5 Makanan untuk Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi Saat Puasa

Kita sudah memasukki minggu kedua di bulan puasa nih, bagaimana puasa kamu? Tidak bolong kan? Selama puasa, penting banget untuk menjaga kadar air dalam tubuh supaya tubuh kamu tidak mengalami dehidrasi. Nah, di sini #iSellerCare mau share 5 makanan yang tetap bisa menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi selama puasa. Tidak cuma mengandung kadar air yang tinggi, makanan-makanan ini juga lezat disantap langsung maupun diolah menjadi masakan, serta kaya vitamin juga. Yuk, disimak!

1. Blewah

Siapa yang tidak tahu blewah? Buah legendaris ini wajib banget dikonsumsi pada saat bulan puasa. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, blewah ini punya kadar air sampai 90% loh. Kamu bisa menyantapnya langsung atau mengolahnya dengan es dan gula menjadi es blewah segar. Oke banget disantap saat berbuka puasa!

2. Mentimun

Tahukah kamu kalau mentimun itu memiliki 96% kadar air? Dengan tingginya kadar air tersebut, mentimun sangat baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi saat berpuasa. Selain itu mentimun juga memiliki zat-zat lain yang bagus buat kesehatan seperti silikon, fluorin dan kalium yang bagus buat kesehatan ginjal. Mentimun juga rendah kalori sehingga cocok untuk kamu yang sedang diet. Kamu juga bisa mengolahnya jadi berbagai olahan seperti salad.

3. Semangka

Si merah manis ini juga punya kadar air yang tinggi loh, yaitu 93%! Makanya jangan heran kalau banyak yang mengonsumsi semangka saat sedang haus, rasanya yang segar dan manis seolah menghilangkan rasa dahaga. Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari semangka ini adalah kandungan magnesium dan kaliumnya yang mampu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Kamu bisa konsumsi semangka ini dengan berbagai cara, bisa dibuat es, bisa dibuat jus dan yang paling mudah dan paling lezat adalah konsumsi langsung.

4. Bayam

Tidak cuma buah-buahan saja yang mengandung kadar air banyak. Siapa sangka kalau ayuran hijau ini juga mengandung 92% air! Zat besi dalam bayam juga sangat bagus untuk mencegah anemia. Kamu bisa mengolahnya jadi beragam masakan, seperti sup bayam dan bayam tumis. Dimakan dengan nasi juga enak loh, tinggal tambah lauk untuk protein seperti ikan atau ayam, keluarga kamu sudah siap untuk berbuka puasa!

5. Tomat

Ayo, tebak tomat itu sayur atau buah? Sepertinya itu merupakan pertanyaan klasik yang tetap bisa buat orang mengernyit kebingungan sampai sekarang. Mau disebut sayur atau buah, tetap tidak mengubah fakta kalau si bulat merah ini memiliki kadar air yang tinggi dan sangat disarankan untuk dikonsumsi saat berpuasa. Kadar air dalam tomat mencapai 94% loh. Seperti buah dan sayur lainnya, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung, dicocol gula, maupun dimasak. Oh iya satu hal yang perlu kamu tahu, saat tomat dimasak, manfaat zat likopen dalam tomat semakin kuat yang berarti efek probiotik dari tomat juga semakin kuat. Namun, Anda tetap bisa mengonsumsinya sesuai selera masing-masing.

Kamu paling suka yang mana nih di antara makanan-makanan yang sudah disebutkan di atas? Atau kamu punya preferensi makanan lainnya? Apapun itu, pastikan makanan yang kamu konsumsi baik untuk kesehatan. Karena yang terpenting pada saat berpuasa ini adalah kesehatan tubuh kamu tetap terjaga. Yuk, jalankan puasa sehat bersama #iSellerCare! Jangan lupa untuk selalu mengunjungi website kami dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: