5 Tips Menjaga Imun Saat Berpuasa

Di bulan puasa ini, menjaga daya tahan tubuh menjadi hal yang harus kamu perhatikan. Terutama karena bulan puasa tahun ini kita semua sedang berada di tengah pandemi Covid-19. Imunitas atau daya tahan tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk melawan Covid-19 ini. Maka itu disarankan untuk menjalankan pola hidup yang bisa meningkatkan imunitas tubuh, terutama saat berpuasa dimana terdapat perubahan pola makan dan minum. Di artikel ini, #iSellerCare sudah merangkum beberapa tips yang mudah dilakukan namun memiliki dampak besar untuk meningkatkan imunitas tubuh. Simak 5 tips berikut ini!

1. Tidur yang Cukup

Begadang itu bukan hal baik, dilihat dari segi manapun. Tidak hanya mengakibatkan mata panda saja, namun kurang tidur juga bisa menurunkan imunitas tubuh. Kurang tidur juga bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung. Kecukupan tidur setiap orang berbeda-beda tergantung kondisi tubuh dan usia, namun normalnya bagi orang dewasa disarankan untuk tidur 7-8 jam setiap harinya. Jadi, sesuaikan jam tidur Anda dan jangan begadang.

2. Berbuka dengan Air Putih

Menjaga kadar air dalam tubuh merupakan salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh. Air sangat penting bagi kesehatan tubuh, jika tubuh kekurangan air, maka tubuh akan mengambil sumber air dari bagian atau komponen tubuh lainnya seperti darah. Hal ini pastinya mengganggu keseimbangan fungsi organ-organ tubuh dan menurunkan imunitas. Maka dari itu, disarankan pada saat berbuka puasa, minumlah air putih yang banyak untuk mengembalikan kadar air yang hilang saat berpuasa.

3. Minum Vitamin

Mengonsumsi vitamin setiap hari secara reguler dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Selama ini orang mengetahui bahwa vitamin C bagus untuk imunitas, namun tahukah kamu kalau vitamin D dan E juga baik untuk imunitas tubuh? Vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam lemak serta memiliki sifat anti-inflamasi dan imunoregulasi. Sifat vitamin D ini-lah yang membantu tubuh melawan virus dan bakteri. Sementara vitamin C memiliki sifat antioksidan yang juga membantu tubuh menangkal virus dan radikal bebas.

4. Olahraga Ringan

Walaupun sedang di rumah saja, tubuh jangan dimanja. Ayo bergerak! Olahraga tidak hanya bagus untuk pembentukan tubuh, tapi memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa salah satunya meningkatkan imunitas tubuh dengan cara mengeluarkan hormon stress yang bisa menurunkan inflamasi, fungsi microbial killing serta meningkatkan hemostasis. Namun, disarankan untuk berolahraga ringan ke sedang. Karena jika intensitas olahraga tinggi, akan terjadi efek imunosupresan yang menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Nah, salah satu olahraga yang disarankan untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah aerobik. Selain bisa dilakukan di dalam rumah, kamu tidak perlu beli alat olahraga untuk melakukannya. Bahkan kamu bisa menyiasati dumbel dengan botol air minum. Bagi yang mau melakukan aerobik di rumah, bisa ikuti video “Aerobics Exercises for Weight Loss At Home” yang oke banget karena bisa untuk beginner juga.

5. Jangan Stress, Bawa Happy Aja!

Pernah dengar kata-kata, hati yang gembira adalah obat? Yep, karena kondisi mental sangat mempengaruhi kondisi fisik. Jika kamu terlalu stress, mungkin karena terlalu lama di rumah, atau terlalu banyak pekerjaan, hal itu akan membuat tubuh kamu stress juga secara fisik. Saat stress, tubuh mengeluarkan hormon kortikosteroid yang menurunkan jumlah limfosit yang mengakibatkan menurunnya imunitas tubuh. Jadi, jangan terlalu stress ya. Dibawa happy aja, terus berpikir positif dan percaya bahwa masa-masa ini pasti akan berlalu!

Mulai yuk bersama-sama kita menjalankan gaya hidup sehat. Menjaga tubuh tetap sehat memiliki peranan lebih di saat seperti ini, karena kesehatan kamu bukan hanya untuk diri kamu sendiri namun juga untuk orang-orang di sekitar kamu. Jika imunitas rendah dan kamu terkena virus, maka keluarga dan orang-orang di sekitar kamu juga rentan tertular. Mari kita jaga imunitas tubuh untuk diri kita dan keluarga bersama #SahabatJualan kamu. Kunjungi juga ya website kami untuk melihat beragam solusi yang bisa buat kamu tetap produktif tanpa stress di rumah. Salam sehat untuk kita semua!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: