Cerita Sahabat – Aprillauw, Dari Bekerja di Restoran Hingga Sukses Bisnis Online

Jika ada yang pernah berkata bahwa bisnis dan hobi itu susah dijalankan bersama, siapa bilang? Kenalin salah satu sahabat iSeller, Rahel Angellauw, pengusaha cantik pemilik online store Aprillauw yang sudah sukses di usia muda dengan bisnis bumbu dapur dan frozen foodnya. Rahel yang sudah bercita-cita menjadi pengusaha ini memulai bisnisnya berawal dari hobi. Seperti apa kisahnya? Yuk, simak bersama.

Dari kerja di restoran hingga punya bisnis sendiri

Dengan latar belakang bekerja di salah satu restoran ternama, tumbuhlah rasa cinta Rahel terhadap makanan dan bisnis F&B. Rahel yang juga sudah sejak dahulu bercita-cita menjadi seorang pengusaha, akhirnya memutuskan untuk memulai bisnis sendiri dengan menjual beragam bumbu dapur khas Indonesia serta frozen food pada awal tahun 2020 ini. Bukan tanpa halangan, pada saat memulai bisnis, banyak orang-orang di sekitar yang mencemooh dan meremehkan Rahel karena usianya yang masih muda. Namun, dengan tekad kuat dan semangat pantang menyerahnya, Rahel akhirnya perlahan berhasil mengembangkan bisnis online F&B-nya sendiri, Aprillauw.

Cita-cita mulia untuk generasi muda

Membangun bisnis bumbu dan frozen food ini selain didasari oleh hobi, ternyata juga didasari cita-cita mulia. Rahel berharap, produk-produk yang dijualnya bisa memperkenalkan cita rasa khas Indonesia ke muda mudi zaman now yang rata-rata ingin memasak yang simple dan anti-ribet. Rahel juga berharap bisnisnya bisa go international sehingga cita rasa makanan Indonesia juga bisa mendunia. Produk yang dijual-pun benar-benar fresh tanpa pengawet, namun bisa tahan dari 3 hari hingga beberapa bulan tergantung produknya, sehingga pelanggan tidak perlu khawatir bahwa produknya akan rusak saat pengiriman.

Memilih berjualan online karena lebih fleksibel

Untuk memulai bisnisnya, Rahel memutuskan untuk berjualan online. Tidak hanya lebih fleksible, dengan berjualan online Rahel tidak perlu menyewa tempat untuk berjualan fisik. Ternyata, keputusannya untuk berjualan online terbukti menjadi keputusan yang tepat karena ternyata dua bulan setelah Rahel memutuskan untuk berjualan online, terjadilah pandemi Covid-19 di Indonesia. Rahel paling merasakan dampak terbesarnya dalam bisnis pada saat mulai diterapkan PSBB, dimana penjualan online storenya meningkat pesat. Beliau mengatakan bahwa faktor terbesarnya adalah karena masyarakat lebih memilih memesan bumbu makanan online daripada harus keluar membeli bahan yang berisiko terpapar penyebaran Covid-19.

Online store yang dibangun beliau-pun beroperasi dari jam 9 pagi hingga jam 2 siang. Sehingga beliau memiliki waktu untuk menyiapkan pesanan-pesanan yang datang. Disamping memang karena passionnya di bidang F&B, fleksibilitas waktu ini-lah yang paling disukai Rahel dalam berbisnis. Dengan bisnis online storenya ini juga Rahel bisa membantu perekonomian keluarga di tengah pandemi.

Keputusan memilih platform berjualan yang tepat

Untuk mempermudah pengelolaan bisnisnya, Rahel memutuskan untuk mencari platform penjualan yang mendukung penjualan online. Belajar dari teman yang sudah terlebih dahulu memulai bisnis, Rahel melihat mudahnya mengelola online store bersama iSeller. Pada akhirnya, Rahel mengambil langkah inovatif untuk menjadi bagian dari Sahabat iSeller untuk merasakan langsung benefitnya.

Setelah beberapa bulan ini berjualan online bersama #SahabatJualan, Rahel merasakan beragam kemudahan mulai dari terwujudnya cita-cita beliau untuk memiliki website online sendiri hingga praktisnya mengatur metode pembayaran di website beliau. Beliau juga mengatakan bahwa fitur-fitur penjualan yang lengkap sangat membantu beliau dalam mengelola penjualan dengan mudah dan anti-ribet.

Hingga saat ini, walaupun sudah memasukki masa transisi menuju New Normal, penjualan Aprillauw tetap stabil bahkan relatif meningkat. Beliau merasakan bahwa keputusannya memulai bisnis online bersama iSeller merupakan keputusan sangat yang sangat tepat.

Tips Bisnis dari Aprillauw

Business development to success and growing growth concept, Businessman pointing arrow graph corporate future growth plan

Untuk kamu yang ingin memulai bisnis pun, Rahel membagikan beberapa tips berdasarkan pengalaman dia sendiri. Beliau menyarankan untuk selalu bekerja keras dan pantang menyerah karena membangun bisnis itu tidak mudah. Selain itu, pasti akan ada orang-orang yang meremehkan dan menjatuhkan. Jangan didengarkan kata-kata negatif seperti itu karena akan membuat kamu menyerah. Serta yang paling penting adalah selalu mengandalkan Tuhan.

Apakah kamu bercita-cita jadi pengusaha juga? Atau kamu sedang menjalankan usaha dan membutuhkan sistem pengelolaan yang mudah? Belajar dari cerita sahabat iSeller ini dan mulai kembangkan bisnis bersama #SahabatJualan kamu. Kamu tinggal daftarkan saja toko kamu di website kami dan kamu sudah bisa segera berjualan. Jangan lupa langganan blog kami juga ya untuk berbagai tips bisnis dan cerita sahabat lainnya. See you in our next post!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: