iSeller eMenu: Solusi Total untuk Menghadapi Covid-19

Telah 4 bulan lebih berlalu sejak kasus pertama Covid-19 di Indonesia pada bulan Maret 2020. Pada saat itu, banyak sekali bisnis yang terdampak secara negatif, terutama di bidang F&B. Walaupun saat ini pemerintah sudah menerapkan New Normal yang bertujuan untuk memperbaiki perekonomian negara, sebenarnya pandemi ini sendiri belum juga reda dan bahkan diperkirakan akan berlanjut hingga vaksin ditemukan. Maka dari itu, bisnis F&B juga tidak bisa berdiam diri menunggu hilangnya pandemi, melainkan harus bisa beradaptasi dan banting setir ke sistem yang baru supaya tetap bisa bertahan bahkan tambah maju di situasi sulit ini.

Buat apa sih beradaptasi? Emang penting?

Yep, penting banget. Saat ini gaya hidup masyarakat di Indonesia sedang mengalami perubahan besar-besaran. Dengan adanya pandemi Covid-19 ini, masyarakat jadi serba takut. Takut untuk makan di restoran. Takut berdekatan dengan banyak orang. Takut keluar rumah. Takut kerumunan. Takut menyentuh apapun saat di luar. Masyarakat juga lebih menjaga kebersihan dan kesehatan.

Nah sekarang bayangkan, di tengah gaya hidup masyarakat yang seperti itu, jika kamu masih menjalankan bisnis F&B kamu dengan sembrono dan tidak memperhatikan protokol kebersihan dan kesehatan, apa mungkin masyarakat masih mau pesan produk kamu? Ya, mungkin saja, kalau kamu produk kamu memang oke banget sehingga pelanggan tetap rela beli demi ngerasain produk kamu. Tapi kalau tidak?

Sekarang #SahabatJualan kamu bakal kasih ilustrasi sedikit ya. Tidak usah restoran dulu deh yang lebih kompleks, kita bayangin aja ada sebuah kedai minuman kemasan. Biasanya prosesnya adalah si pelanggan antri di kasir, pesan minuman di kasir, bayar dan ambil minumannya. Tapi sekarang ini masyarakat menghindari kerumunan yang berarti antrian panjang di depan kasir kamu itu kurang efektif di zaman sekarang ini. Belum lagi kalau di antara yang ngantri itu tahu-tahu ada yang batuk atau bersin tanpa pakai masker pula. Bisa-bisa orang yang ngantri di dekatnya jadi pergi dan batal beli. Orang sekitar yang mau ngantri pun bisa tidak jadi ngantri. Alhasil, bisnis kamu rugi karena kehilangan pelanggan.

Terus apa sih yang bisa kamu lakukan untuk beradaptasi? Tidak usah pusing, karena sekarang iSeller sudah meluncurkan solusi total bagi bisnis F&B dalam menghadapi situasi pandemi ini, yaitu iSeller eMenu. Gimana caranya? Yuk simak lebih lanjut!

1. Bisa dine-in tanpa takut!

Risiko paling besar dalam penyebaran Covid-19 bukan dari bisnis take away, melainkan justru dari bisnis F&B berbasis dine-in. Tidak hanya karena restoran tempat orang berkumpul makan dan membuka masker, namun juga karena proses pemesanannya yang lebih kompleks. Mulai dari memanggil dan berinteraksi dengan pelayan untuk pesan hingga proses bayar ke kasir yang meningkatkan risiko terpapar Covid-19. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi karena dengan iSeller eMenu, pelanggan kamu bisa pesan dan bayar sendiri dari handphone mereka tanpa harus memanggil pelayan. Bahkan pelanggan tidak perlu ke kasir lagi loh untuk membayar. Pelanggan hanya perlu scan QR yang ada di meja untuk buka eMenu kamu, pesan, bayar dan selesai! Tinggal tunggu makanannya datang. Kamu bisa baca artikel ini yaaa untuk tahu gimana caranya.

2. Bisa take-away tanpa antri!

Tadi kita sudah bahas sekilas risiko pandemi ini di bisnis take away. Nah, tidak usah pusing, dengan eMenu, pelanggan kamu tidak perlu antri lagi cuma untuk pesan minuman. Mereka bisa berdiri berjauhan di mana saja, buka eMenu kamu baik dengan scan QR atau langsung buka di browser handphone mereka, terus pesan dan bayar produk yang mereka mau dari handphone. Saat produknya jadi, mereka tinggal ambil dan selesai. Tidak perlu antri, tidak perlu interaksi dengan kasir. Semua jadi serba simple dan aman!

3. Bisa order dimana aja dan pick-up di store!

Kamu juga bisa nih menerapkan BOPIS atau Buy Online Pick-up In Store. Banyak banget benefitnya. Misalkan saja, toko kamu ada di mall di lantai dasar. Pasti malas banget rasanya kalau pelanggan harus turun ke lantai dasar buat beli minuman kamu terus harus nunggu lama pula. Akan lebih asik kalau pelanggan kamu bisa pesan produk kamu di handphone dari lantai 3, lalu terima notifikasi kalau produk sudah jadi dan siap di ambil di lantai dasar. Pelanggan jadi bisa pesan dari mana saja dan ambil di saat produk sudah siap untuk di ambil. Tidak ada lagi nunggu lama yang cuma akan menghabiskan waktu. Pelanggan bahkan bisa pesan di jalan, supaya saat sudah sampai tinggal ambil produk yang memang sudah ready. Asik banget kan? Kamu bisa baca artikel tentang BOPIS ini untuk tahu lebih lanjut!

4. Pesan dari rumah, tinggal terima jadi!

Pelanggan kamu juga bisa loh pesan dari rumah tanpa harus ke store. Yep, sekarang ini food delivery lagi tren banget karena banyak yang lebih suka stay di rumah dan terima jadi saja. Caranya tidak lain dan tidak bukan adalah dengan pesan langsung di eMenu restoran kamu! Dengan user experience layaknya aplikasi, pelanggan kamu bisa pesan dan bayar dari handphone dengan sangat mudah. Bahkan pelanggan bisa bayar pakai metode kesukaan mereka dan pilih jasa delivery apapun yang mereka mau, karena iSeller eMenu ini sudah terintegrasi dengan beragam metode pembayaran dan pengiriman!

Nah, seru banget kan berjualan dengan eMenu ini? Selain restoran kamu akan lebih aman dari risiko penyebaran Covid-19, kamu juga bisa memberikan pengalaman modern untuk pelanggan kamu. Bisnis kamu pastinya akan lebih stand-out dan anti-mainstream. Lalu gimana sih cara pake iSeller eMenu ini? Gampang kok, kamu tinggal daftarin aja toko kamu di website kami! Yuk, mulai beradaptasi di tengah pandemi ini bersama #SahabatJualan kamu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: