.com/ixobox/

Dengan diterapkannya New Normal, beberapa salon dan barbershop sudah mulai beroperasi seperti biasa nih. Saatnya buat kamu untuk ganti gaya rambut untuk penampilan yang lebih fresh. Bagi para lelaki yang selama ini kesulitan mencukur rambut, sekarang waktunya untuk kembali merapikan penampilan. Salah satu barbershop terbaik yang bisa kamu coba adalah Ixobox yang juga merupakan sahabat iSeller. Beberapa cabang Ixobox sekarang sudah mulai beroperasi secara normal. Kamu juga tidak perlu khawatir karena walaupun sudah beroperasi secara normal, Ixobox tetap menjaga protokol kesehatan. Jadi aman untuk kesehatan. Kamu bisa cek aktivitas mereka di Instagram.

5. Nongkrong Bareng Teman

Tidak ada salahnya juga loh kalau kamu ingin nongkrong bareng teman. Bagaimanapun, kamu sudah lama tidak bertemu dan tidak ada salahnya untuk melepas rindu. Namun, sekali lagi perhatikan social distancing yaa. Pastikan teman yang berkumpul tidak terlalu ramai dan berdempet-dempetan. Selalu gunakan juga masker atau bahkan face shield. Karena kamu tidak akan pernah tahu apakah teman kamu itu OTG atau bukan. Pilih juga tempat nongkrong yang tidak terlalu ramai. Salah satunya, bisa pilih restoran yang sudah menerapkan jarak antar meja. Mungkin akan terasa aneh atau awkward pada awalnya karena harus mengobrol dari balik masker. Tapi semua pasti mengerti kok, karena untuk kesehatan bersama kan? Para pengusaha juga bisa memanfaatkan fitur eMenu dari iSeller F&B Online Ordering untuk memberikan pengalaman memesan makanan yang fun dan contactless. Pelanggan tinggal scan table QR dan pesan lewat handphone!

Pada dasarnya, kamu bisa melakukan kegiatan apapun pada saat New Normal ini, namun tetap tanamkan di pikiran bahwa Covid-19 ini belum berakhir. Jadi, selalu ikutilah protokol-protokol kesehatan yang berlaku supaya penyebaran virus tidak semakin bertambah. Untuk kamu yang memutuskan untuk menjadi produktif dan memulai bisnis pada saat New Normal, #SahabatJualan kamu siap membantu memberikan berbagai solusi atas kebutuhan bisnis kamu. Yuk, cek website kami untuk tahu lebih lanjut. Tetap berlangganan blog kami ya untuk berbagai tips menarik lainnya dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

eMenu, Cara Baru Pelanggan Pesan Makanan di Restoran

Selama ini mungkin kita berpikir bahwa human service itu lebih penting di bisnis restoran. Keramahtamahan pelayan dan kasir adalah hal yang dipentingkan. Namun, tidak ditengah pandemi Covid-19. Pandemi ini mengubah segalanya. Sekarang, interaksi antar manusia justru dihindari. Walaupun terkesan dingin, namun pelanggan sekarang lebih memilih menjaga jarak demi kesehatan. Nah, untuk menanggulangi pembatasan human service, sediakan opsi pelayanan lain yaitu digital service. Sebagai contoh, sistem eMenu yang lagi tren belakangan ini yang merupakan solusi pemesanan makanan digital oleh pelanggan.

eMenu ini bukan sesuatu yang baru. Beberapa tahun belakangan ini, sudah ada restoran-restoran besar yang menerapkan pemesan digital di meja makan masing-masing pelanggan. Sekarang, dengan adanya pandemi Covid-19, sistem ini semakin populer. iSeller pun sudah menyiapkan solusi praktis buat kamu yang ingin menggunakan sistem eMenu ini dengan diluncurkannya fitur iSeller F&B Online Ordering. Simak lebih lanjut yuk!

1. Sistem Table QR yang Praktis

Hands use the phone to scan the QR code to receive discounts from Binsu orders in the cafe.

Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, iSeller F&B Online Ordering memungkinkan kamu untuk punya website pemesanan F&B online dengan mobile experience. Dengan fitur table QR, pelanggan kamu bisa datang ke restoran, duduk di meja dan scan QR yang terdapat di meja yang akan secara otomatis membuka website pemesanan kamu. Pelanggan tinggal pesan menu kesukaan mereka tanpa harus memanggil pelayan kamu loh.

2. Bayar Langsung dari Handphone

Sekarang ini memang sudah beberapa menggunakan sistem pemesanan digital ini, namun seringkali sistem yang digunakan tidak menawarkan layanan secara total. Beberapa hanya menawarkan layanan pemesanan, namun tanpa pembayaran. Bayangkan jika pelanggan kamu sudah memesan makanan secara digital, tapi tidak ada sistem pembayarannya. Sama saja dong, pelanggan jadi tetap harus ke kasir untuk membayar. Malah jadi tanggung banget alur pemesanan restoran kamu. Nah, iSeller F&B Online Ordering ini menawarkan solusi total dan anti nanggung. Tidak cuma memesan makanan saja, pelanggan kamu juga bisa membayar secara digital langsung dari handphone loh. Jadi, pelanggan ga perlu repot-repot ke kasir untuk membayar pesanan.

3. Bisa Antarkan Pesanan ke Meja atau Pelanggan Ambil Sendiri

Lalu bagaimana tahu pesanan mana dari meja mana? Tenang saja, setiap pesanan yang masuk dari table QR akan langsung otomatis diteruskan ke POS kamu beserta nomor mejanya. Kamu jadi tidak perlu pusing menentukan kemana pesanan harus diantarkan. Setelah makanan atau minuman yang dipesan jadi, pelayan tinggal mengantarkan pesanan pelanggan. Dengan alur yang serba otomatis seperti ini, kamu bisa mengurangi kontak fisik dan interaksi antar manusia di restoran kamu.

Selain kamu bisa mengantarkan makanan ke meja pelanggan, kamu juga bisa menerapkan sistem pick-up spot di restoran kamu untuk semakin mengurangi kontak fisik. Pelanggan akan menerima notifikasi pesanan sudah selesai langsung ke nomor Whatsapp yang didaftarkan saat memesan serta ke halaman website mereka. Sehingga mereka bisa mengambil makanan mereka sendiri di pick-up spot restoran kamu.

Menarik kan? Sekarang saatnya kamu untuk memberikan pengalaman memesan makanan yang berbeda kepada pelanggan-pelanggan kamu. Mulai adaptasi cara-cara baru yang akan membuat pengelolaan restoran kamu semakin canggih. Yuk, kunjungi website kami untuk mempelajari lebih lanjut. Jangan lupa berlangganan blog kami and see you in our next post!