Contactless Selling – Cara Baru Berjualan Aman

Belakangan ini muncul tren baru di dunia bisnis yang disebabkan oleh wabah Covid-19 yaitu Contactless Selling atau berjualan dengan kontak fisik seminimal mungkin. Sebenarnya tren ini bukan sesuatu yang benar-benar baru, karena sudah beberapa tahun ini berkembang metode-metode digital yang meminimalkan kontak fisik saat transaksi jual beli. Namun tren ini diperkuat saat wabah Covid-19 ini. Walaupun sekarang sudah perlahan transisi ke New Normal, namun masyarakat tetap disarankan untuk menghindari kontak fisik saat berbelanja.

Sebagai penjual dan juga pelaku bisnis, kita juga harus bisa beradaptasi dengan tren saat ini. Lalu bagaimana cara menerapkan contactless selling ini di toko kamu? Simak solusi dari #SahabatJualan kamu!

1. Pembayaran dengan digital wallet

Salah satu cara penerapan yang umum dilakukan adalah dengan menggunakan metode pembayaran digital. Terutama di tengah pandemi seperti ini, bahkan pembayaran menggunakan kartu juga membutuhkan kontak fisik baik dengan kasir maupun dengan mesin EDC. Maka dari itu, pembayaran menggunakan digital wallet yang hanya membutuhkan scan QR dari handphone semakin diminati masyarakat karena lebih aman tanpa harus menyentuh apapun selain handphone pribadi. Kamu bisa menerapkan metode pembayaran digital wallet ini di toko kamu menggunakan iSeller POS. Dengan dynamic QR code, pelanggan kamu bahkan tidak perlu repot-repot memasukkan nominal pembayaran manual. Pembayaran pun akan terkonfirmasi secara otomatis. Praktis untuk pelanggan dan untuk kamu juga!

2. Coba sistem self-service

Sistem self-service ini mungkin masih belum terlalu awam di Indonesia, namun beberapa toko sudah mulai menerapkannya seperti contohnya Boba Bits. Kamu juga bisa coba menerapkannya di toko kamu dengan menggunakan iSeller Digital Kiosk. Pelanggan kamu jadi tidak perlu berhadapan langsung dengan kasir untuk membeli produk karena semua proses transaksi bisa dilakukan sendiri. Dengan begitu, interaksi fisik antar manusia dapat semakin dihindari.

3. Terapkan Table QR, pesan langsung di meja

Source: https://thetechhacker.com/2019/12/30/5-ways-to-implement-qr-codes-into-your-restaurant/

Umumnya untuk bisnis F&B, mereka menyediakan beberapa pelayan restoran untuk menghampiri meja pengunjung untuk mencatat pesanan. Namun, sekarang ini sudah ada alternatif baru yang lagi ngetren yaitu sistem pemesanan digital di meja. Dengan menggunakan fitur Table QR dari iSeller F&B Online Ordering, pelanggan kamu bisa memesan makanan secara digital dari meja masing-masing. Tidak perlu memanggil pelayan atau datang ke kasir untuk memesan. Selain mendukung social distancing, sistem ini juga mempermudah serta mempercepat proses pemesanan.

4. Sistem BOPIS, Buy Online Pick-Up In Store

Salah satu sistem yang juga lagi trending belakangan ini adalah BOPIS atau Buy Online Pick Up In Store. Pelanggan yang ingin membeli makanan bisa memesan dan bayar secara online supaya makanan bisa kamu siapkan. Lalu pelanggan bisa datang ke restoran kamu dan tinggal ambil makanan yang sudah disiapkan sesuai pesanan mereka. Sistem ini mempercepat proses karena pelanggan jadi tidak perlu menunggu lama untuk makanan disiapkan. Selain itu juga sistem ini benar-benar tidak membutuhkan kontak fisik sama sekali sehingga sangat aman dan praktis. iSeller F&B Online Ordering juga sudah mendukung sistem BOPIS ini loh. Kamu bisa cobain langsung manfaatnya.

Sekarang sudah saatnya bisnis kamu untuk beradaptasi. Yuk, mulai terapkan cara berjualan zaman now yang aman dan praktis. Kalau kamu penasaran dengan solusi penjualan digital dari #SahabatJualan kamu ini, cek website kami yaa. Jangan lupa terus berlangganan blog kami untuk dapat berbagai berita dan tips bisnis menarik lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: