Teknik Jitu Untuk Menarik dan Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Foto stok gratis , belum tua, berambut cokelat

Dalam menjalankan bisnis, kepuasan pelanggan termasuk hal paling penting untuk kamu perhatikan. Adanya persaingan bisnis yang sangat ketat bisa saja membuat pelanggan kamu berpaling ke penjual lain. Untuk itu, dibutuhkan teknik khusus untuk menarik dan mempertahankan loyalitas pelanggan kamu. Gimana caranya? Simak artikel ini sampai habis, ya!

1. Menyediakan Produk Berkualitas dan Lebih Unggul

Foto stok gratis aksesoris, bahan, buku agenda

Dengan adanya produk yang berkualitas dan lebih unggul dari kompetitor lain tentu akan menjadi peluang untuk mendatangkan pelanggan baru! Hal ini penting untuk kamu perhatikan karena sebagus apapun pelayanan yang kamu berikan, jika tidak disertai dengan kualitas yang baik dan produk yang lebih unggul, maka pelanggan kamu bisa saja berpaling mengunakan produk kompetitor.

2. Membangun Hubungan Personal Dengan Pelanggan

Pelayan Mengambil Pesanan

Bisnis memang perkara jual beli yang menguntungkan, Tapi jangan sampai hubungan kamu dengan pelanggan Cuma sebatas jual beli aja. Karena, pelanggan bisa aja lari ke tempat lain jika mereka menemukan kepuasan personal berdasarkan service yang diberikan di tempat lain.

Karena itu, kamu harus bisa membangun hubungan personal dengan pelanggan kamu. Caranya dengan menanyakan produk apa yang mereka butuhkan. Dengan pertanyaan simple tersebut, kamu bisa mendapatkan banyak informasi untuk memenangkan hati pelanggan. Adanya pelayanan yang baik dan memuaskan bisa membuat konsumen betah dan terus melakukan transaksi di toko kamu.

3. Melakukan Follow Up

Foto stok gratis alat, Asia, berbayang

Cara mempertahankan loyalitas pelanggan kali ini bisa kamu lakukan dengan tetap terhubung dengan mereka. Kamu bisa menanyakan kepuasan mereka terhadap produk yang telah dibeli atau meminta kritik serta saran yang dapat memperbaiki kekurangan dari produkmu. Sehingga kamu bisa menyediakan produk yang jauh lebih baik dan kepuasan pelanggan pun akan tetap terjaga.

4. Memberikan Kemudahan Dalam Bertransaksi

Wanita Bahagia Berbelanja Online Di Rumah

Menarik perhatian pelanggan juga bisa kamu lakukan dengan menyediakan sistem transaksi yang mudah dan sederhana untuk kenyamanan pelanggan kamu. Berbagai alat pembayaran harus kamu sediakan sehingga pelangganmu tidak pelu khawatir jika metode pembayaran yang mereka inginkan tidak tersedia.

5. Memberikan Promosi Dengan Program Loyalty Poin

Foto stok gratis alat, aplikasi, bahagia

Program Loyalitas ini diberikan dengan tujuan untuk memberikan apresiasi terhadap konsumen yang setia membeli produk kamu. Program ini bisa dibuat dengan menawarkan kartu keanggotaan dan memberikan pelanggan kamu poin di setiap pembelian yang mereka lakukan. Poin ini nantinya bisa ditukar dengan diskon atau voucher.

6. Membuat Komunitas Pelanggan

Wanita Duduk Di Kursi Di Dalam Ruangan

Cara lain untuk menarik dan mempertahankan loyalitas pelanggan adalah membuat komunitas yang didalamnya terdapat orang-orang yang memiliki minat yang sama terhadap produk kamu. Dengan adanya komunitas ini, pelanggan bisa tau produk-produk dan event terbaru yang kamu adakan. Dengan adanya komunitas ini bisa memberikan pelanggan kesempatan untuk turut menantikan, bahkan berpartisipasi pada event yang kamu buat!

Itulah  beberapa teknik jitu yang bisa kamu terapkan untuk menarik dan mempertahankan loyalitas pelanggan kamu  Dengan semua tips di atas, diharapkan bisnis kamu akan semakin lancar karena kesetiaan konsumen kamu yang terjaga. Untuk menerapkan setiap hal di atas, iSeller dapat mempermudah kamu dengan fitur yang beragam, seperti Loyalty Point dan  iSeller Pay yang memberikan pelanggan kamu opsi berbagai macam metode pembayaran.  Kamu dapat mencoba menerapkan teknik ini bersama fitur iSeller untuk mendapatkan hasil optimal!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: